Diet dan Nutrisi

Bagus untuk Diet, Yuk, Kenali 3 Fakta Unik tentang Miracle Fruit Berikut Ini

January 30, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Apabila kamu sedang mencari buah-buhan yang lezat dan eksotis untuk ditambahkan ke dalam makanan dietmu, maka miracle fruit adalah pilihan yang sangat tepat.

Miracle fruit memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan penglihatan, sampai membuat daya tahan tubuh semakin kuat.

Baca juga: Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini Sederet Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Apa itu miracle fruit?

Dilansir dari Britannica, miracle fruit memiliki nama latin Synsepalum dulcificum. Dikenal juga sebagai buah ajaib, buah ini bisa mengubah rasa makanan asam menjadi terasa manis.

Miracle fruit berasal dari Afrika Barat dan banyak digunakan sebagai pemanis minuman. Adapun mekanisme pengubah rasa yang terjadi ketika memakan buah ini, disebabkan oleh glikoprotein bernama miraculin.

Senyawa ini pertama kali ditemukan oleh peneliti Jepang bernama Kenzo Kurihara pada tahun 1968. Meskipun miraculin sendiri tidak manis, namun ia dapat mengikat reseptor pada indera perasa, dan menyebabkan makanan asam menjadi manis.

Efeknya biasanya berlangsung dari setengah jam hingga dua jam, dengan intensitas yang menurun seiring waktu.

2. Kandungan gizi dalam buah ajaib

Buah ini pada dasarnya bukanlah sumber nutrisi yang bagus. Tetapi ada sejumlah besar vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin E dan berbagai asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi.

Buah ini juga sangat rendah kalori, yakni hanya 1/2 kalori per berry-nya. Selain itu, miracle fruit juga mengandung sejumlah senyawa polifenol dan antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Daun Binahong, Mengobati Ginjal hingga Diabetes

3. Manfaat kesehatan miracle fruit

Manfaat yang paling menonjol dari buah ini adalah kemampuannya untuk mengelola gejala diabetes. Selain itu, ada pula beberapa khasiat kesehatan lainnya, meliputi:

Mengelola diabetes

Mungkin manfaat kesehatan utama dari buah ini dinikmati oleh penderita diabetes. Mereka dapat dengan aman mengganti gula dalam makanannya dengan buah beri ini.

Terlepas dari pengaruh rasa, beberapa bahan aktif dalam buah ini secara alami dapat menurunkan sensitivitas insulin. Tentu ini merupakan kabar baik bagi siapa pun yang ingin menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya.

Menurunkan berat badan

Sebagai buah yang berkalori rendah dan bebas gula, miracle fruit bisa menjadi bantuan yang tepat dalam upaya penurunan berat badan.

Ini tidak hanya berkontribusi pada asupan kalori secara keseluruhan. Tetapi juga mencegah tubuh mengalami kenaikan berat badan, karena buah ini tidak mengandung gula dan karbohidrat kompleks.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meskipun hanya mengandung sedikit vitamin C, namun buah ini tetap dapat mendukung sistem kekebalan tubuh agar semakin kuat.

Seperti yang kita tahu, vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama tubuh dalam melawan bakteri penyebab penyakit serta infeksi.

Kesehatan penglihatan

Ada juga sejumlah kecil vitamin A yang ditemukan dalam buah ini. Jadi tak heran jika mengonsumsi miracle fruit juga bisa berdampak pada meningkatnya kualitas kesehatan mata.

Secara khusus sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ini memiliki kaitan dengan penurunan risiko degenerasi makula, dan pembentukan katarak yang sering terjadi seiring bertambahnya usia.

Memiliki sifat antioksidan

Dilansir dari Researchgate, ditemukan 12 fenolat di dalam daging buah ajaib ini. Beberapa di antaranya diidentifikasi sebagai kaempferol, dan epikatekin.

Keberadaan senyawa polifenol tersebut akan memberi tubuh dorongan antioksidan, sehingga dapat menurunkan kadar radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif di dalam sistem organ.

Mengatasi gangguan fungsi mengecap pada pasien kanker

Dilansir dari Webmd, buah ini banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk membantu mengatasi kerusakan indera perasa pada lidah pasien kanker yang menjalani pengobatan kemoterapi.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung efektivitas dari hal tersebut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Miracle fruit, https://www.britannica.com/plant/miracle-fruit diakses pada 29 Januari 2021

Antioxidant-rich phytochemicals in miracle berry (Synsepalum dulcificum) and antioxidant activity of its extracts, https://www.researchgate.net/publication/260009871_Antioxidant-rich_phytochemicals_in_miracle_berry_Synsepalum_dulcificum_and_antioxidant_activity_of_its_extracts diakses pada 29 Januari 2021

MIRACLE FRUIT, https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1171/miracle-fruit diakses pada 29 Januari 2021

7 Unknown Benefits Of Miracle Fruit, https://www.organicfacts.net/miracle-fruit.html diakses pada 29 Januari 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    register-docotr