Diet dan Nutrisi

Jangan Hindari Makanan Pencuci Mulut, Ini Beberapa Dessert yang Sehat dan Lezat!

November 19, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Banyak orang yang menghindari makan hidangan pencuci mulut (dessert) dengan alasan menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal. Namun ternyata, beberapa hidangan pencuci mulut justru bisa membuat kamu sehat, lho.

“Menyantap dessert yang kamu gemari setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu sesungguhnya dapat membantu kamu tetap dalam tujuan diet yang kamu jalani,” ucap ahli gizi Maryann Walsh, MFN, RD, CDE. dalam laman Eat This.

Apa saja dessert yang baik untuk kesehatan?

Terkadang beberapa hidangan pencuci mulut yang dianggap sehat justru tidak sehat bagi beberapa orang. Sebagai contoh kalau kamu tidak menghindari makanan manis, mungkin kamu tidak terlalu memikirkan kandungan gula dalam dessert yang hendak kamu santap.

Akan tetapi, beberapa dessert berikut ini bisa jadi satu makanan yang bisa disantap oleh semua kalangan:

Dark chocolate hummus

Dilansir IDNTimes, hummus merupakan makanan khas Timur Tengah yang bahan utamnya adalah kacang Arab yang telah digiling dan dicampur tahini atau sejenis wijen giling, minyak zaitun limau yang telah diperas, bawang putih dan garam.

Meskipun terdengar sebagai kombinasi yang aneh, ahli gizi Jennifer Kanikula, RD, CD. dalam laman Eat This menyebut kalau perpaduan cokelat hitam dan hummus merupakan hal yang menakjubkan.

Dalam dua sendok makan saja, dessert ini sudah mengandung 3 gram serta, 1 gram protein dengan hanya mengandung 80 kalori. Yang terpenting adalah dessert ini masih bisa membuat kamu mengonsumsi cokelat.

Kamu bisa menyantap dark chocolate hummus begitu saja atau bisa tambahkan juga buah kesukaan kamu.

Es krim penuh lemak

Ahli gizi Rachel Fine, MS, RD, CSSD, CDN. dalam laman yang sama menyebut terkadang orang takut menyantap es krim karena kandungan gula dan lemak jenuh di dalamnya. 

Padahal, membiarkan diri menikmati es krim nantinya bisa membuat tubuh menyesuaikan porsi yang sesuai untuk kamu, lho! 

Konsumsi kandungan krim dan gula tebu yang alami dalam es krim ternyata lebih sehat ketimbang pemanis buatan dan lemak yang biasa dipakai sebagai zat tambahan dalam makanan. Belum lagi es krim ini merupakan sumber kalsium dan protein.

Cokelat hitam dengan almond

Cokelat hitam tidak hanya terasa lezat, tapi makanan ini pun mengandung serta, vitamin mineral, flavonoid dan antioksidan tangguh yang dapat membantu memperkuat sistem imun dan melawan infeksi. Makanan ini pun bisa menurunkan tekanan darah kolesterol jahat, lho.

Dr. Nesheiwat dalam laman Eat This juga menyebut kalau makanan super ini akan memberikan efek yang dahsyat ketika dicampurkan dengan almond. Tidak hanya mengandung vitamin E yang baik untuk kulit, almond juga kaya protein dan magnesium.

Dengan mengonsumsinya sehari sekali, maka kamu bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung.

Kue beras dengan selai kacang dan madu

Makanan pencuci mulut ini mengandung serat, lemak yang baik, protein dan juga manis. Ahli gizin Maja Mirkovic, MPH, RDN, CDN, CDE, BC-Ad,. Dalam laman yang sama menyebut kalau dessert ini merupakan pilihan pribadinya sebelum beraktivitas.

Salah satu nilai tambah makanan ini adalah tidak mudah rusak. Sehingga bisa kamu simpan untuk jam makan yang berikutnya.

Berry dan cokelat hitam

Strawberry dan raspberry merupakan dua buah yang kaya akan vitamin C dan serat. Kamu bisa menyantap kedua buah ini dengan dua kotak kecil cokelat hitam atau cokelat bubuk yang dibubuhkan di atasnya.

Selain lezat, ahli gizi Summer Yule, MS, RDN menyebut kalau makanan ini pun mengandung nutrisi yang bisa diadu dengan makanan pencuci mulut komersial lain. Yang terpenting, makanan ini tidak mengandung gula, lho!

Apel panggang dengan rempah

Dessert satu ini bisa kamu buat dengan mengiris apel lalu taburkan minyak kelapa dan kayu manis bubuk. Lalu panggang di oven dengan suhu 177 derajat celsius.

Kamu akan merasa kalau dessert ini menyerupai rasa bagian dalam pie apel. Akan tetapi, santapan yang satu ini tidak mengandung kalori dan lemak laiknya pie apel.

Demikianlah dessert alternatif yang baik untuk kesehatan yang bisa kamu jadikan santapan. Jaga selalu kesehatan kamu dimulai dengan memilih makanan yang sehat, ya!

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Eat this, diakses 19 November 2020. 25 Low-Calorie Desserts to Buy Under 150 Calories
  2. Eat this, diakses 19 November 2020. 44 Healthy Desserts Nutrition Experts Swear By
  3. IDNTimes, diakses 19 November 2020. 5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengah
    Berita Terkait
    register-docotr