Kesehatan Mental

7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental, Benarkah Bisa Atasi Kecanduan?

January 18, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Melansir Harvard Edu, sebuah penelitian pada 2014 menemukan bahwa meditasi memiliki manfaat untuk kesehatan mental.

Beberapa di antaranya disebutkan meditasi dapat membantu menghilangkan kecemasan, rasa sakit, dan depresi. Bahkan untuk depresi, meditasi sama efektifnya dengan antidepresan.

Manfaat meditasi untuk kesehatan mental

Selain itu, masih ada banyak manfaat dari meditasi untuk mental kamu, lho. Berikut beberapa manfaat bermeditasi untuk kesehatan mental:

1. Mengurangi stres

Manfaat meditasi untuk kesehatan mental yang pertama adalah mampu mengurangi tingkat stres yang kamu alami.

Melansir Insider, sebuah studi yang mengamati lebih dari 200 studi tentang meditasi pada orang sehat menemukan bahwa bermeditasi sebagai cara yang efektif untuk mengurangi stres. 

Mengulangi ‘mantra’ seperti kata atau frasa tertentu selama meditasi juga dapat memberikan efek menenangkan. Saat berkonsentrasi pada mantra tersebut, kamu dapat mengalihkan fokus dari pikiran yang mengganggu. 

2. Meningkatkan daya fokus dan konsentrasi

Meditasi juga sangat bagus untuk meningkatkan daya fokus dan konsentrasi kamu. Dengan meditasi, kamu akan fokus pada momen yang terjadi saat ini, yang dapat meningkatkan konsentrasi kamu pada tugas-tugas lain dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School meneliti efek meditasi kesadaran pada otak dan menemukan hubungan antara kesadaran dan bagaimana otak memproses informasi baru.  

Para peneliti memeriksa otak 17 orang peserta sebelum dan sesudah berpartisipasi dalam program meditasi selama 8 minggu. Pemindaian otak menunjukkan peningkatan di bagian abu-abu di otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran, memori, dan regulasi emosional. 

Penelitian lain dari Carnegie Mellon University menunjukkan bagaimana meditasi kesadaran dapat meningkatkan konsentrasi dan pengambilan keputusan. 

Baca Juga : Meditasi di Rumah? Bisa, Ikuti Panduan Caranya Berikut untuk Tenangkan Pikiran

3. Mengontrol kecemasan

Manfaat meditasi untuk kesehatan mental yang berikutnya adalah mengurangi gejala kecemasan atau anxiety

Sebuah meta-analisis yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi kecemasan. Efek ini paling kuat dirasakan mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi.

Kebiasaan meditasi dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan reaktivitas stres dan keterampilan mengatasi stres.

4. Manfaat meditasi untuk kesehatan emosional

Beberapa bentuk meditasi dapat meningkatkan citra diri dan pandangan hidup yang lebih positif. 

Sebuah penelitian menemukan orang yang melakukan meditasi mengalami lebih sedikit pikiran negatif sebagai respons terhadap melihat gambar negatif, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu, meditasi juga dapat menurunkan kadar sitokin inflamasi, yang dapat berkontribusi pada depresi.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Overthinking agar Terhindar dari Stres

5. Meningkatkan self-awareness

Manfaat meditasi untuk kesehatan mental berikutnya adalah mampu meningkatkan kesadaran diri atau self-awareness.

Beberapa bentuk meditasi dapat membantu kamu mengembangkan pemahaman yang lebih kuat tentang diri kamu, membantu kamu tumbuh menjadi versi terbaik dari diri kamu.

Ini bisa menjadi titik awal untuk membuat perubahan positif lainnya. Sebuah studi menemukan 153 orang dewasa yang menggunakan aplikasi mindfulness selama dua pekan mengalami penurunan perasaan kesepian dan peningkatan kontak sosial.

6. Mengurangi kecanduan

Dengan meditasi, kamu mampu mendisiplinkan dirimu dan terhindar dari sifat ketergantungan.

Penelitian menyebutkan, meditasi dapat membantu seseorang untuk mengatur emosi dan impuls serta meningkatkan kesadaran alasan dibalik itu.

Sebuah studi yang melibatkan 60 orang dengan ketergantungan alkohol yang sedang mendapatkan terapi menunjukkan bahwa mempraktekkan meditasi dapat menurunkan level stres, distres psikologi serta keinginan untuk konsumsi alkohol setelah 3 bulan.

Baca Juga : Hati-Hati! Stres Terus-menerus Bisa Memicu Kebutaan, Bagaimana Faktanya?

7. Membuat kamu jadi orang yang lebih positif

Beberapa jenis meditasi dapat meningkatkan perasaan dan tindakan positif terhadap diri kamu sendiri dan orang lain.

Satu studi pada 100 orang dewasa yang secara acak ditugaskan ke program yang mencakup meditasi cinta kasih menemukan bahwa ini bermanfaat.

Dengan kata lain, semakin banyak waktu yang dihabiskan orang dalam latihan meditasi cinta kasih mingguan, semakin banyak perasaan positif yang mereka alami.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat meditasi untuk kesehatan mental? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 15 Januari 2021. 12 Science-Based Benefits of Meditation

Insider. Diakses pada 15 Januari 2021. 7 benefits of meditation, and how it can affect your brain

Psychology Today. Diakses pada 15 Januari 2021. Meditation and Mental Health

Harvard Edu. Diakses pada 15 Januari 2021. What meditation can do for your mind, mood, and health

    Berita Terkait
    register-docotr