Kesehatan Mental

Ilusi Kepribadian, Apakah Alter Ego Berbahaya?

December 1, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Kini semakin ramai diperbincangkan tentang alter ego yang gejalanya mirip dengan kepribadian ganda. Apakah keduanya sama? Berikut ini penjelasannya lengkapnya.

Apa itu alter ego? 

Dilansir dari Health Guidance, alter ego adalah sebuah kondisi ketika seseorang membentuk karakter lain dalam dirinya secara sadar dan menjadikan hal itu sesuatu hal yang ideal. 

Begitu seseorang menciptakan alter ego, mereka mulai bermimpi tentang hal yang sama dan menjalani kehidupan mereka sendiri dengan alter ego tersebut. 

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana alter ego dibuat, berikut adalah beberapa informasi terkait terciptanya sebuah alter ago di dalam diri seseorang: 

Ketika seseorang hidup jauh dari harapannya

Pada umumnya ketika seseorang menjalani kehidupan yang jauh dari harapan mereka atau tidak pernah merasa puas dengan apa yang dicapainya pada saat itulah alter ego berisiko muncul dalam diri seseorang. Mereka tampaknya hidup dalam mimpi dan memiliki kehidupan yang diinginkan.

Mereka membayangkan diri mereka sendiri di dunia impian mereka dan mencapai tujuan dengan bantuan alter ego ini. Seringkali minat orang dan alter egonya sama, sehingga mereka mencoba mengembangkannya dengan cara mereka sendiri.

Jika mengenal seseorang yang memiliki alter ego, maka sebaiknya kamu perlu mengamati orang itu dengan sangat hati-hati karena membedakannya hampir mustahil.

Jika dilihat dari penjelesan alter ego di atas, hal tersebut sebenarnya hampir mirip dengan gangguan kesehatan mental kepribadian ganda. Lalu apakah keduanya sama? 

Apa bedanya kepribadian ganda dan alter ego? 

Dilansir dari Mayo Clinic, gangguan disosiatif adalah gangguan mental yang melibatkan rasa putus asa dan kurangnya kontinuitas antara pikiran, ingatan, lingkungan, tindakan, dan identitas.

Orang yang mengalami gangguan disosiatif melarikan diri dari kenyataan dengan cara yang tidak disengaja dan tidak sehat sehingga menyebabkan masalah dengan fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun alter ego melansir penjelasan dari Health Guidance, adalah sebuah pembentukan karakter lain dalam diri sendiri dan dilakukan secara sadar. Tentu saja gangguan mental ini berbeda dengan kepribadian ganda. 

Selain itu, kepribadian utama masih memegang kontrol atas alter ego sehingga kepribadian ini hanya bisa muncul ketika dipanggil dan dampaknya tidak sampai mengakibatkan amnesia seperti kepribadian ganda. 

Baca juga: Gejala Gangguan Bipolar pada Anak: Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahaya dan manfaat alter ego

Melansir penjelasan dari laman Health Guidance, bahwa memiliki alter ego kadang-kadang bisa bermanfaat, asalkan tidak berlebihan. Ini memberi orang itu rasa kelengkapan pada diri sendiri saat melakukan suatu pekerjaan tanpa harus memikirkan batasan yang dimiliki.

Meski demikian, pemilik alter ego harus benar-benar memegang kontrol. Pasalnya, memiliki alter ego yang tak terkontrol juga dapat menghasilkan efek negatif.

Namun, bahayanya jika alter ego lebih sempurna dari diri yang sebenarnya, maka itu bisa mengakibatkan kepercayaan diri seseorang pudar. Kadang-kadang juga terlihat bahwa jika alter ego mendominasi, maka hal itu dapat mencegah seseorang menjalani kehidupan normal. 

Saat kamu berada di sisi lain dan mengetahui bahwa seseorang menderita masalah alter ego, maka penting untuk terus mengawasi orang tersebut. Catat situasi ketika orang tersebut adalah dirinya yang normal dan ketika orang tersebut bertindak sebagai alter ego.

Jika alter ego tampak mendominasi orang tersebut, maka lebih baik kamu menjaga situasi seperti itu agar tidak memengaruhi kehidupan sehat orang tersebut.

Kemudian sangat penting sebagai informasi bagi kamu yang berbicara dengan penderita alter ego tentang tujuan dan ambisinya, ini dapat membantu mengetahui keinginan yang tersembunyi dan dapat membantu orang tersebut keluar dari dunia alter ego. 

Berbicara dan memahami orang tersebut adalah saran terbaik yang dapat diberikan siapa pun jika terjadi perubahan ego.

Jadi, berbicaralah dengan orang tersebut dan beri tahu mereka bahwa banyak orang yang sangat peduli dan mencintai mereka serta juga akan membantu mengatasi masalah ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2017) diakses pada 30 November 2020. Dissociative disorders
  2. Healthguidance.org (2009) diakses pada 30 November 2020. ALTER EGO DEFINITION
  3. Sciencedaily.com (2017) diakses pada 30 November 2020. Secret alter ego of well-known protein fights leaky blood vessels 
    Berita Terkait
    register-docotr