Kesehatan Mental

Ini Manfaat Kumpul Keluarga bagi Kesehatan Mental

April 25, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran adalah mudik dan kumpul bersama keluarga. Ini salah satu momen yang paling ditunggu untuk melepas rindu, apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari rumah atau merantau.

Namun, apa sebenarnya manfaat mudik dan kumpul bersama keluarga bagi kesehatan mental?

Manfaat mudik dan kumpul bersama keluarga bagi kesehatan mental

Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah salah satu kegiatan yang sebenarnya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Kumpul bersama keluarga ini akan membawa kamu ke arah gaya hidup yang lebih sehat dan memperpanjang umur.

Tak hanya itu saja, berikut ini beberapa manfaat lain kumpul bersama keluarga bagi kesehatan mental:

1. Membantu meningkatkan kesehatan mental

Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan komunikasi tatap muka, ternyata secara signifikan mengurangi terjadinya depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya. Berada di tengah-tengah orang yang dicintai secara nyata bukan virtual menciptakan dukungan emosional yang kuat untuk melalui tantangan hidup.

2. Membantu meningkatkan kemampuan secara akademik

Umumnya, anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga, cenderung berprestasi lebih baik di sekolah. Hal ini karena, anak-anak yang berkumpul bersama keluarganya mereka akan belajar banyak keterampilan untuk berkomunikasi dan pentingnya pendidikan. 

3. Mengurangi risiko timbulnya masalah perilaku

Tidak hanya berprestasi, kamu yang menghabiskan waktu bersama keluarga juga menunjukkan risiko yang lebih kecil terhadap masalah perilaku. Contoh masalah perilaku yang seringkali dialami seperti kekerasan dan penyalahgunaan obat-obatan. 

Berada di antara keluarga dan melakukan aktivitas bersama juga memberikan solusi terbaik untuk mengatasi emosi yang terpendam. Oleh karena itulah, keluarga sangat penting untuk membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Apalagi jika seorang anak atau remaja menceritakan masalah mereka kepada keluarga sebaiknya cobalah untuk terima dan dengarkan, karena nasihat yang diberikan dapat membantu membuatnya mengambil keputusan positif. 

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Menghabiskan waktu bersama keluarga juga dapat membangun kepercayaan diri. Mereka akan belajar untuk mencintai diri sendiri tanpa merendahkan orang lain ketika bersama keluarga. 

5. Membantu menentukan keputusan yang efektif ketika mengalami konflik 

Berkumpul bersama keluarga memang menyenangkan, tapi juga akan ada masa-masa sulit. Ketika konflik muncul dalam sebuah keluarga, tentu kamu tidak bisa pergi begitu saja untuk selamanya. 

Pasalnya kamu berada dalam masalah ini bersama-sama, jadi pastikan untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah yang muncul. Menghabiskan waktu bersama keluarga mengajarkan keterampilan komunikasi interpersonal termasuk cara yang sehat dan konstruktif untuk berdiskusi, berdebat, dan memecahkan masalah.

6. Mengurangi stres

Kamu yang memiliki hubungan baik dengan keluarga, cenderung mencari pelampiasan yang lebih sehat saat mengalami stres. Contohnya seperti bercerita pada teman dan keluarga, daripada melakukan cara-cara berbahaya lainnya.

Tentu hal ini membentuk kebiasaan untuk membicarakan masalah bersama agar bisa menghilangkan stres dan menemukan solusi yang efektif.

Tanpa banyak disadari oleh banyak orang, stres juga secara signifikan memengaruhi aspek kesehatan fisik, seperti kelelahan, tekanan darah, dan kesehatan jantung. Oleh karena itulah, penting untuk mengelola stres dengan baik. Salah satunya menceritakan pada orang yang kamu percaya baik keluarga atau teman. 

7. Meningkatkan kemampuan beradaptasi 

Kemampuan untuk menghadapi perubahan dan tantangan dalam hidup juga sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Oleh karena itu, memiliki ikatan keluarga yang kuat juga bisa membantu meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan baik. 

Berada bersama keluarga membuat kamu merasa diperhatikan, dan dibutuhkan. Sehingga rasa kepastian tersebut memberikan motivasi untuk maju, berkembang, dan berhasil.

Itulah beberapa manfaat mudik dan kumpul bersama keluarga bagi kesehatan mental. Jadi, memiliki hubungan yang sehat dengan keluarga ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. 

Baca juga:Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik Karyawan Kunci untuk Mendukung Kinerja Perusahaan di Era New Normal

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference

Highlandspringsclinic.org (2020) diakses pada 25 April 2022. The Top Ten Benefits Of Spending Time With Family

Piedmont.org (2022) diakses pada 25 April 2022. 4 reasons friends and family are good for your health

Strategiesforparents.com (2019) diakses pada 25 April 2022. Family Gatherings: Promoting Bonds to Last a Lifetime

Webmd.com (2007) diakses pada 25 April 2022. Family Dinners Are Important

Pittsburghparent.com (2017) diakses pada 25 April 2022. Spending Time Together – Benefits of Family Time

    register-docotr