Kesehatan Mental

Mood Sedang Tak Bagus? Coba Atasi dengan 7 Langkah Ini

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan
no-image

Tak semua orang selalu punya mood yang bagus setiap saat. Mood atau suasana hati yang kurang bagus kerap membuat seseorang jadi malas melakukan apapun. Nah, untuk mengambalikan mood agar tetap bagus, kamu perlu melakukan mood booster.

Mau tahu apa mood booster yang paling efektif membuat suasana hati jadi lebih baik?  Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Tidur siang sejenak

Tahukah kamu jika tidur siang mampu membuat suasana hati yang buruk jadi kembali bagus? Menurut penelitian dari Journal of Sleep Research, seseorang yang kurang tidur cenderung memiliki mood yang tidak stabil.

Tak hanya itu, The National Sleep Foundation (NSF) menyebutkan jika tidur di siang walaupun dalam waktu singkat mampu membuat mood lebih stabil. Terutama bagi orang dewasa, tidur siang sejenak mampu meningkatkan kewaspadaan dan juga semangat kerja.

Karenanya disarankan untuk tidur siang setidaknya selama 20 atau 30 menit saja agar mood kembali bagus. Hanya saja, jangan kamu lakukan dengan porsi yang berlebihan karena kamu bisa menjadi semakin malas.

2. Mendengarkan lagu favorit

Mood booster lainnya dapat dilakukan dengan cara mendengarkan musik, hal ini diungkapkan dalam sebuah jurnal penelitian British Journal of Psychiatry yang mengatakan musik mampu menjadi terapi yang sangat efektif untuk orang-orang yang mengalami depresi.

Jadi, saat mood lagi jelek disarankan untuk mendengarkan musik. Pilih musik-musik lembut yang sesuai dengan suasana hati, atau musik-musik favorit yang sedang hits saat ini.

3.  Pelukan dari yang tersayang

Untuk mengusir bad mood yang terus melanda, coba temui orang-orang tersayang. Misalnya saja ibu atau ayah, sahabat atau mungkin pacar. Bertemu dengan seseorang yang disayangi dan meminta sebuah pelukan bisa jadi penyemangat tersendiri yang membuat mood jadi lebih baik.

Menurut penelitian yang dikutip dari Healthline, pelukan hangat dari seorang yang terkasih mampu meningkatkan mood seseorang. Tak hanya itu, pelukan hangat tersebut juga mampu membuat seseorang merasa lebih dicintai, lebih rileks dan mampu menyelesaikan masalahnya.

Bahkan, pelukan tersebut mampu membuat hormon bahagia (oksitosin) muncul sehingga suasana hati pun turut bahagia.

4. Makanan sehat

Pernah dengar “Good food, good mood”? Tepat sekali, makanan memang sangat berpengaruh pada suasana hati. Terlebih makanan sehat yang tak hanya membuat mood jadi lebih baik tetapi juga mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa makanan yang bisa membuat mood jadi lebih baik ialah buah-buahan segar, sayur dan juga cokelat. Di dalam coklat, terdapat kandungan yang mampu mendorong tubuh menghasilkan hormon serotonin dan endorfin.

Hormon tersebut diketahui sangat baik mengurangi stres dan kecemasan sekaligus meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

5. Mencurahkan isi hati

Saat bad mood sedang melanda, ada baiknya untuk meluangkan sedikit waktu untuk berbincang dengan seseorang yang kamu percayai. Mencurahkan keluh kesah yang tersimpan di dalam hati bisa membuat perasaan dan suasana hati jadi lebih baik dan juga stabil.

Memendam sendiri masalah yang terjadi bisa membuat suasana hati tak karuan.

6. Olahraga

Untuk mengusir rasa malas karena mood yang sedang jelek, olahraga bisa jadi cara yang tepat untuk itu. Dengan berolahraga, tubuh tak hanya jadi lebih sehat tetapi juga mampu membuat suasana hati lebih terkontrol.

tekanan darah rendah saat puasa

Dengan olahraga rutin, sistem imun tubuh akan meningkat dan membuat tubuh lebih bugar, sehingga bad mood tak akan mampir. Setidaknya lakukan olahraga ringan setiap hari minimal selama 30 menit.

Misalnya dengan jalan-jalan, jogging atau olahraga lain yang tak memerlukan banyak alat. Kamu pun bisa berolahraga di sela-sela waktu istirahat di kantor, supaya pikiran dan tubuh tetap fresh.

7. Pergi jalan-jalan

Agar tak makin bad mood, jalan-jalan bisa jadi solusi cerdas mengembalikan mood yang tak karuan. Jalan-jalan ke tempat-tempat yang menarik bisa sedikit membuat hati terhibur dan sejenak melupakan beban berat yang dirasakan.

Misalnya saja pergi ke pegunungan yang punya suasana tenang, sejuk, dan damai, atau pergi ke pantai dengan suasananya yang juga menenangkan.

Jika punya budget lebih, ada baiknya buat rencana jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri. Persiapkan rencananya dengan baik, agar jalan-jalan makin asyik dan seru.

Mood yang buruk terkadang memang cukup sulit untuk diatasi meski banyak cara telah dilakukan. Jika itu yang terjadi, tak ada salahnya menemui ahli kesehatan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

MdAnderson. Diakses 12 Desember 2019. Winter blues? 6 ways to improve mood and energy

Kidshealth. Diakses 12 Desember 2019. Why Am I in Such a Bad Mood?

Healthline. Diakses 12 Desember 2019. Does Music Affect Your Mood?

    Berita Terkait
    register-docotr