Diet dan Nutrisi

7 Buah yang Dipercaya Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

November 27, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Jika kamu menderita masalah darah tinggi, ada beberapa jenis buah yang bisa kamu konsumsi sebagai penurun darah tinggi.

Mengubah pola makan secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Berikut beberapa jenis buah penurun darah tinggi yang aman dan bisa kamu konsumsi!

1. Pisang

Buah penurun darah tinggi yang pertama adalah pisang. Pisang mengandung banyak potasium, mineral yang berperan penting dalam mengatasi hipertensi.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium. Menurut American Heart Association, potasium dapat mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari. 

Baca Juga : Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Aman dan Alami, Apa Saja?

2. Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi.

Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka menunjukkan penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

3. Buah delima

Delima atau pomegranate juga bisa kamu jadikan opsi buah penurun tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, minum 1 cangkir jus delima setiap hari selama 28 hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam jangka pendek.

Para peneliti menghubungkan efek ini dengan kandungan antioksidan di dalam delima. Meskipun buah delima dapat dinikmati secara utuh, beberapa orang lebih menyukai jusnya. 

Saat membeli jus delima kemasan, pastikan kamu memilih produk yang tidak menggunakan gula tambahan, ya.

Baca Juga : Bisa Mengobati Darah Tinggi, Perhatikan Hal Ini Sebelum Minum Spironolactone

4. Buah berry 

Pilihan buah penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah jenis berry. Buah jenis berry seperti blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin, sejenis flavonoid.

Sebuah penelitian besar dengan lebih dari 34 ribu orang dengan hipertensi menemukan bahwa orang dengan asupan antosianin tertinggi, terutama dari blueberry dan stroberi memiliki 8 persen penurunan risiko tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan mereka yang asupan antosianinnya rendah.

Buah berry dapat dikonsumsi sebagai camilan dalam bentuk utuh atau dijadikan campuran ke dalam smoothies dan oatmeal.

5. Buah sitrus

Selain berry, kamu juga bisa mencoba mengonsumsi jenis buah citrus untuk turunkan tekanan darah tinggi. Sitrus mulai dari grapefruit, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. 

Buah sitrus sarat akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Penelitian juga menunjukkan minum jus jeruk dan jeruk bali dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, jus grapefruit dapat mengganggu kinerja obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan buah ini ke makanan.

Baca Juga : Ini Dia Pilihan Obat Darah Tinggi dari yang Alami hingga Kimiawi

6. Tomat

Tomat dan produk tomat kaya akan kandungan nutrisi, termasuk potasium dan likopen pigmen karotenoid. Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung.

Mengonsumsi makanan tinggi kandungan likopen, seperti produk tomat, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Sebuah tinjauan dari 21 penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi tomat dan produk tomat menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian terkait penyakit jantung.

7. Kiwi

Buah penurun darah tinggi yang berikutnya adalah kiwi. Sebuah penelitian menyebut satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan peningkatan kadar ringan.

Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah agak tinggi. Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan.

Itu dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Peneliti menduga bahwa zat bioaktif dalam buah kiwi menyebabkan penurunan tersebut.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar nutrisi dan kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 18 November 2020. The 17 Best Foods for High Blood Pressure

Medical News Today. Diakses pada 18 November 2020. Fifteen good foods for high blood pressure

 

    Berita Terkait
    register-docotr