Diet dan Nutrisi

Wajib Dicatat! Inilah Menu Diet Golongan Darah A yang Efektif

May 31, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Buat kamu yang sedang menjalankan diet, boleh nih mencoba diet golongan darah. Faktor gen seperti golongan darah ini ternyata dapat mempengaruhi proses diet kamu lho. Nah, berikut beberapa menu diet golongan darah A.

Menu diet golongan darah A

Jika kamu ingin mencoba diet golongan darah A, kamu harus mengetahui terlebih dahulu hal ini. Pada dasarnya golongan darah A sangat mudah mengonsumsi sayuran dan karbohidrat.

Namun, golongan darah ini ternyata sulit untuk menerima protein hewani dan lemak. Berikut beberapa diet golongan darah A yang tepat, antara lain:

Ikan

Bagi orang yang ingin diet golongan darah A , sebaiknya mengonsumsi ikan karena rendah lemak. Ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah cod, makarel, salmon, sarden, dan trout. 

Baca juga: Wajib Dicoba, Menu Diet Tanpa Nasi yang Mudah dan Bergizi

Daging ayam

Sebaiknya kamu mengonsumsi daging ayam dan kalkun, dan menghindari daging sapi, bebek, angsa, kambing, dan babi. Kamu juga dianjurkan jangan mengonsumsi daging putih terlalu banyak karena pemilik golongan darah A akan sulit menerimanya.

Susu

Kamu bisa mengonsumsi produk susu seperti susu kambing, keju mozzarella, dan yoghurt organik. Tetapi kamu sebaiknya menghindari susu sapi, mentega, dan keju yang terbuat dari susu sapi.

Telur

Kamu diperbolehkan mengonsumsi telur jenis apapun, tetapi jangan sampai melebihi tiga butir telur dalam seminggu.

Brokoli

Pemilik golongan darah A juga sangat cocok mengonsumsi brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin. Kamu bisa memasaknya dengan menu cah brokoli supaya lebih lezat.

Jamur

Kandungan protein nabati yang ada di dalam jamur yang sangat tinggi cocok untuk pemilik golongan darah A. Hal ini dikarenakan pemilik golongan darah A sangat ceria dan aktif sehingga membutuhkan protein agar tidak mudah lelah.

Mangga

Buah yang satu ini dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh kamu. Hal ini dikarenakan golongan darah A sering kali terkena penyakit flu dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Diet Cuma dengan Air Putih Bisa Punya Tubuh Ideal? Bisa Kok, asal…

Semangka

Pemilik golongan darah ini sering kali dibilang mudah kehilangan cairan tubuh dan gula. Semangka yang kaya akan kandungan air sangat cocok agar kebutuhan cairan kamu terpenuhi.

Bayam

Sayuran satu ini memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh lho. Kandungan fitonutrien pada sayuran hijau termasuk bayam ini, mampu melancarkan peredaran darah.

Pisang

Buah yang sering dijadikan pencuci mulut ini sangat baik untuk pemilik golongan darah ini. Buah ini juga mmapu mengurangi pembentukan hormon stres.

Sebaiknya kamu mengonsumsinya 30-60 menit setelah bangun tidur agar pembakaran lemak lebih maksimal.

Makanan yang harus dihindari golongan darah A

Inilah beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari bagi para pemilik golongan darah A, antara lain:

  • Daging sapi
  • Daging babi
  • Daging domba
  • Daging bebek
  • Daging rusa
  • Susu sapi
  • Kentang
  • Sayuran seperti terong, kubis, dan tomat
  • Buah seperti melon, jeruk, dan stroberi
  • Beberapa produk biji-bijian seperti dedek gandum, roti multigrain, dan gandum durun
  • Karbohidrat olahan seperti tepung putih dan roti putih
  • Gula halus

Olahraga yang cocok untuk golongan darah A

Selain asupan makanan yang tepat, ketika kamu diet harus mengimbanginya dengan olahraga juga. Orang yang memiliki golongan darah ini cenderung memiliki permasalahan pada usus sehingga lebih sulit dalam mencerna protein. 

Selain itu, orang yang bergolongan darah ini mampu mengalami masalah dengan hormon kortisol , alhasil mereka mudah merasakan stres dan ketidakstabilan emosi menjadi kurang terkontrol.

Beberapa olahraga yang cocok untuk orang yang bergolongan darah A antara lain:

  • Yoga
  • Senam
  • Golf
  • Meditasi

Jenis olahraga yang bersifat ringan lebih baik dibandingkan dengan olahraga yang ekstrim. Olahraga yang ringan dapat membantu menyeimbangkan tubuh agar tidak terlalu memproduksi banyak kortisol yang dapat menyebabkan stres.

Jika kamu ingin menjaga kesehatan dan menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan, pemilik golongan darah A sebaiknya mengikuti diet yang sudah dijelaskan di atas.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 27 Mei 2020. What Is the A-Positive Blood Type Diet?. 27 Mei 2020 pukul 18.30.
  2. webmd.com diakses 27 Mei 2020. The Blood Type Diet. 27 Mei 2020 pukul 18.45.
    Berita Terkait
    register-docotr