Diet dan Nutrisi

Ingin Cheat Day Saat Program Diet? Cari Tahu Tipsnya di Sini!

December 6, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Keinginan memiliki berat badan ideal bisa diwujudkan lewat berbagai cara. Tidak sedikit yang memilih diet ketat sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Biasanya, dibutuhkan waktu tertentu agar metode diet yang dijalani bisa menunjukkan hasil yang optimal.

Nah, selama menjalani diet tersebut, seringkali kamu merasa butuh rehat sejenak dari aturan diet atau yang disebut dengan cheat day. Seperti apa cheat day yang tepat agar tidak mengganggu dietmu? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu cheat day?

Sebagian besar orang mengenal istilah cheat day sebagai ‘kelonggaran’ sementara dari aturan diet ketat. Namun lebih tepatnya, kelonggaran itu pun telah diperhitungkan dan sudah direncanakan.

Dengan melakukan satu hari cheat day ternyata dapat mendukung metode diet yang sedang kamu lakukan. Seperti dilansir dari Web MD, bahwa dengan sengaja ‘melonggarkan’ diet di akhir pekan justru dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Pakar diet, Paul Rivas, MD yang merupakan seorang dokter mengungkapkan bahwa saat kamu membatasi kalori dari Senin sampai Jumat, tubuh akan membakar lemak yang menumpuk.

Sementara satu di akhir pekan, yakni saat kamu melakukan cheat day, akan membalikkan metabolisme yang melambat selama sepekan.

Namun pernyataan itu tidak diambil dari penelitian tertentu. Meski begitu, cheat day tetap bisa kamu coba, kok. Apalagi, dengan menyiapkan cheat day, akan membakar semangatmu melalui masa diet yang ketat.

Tips tetap sukses diet saat melakukan cheat day

Melakukan cheat day dan tetap sukses diet? Tentu saja bisa. Dilansir Web MD, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar diet tetap aman:

1. Tetap makan makanan kesukaan

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi apa yang kamu sukai saat cheat day. Ini karena keinginanmu untuk mengonsumsi makanan tersebut akan tetap ada meski kamu menahannya.

Bedanya, saat cheat day kamu hanya perlu mengontrol porsi makanan tersebut. Dengan begitu, kamu tetap bisa makan enak tapi tetap dalam kontrol nilai kalorinya.

2. Pilih makanan yang mengenyangkan

Diet adalah tentang memilih makanan dengan mengurangi jumlah kalori namun tetap sehat. Nah, saat cheat day, kamu bisa memilih makanan lain.

Tapi, jangan sampai kebablasan karena justru dapat mengganggu dietmu. Salah satu caranya adalah memilih makanan yang lebih cepat membuat kamu kenyang. Misalnya makanan berprotein tanpa lemak dan makanan berserat.

3. Makanan berbumbu bisa jadi pilihan

Memanjakan indra perasa dengan makanan berbumbu juga bisa menjadi pilihan. Tapi jangan lupa untuk memilih makanan yang sehat, ya. Misalnya kamu menyukai makanan dengan cita rasa asin, kamu bisa menggunakan garam kosher atau penambah rasa lainnya di makanan sehatmu.

4. Makan perlahan dan nikmatilah

Makan makananmu dengan perlahan dan sadari setiap jenis makanan yang ada di mulutmu. Ini akan membantu merasa puas dengan setiap hidangan.

Tips tambahan lainnya, selain memanjakan indra perasa, kamu juga bisa memanjakan indra penglihatan. Misalnya dengan menggunakan piring cantik atau tatanan makanan yang indah. Ini juga akan membuatmu lebih merasa puas dengan proses makanmu.

Selain itu cobalah untuk fokus saat makan. Jangan sambil melakukan hal lain. Termasuk makan sambil menonton televisi. Hal ini bisa membuatmu melewati kesempatan menikmati makanan yang kamu konsumsi, sehingga kamu tidak merasa kenyang meski sudah menghabiskan satu porsi penuh.

5. Kompromi dan fleksibel

Di satu hari tersebut memang memperbolehkan kamu mengabaikan aturan diet, tapi kamu juga harus bisa berkompromi. Misalkan, ingin menikmati makanan yang sedang populer saat ini, tentu saja bisa. Tapi ganti beberapa bahannya dengan yang rendah kalori.

Misalnya ingin makan salah ayam yang creamy, cobalah untuk mengganti rasa creamy mayonais dengan yoghurt agar lebih sehat dan rendah kalori.

Waspadai cheat day yang justru membuatmu tidak sehat

Jangan sampai kamu tergoda melihat hasil diet orang lain, yang ternyata justru memberikan dampak yang tidak sehat. Dilansir Healthline, berikut beberapa yang perlu diwaspadai jika kamu ingin menerapkan cheat day di tengah proses dietmu:

1. Gagal menahan diri

Cheat day sama dengan bebas sampai lupa porsi kalori? Ini yang perlu dihindari. Kamu perlu memahami kembali cheat day dari sudut pandang yang lebih positif.

Menahan godaan dan mengatur perilaku makanan juga perlu kamu lakukan. Ini dapat membantu kamu untuk menimbang mana yang sehat dan mana yang tidak. Kamu juga akan lebih memerhatikan nilai kalori sebelum mengonsumsi sesuatu saat cheat day tiba.

2. Hindari pesta makanan

Cheat day memberi kesan kamu boleh mengonsumsi apapun dan seolah menjadikannya momen berpesta pora. Namun, sekali lagi kamu perlu memahami motif saat mengonsumsi sesuatu.

Jangan sampai cheat day membuatmu mengabaikan rasa kenyang dan terus makan dengan pemikiran kamu masih berada di dalam waktu cheat day.

Pertimbangan lain saat akan melakukan cheat day

Selain menjalankan tips di atas, kamu juga harus meyakini bahwa rencana diet yang matang, tidak mudah menyerah dan tahan godaan adalah kunci utama sukses berdiet.

Meski memiliki jatah, kamu tetap harus tahu batasan kapan harus mengerem jumlah asupanmu. Caranya, cobalah buat perencanaan cheat day. Misalkan, akhir pekan ini akan menikmati satu potong pizza.

Ini akan mencegahmu makan makanan lain yang mungkin akan lebih menggodamu. Pada akhirnya kesuksesan diet adalah tentang perubahan pola makan dan komitmen hingga tujuan dietmu tercapai.

Demikian beberapa tips untuk menjalankan cheat day di tengah program dietmu.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 5 Desember 2020
Should You Have Cheat Meals or Cheat Days?
Webmd, diakses 5 Desember 2020
The Cheater’s Diet
Webmd, diakses 5 Desember 2020
How to Cheat on Your Diet and Still Lose Weight

    Berita Terkait
    register-docotr