Diet dan Nutrisi

Daun Tarragon Disebut-sebut Dapat Meningkatkan Nafsu Makan, Yuk Cek Faktanya

April 27, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Daun Tarragon atau Estragon adalah salah satu tanaman yang berfungsi sebagai bumbu dapur. Wanginya yang khas membuatnya banyak digunakan sebagai penyedap masakan, yang digunakan dalam hidangan ikan, daging, ayam atau sup.

Di sisi lain, tumbuhan dengan nama ilmiah Artemisia dracunculus ini, juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan. Benarkah demikian? 

Baca Juga: Segudang Manfaat Sambiloto, Redakan Flu hingga Jaga Imunitas Penderita HIV

Mengenal daun tarragon

Daun tarragon adalah tumbuhan yang berasal dari keluarga bunga matahari. Tumbuhan ini disebut sebagai ramuan abadi, karena memiliki sejumlah manfaat. 

Sebelum lebih jauh membahas manfaatnya, berikut adalah kandungan nutrisi dari daun tarragon. Dalam satu sendok makan daun tarragon atau sekitar 2 gram, mengandung:

  • Kalori: 5 gram
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Mangan: 7 persen dari nilai harian yang dianjurkan
  • Zat besi: 3 persen dari nilai harian yang dianjurkan
  • Kalium: 2 persen dari nilai harian yang dianjurkan.

Jenis-jenis daun tarragon

Daun tarragon hadir dalam tiga varietas yang berbeda, yaitu Prancis, Rusia dan Spanyol. 

  • Tarragon Prancis adalah yang paling dikenal untuk campuran kuliner.
  • Tarragon Rusia adalah jenis yang lebih ringan dibandingkan varietas Prancis, karena rasanya cepat menghilang. Jadi sebaiknya segera gunakan setelah dipetik. Namun jenis ini memiliki lebih banyak daun, sehingga bagus untuk campuran salad.
  • Tarragon Spanyol, dikenal lebih kaya rasa dibanding varietas Rusia. Tetapi tidak sekaya rasa varietas Prancis. Biasanya digunakan untuk pengobatan dan dijadikan teh. 

Jika kamu ingin mencari daun tarragon, tumbuhan ini tumbuh di musim semi dan musim panas di daerah dengan iklim sejuk. Untuk menemukannya, kamu harus membelinya dari petani atau di toko grosir, karena ia tidak banyak dijual di toko-toko umum.

Manfaat daun tarragon yang dikenal dapat meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan dapat menurun atau hilang karena banyak hal. Salah satunya ketidakseimbangan hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin disebut juga sebagai hormon kelaparan, sedangkan leptin disebut hormon kenyang.

Jika kedua hormon tersebut tidak seimbang, akan memengaruhi nafsu makan. Ketika level ghrelin meningkat, akan menyebabkan rasa lapar. Sebaliknya, peningkatan kadar leptin menyebabkan perasaan kenyang.

Untuk itu, hormon tersebut perlu diseimbangkan. Karena jika masalah ini tidak diatasi, dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penurunan kualitas hidup dan malnutrisi. 

Masalah ini bisa diatasi menggunakan daun tarragon. Karena melalui sebuah studi pada tikus, terbukti jika ekstrak daun tarragon dapat merangsang nafsu makan. Karena ekstrak tarragon membantu meningkatkan rasa lapar. 

Tetapi temuan penelitian itu hanya dalam kondisi diet tinggi lemak. Karenanya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat daun tarragon untuk meningkatkan nafsu makan secara umum. 

Bagaimana cara mengonsumsi daun tarragon? 

Jika kamu ingin mencoba daun tarragon sebagai penambah nafsu makan, kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika daun tarragon bisa dijadikan campuran sup, atau hidangan ikan, daging sapi atau ayam. 

Namun jika kamu masih bingung mengolah daun tarragon menjadi sebuah hidangan, berikut beberapa cara sederhana mencampur daun tarragon ke dalam menu makan harianmu. 

  • Menambahkan daun tarragon ke dalam telur goreng atau orak-arik
  • Menggunakan daun tarragon sebagai pelengkap sajian ayam panggang
  • Menambahkan daun tarragon ke dalam saus pasta
  • Campur ke dalam sajian ikan salmon atau tuna
  • Campur dengan minyak zaitun dan taburi campuran di atas sayuran yang telah dipanggang.

Manfaat daun tarragon lainnya

Selain dikenal dapat menambah nafsu makan, berikut manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh

  • Dapat menurunkan gula darah: Daun tarragon dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh menggunakan glukosa. Penelitian pada hewan dengan diabetes menunjukkan penurunan konsentrasi gula darah hingga 20 persen. 
  • Memperbaiki pola tidur: Tarragon adalah tumbuhan dalam kelompok artemisia, di mana artemisia dikenal dapat memberikan efek sedatif dan membantu mengatur pola tidur.
  • Meringankan nyeri: Terutama dengan yang berhubungan dengan osteoartritis. Penggunaan ini sudah terkenal dalam pengobatan tradisional dan beberapa penelitian juga mendukungnya, seperti sebuah penelitian pada tikus dengan hasil yang baik.

Baca Juga: Daun Pletekan untuk Obat Diabetes, Kenali Manfaat dan Efek Sampingnya

Selain yang sudah disebutkan, daun tarragon juga mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena kandungan kalium di dalamnya yang diketahui memang baik untuk jantung. 

Satu lagi manfaat dari daun tarragon adalah dapat mengurangi peradangan. Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi ekstrak tarragon selama 21 hari dapat menurunkan sitokin yang signifikan. 

Demikian informasi tentang penggunaan daun tarragon untuk kesehatan, terutama untuk menambah nafsu makan. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 27 April 2021
8 Surprising Benefits and Uses of Tarragon
WebMd, diakses 27 April 2021
Tarragon
Verywellfit, diakses 27 April 2021
The Health Benefits of Tarragon
Healthbenefitstimes, diakses 27 April 2021
Tarragon-Artemisia dracunculus

    register-docotr