Kesehatan Mental

Cek! 8 Aktivitas Seru Rayakan Tahun Baru di Rumah Aja Bareng Keluarga

June 30, 2021 | Muhammad
feature image

Malam pergantian tahun kerap dirayakan dengan gegap-gempita. Namun, di tengah pandemi yang belum usai, tak ada salahnya untuk merayakannya di rumah bersama keluarga. Meski lebih sederhana, bukan berarti keceriaan tahun baru akan berkurang.

Yuk, simak apa saja kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan malam pergantian tahun di rumah!

Daftar aktivitas seru

Ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa kamu coba untuk merayakan tahun baru bersama keluarga. Mulai dari makan malam, mendekorasi ruangan, hingga hitung mundur jelang pergantian tahun.

1. Makan malam spesial

Makan malam spesial bersama keluarga bisa menjadi aktivitas seru yang dapat kamu lakukan. Meski di dalam rumah, kehangatan akan tercipta dari kebersamaan. Kamu bisa menyajikan menu yang berbeda atau jarang dihidangkan agar suasana lebih terasa istimewa.

Namun, tetap perhatikan dari sisi nutrisi dan gizinya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, ya.

2. Permainan papan

Permainan papan atau board games mungkin sudah lama tidak kamu mainkan. Padahal, beberapa board games justru menawarkan keseruan tersendiri karena dimainkan bersama orang lain.

Kamu bisa mencoba game menyusun kata seperti scrabble atau permainan papan legendaris seperti monopoli.

3. Lomba kecil-kecilan

Jika kamu punya banyak anggota keluarga dalam satu rumah, mengapa tak membuat lomba kecil-kecilan agar suasana tahun baru terasa lebih meriah? Agar lebih bersemangat, sediakan hadiah untuk siapa saja yang berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut.

4. Percantik rumah

Agar suasana tahun baru lebih terasa, kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk menghias dan mendekorasi rumah. Jadikan rumahmu sebagai tempat terbaik untuk merayakan malam pergantian tahun tanpa harus pergi ke luar.

Pernak-pernik khusus, hiasan dinding, lampu kerlap-kerlip, dan ornamen berkilauan, bisa kamu pasang agar suasana malam tahun baru semakin ‘hidup’. Jika punya kerajinan tangan yang dibuat sendiri, tak ada salahnya juga untuk memajangnya.

5. Buat resolusi

Siapa sih yang tak ingin hidup lebih baik di tahun berikutnya? Kamu bisa menjadikan tahun baru sebagai momen untuk merencanakan apa yang ingin dicapai selama 365 hari ke depan. Bukan cuma untuk diri sendiri, ajak saudara, anak, dan pasangan untuk membuat resolusinya masing-masing.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru Memotivasi atau Justru Bikin Stres? Sebenarnya Perlu atau Tidak Ya Dibikin

6. Nonton film bareng

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk menghabiskan malam pergantian tahun dengan maraton film. Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk memilih beberapa film favorit yang akan ditonton bersama-sama.

Agar suasana makin asyik, jangan lupa sediakan camilan dan minuman sebagai teman pelengkap.

7. Refleksi diri

Tahun baru bisa dijadikan sebagai momen refleksi diri dan mengingat kembali apa yang telah dicapai dalam satu tahun ke belakang. Tak ada salahnya untuk berterima kasih kepada diri sendiri karena sudah menjadi pribadi yang kuat dalam menjalani masa-masa sulit di tengah pandemi.

Kamu juga bisa introspeksi atas kesalahan dan kekeliruan yang pernah diperbuat. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan self-reflection.

Dikutip dari Positive Psychology, refleksi diri bisa berpengaruh positif bagi psikologis, interaksi sosial, empati pada orang lain, pengendalian diri, hingga peningkatan kreativitas.

8. Acara hitung mundur

Ya, kamu dan keluarga bisa membuat acara hitung mundur atau countdown saat detik-detik pergantian tahun. Setiap jam menjelang tengah malam, lakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti membaca buku baru, makan camilan, atau kegiatan yang telah dibahas di atas.

Bagian puncaknya adalah saat mendekati pukul 00.00. Ajak anggota keluarga berkumpul dan melakukan hitung mundur untuk menyambut tahun yang baru.

Saat orang lain rayakan tahun baru dengan liburan, sementara kita di rumah saja. Haruskah iri?

Tahun baru memang identik dengan liburan. Namun di tengah pandemi, merayakan tahun baru dengan berlibur di luar kota atau bahkan di luar negeri, harus dipertimbangkan matang-matang. Apalagi jika kita memiliki anggota keluarga usia anak.

Meski sudah divaksin COVID-19, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim Basarah Yanuarso mengimbau sebaiknya orangtua tidak mengajak anak mereka liburan selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Hal ini berkaitan dengan pembentukan antibodi yang membutuhkan waktu setelah vaksinasi. “Jadi wait and see dulu, sabar dulu, jangan euforia dulu. Kita tunggu kalau di Indonesia jadi endemi bisa jadi lebih longgar,” kata Pimprim.

Sebaliknya, kamu tak perlu merasa iri dengan orang-orang yang bisa melakukannya. Selain meminimalkan risiko terpapar COVID-19, merayakan tahun baru di rumah bersama keluarga juga bisa tetap meriah, kok.

Kuncinya adalah fokus pada diri sendiri, tak perlu membandingkan dengan orang lain, selalu berpikir positif, dan yang terpenting adalah ciptakan kesenanganmu sendiri.

Nah, itulah beberapa aktivitas seru dan menarik yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah untuk merayakan tahun baru. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya

Reference

Referensi

  1. Metro Family Magazine, diakses 29 Desember 2021, Five ideas for a family-friendly New Year’s Eve at home.
  2. Active Parent, diakses 29 Desember 2021, CELEBRATE NEW YEAR’S EVE AT HOME.
  3. Chicago Parent, diakses 29 Desember 2021, 5 Tips for Hosting a New Year’s Eve Party at Home.
  4. House Beautiful, diakses 29 Desember 2021, 20 Fun (and Mostly Free!) Things to Do on New Year’s Day.
  5. Good House Keeping, diakses 29 Desember 2021, 20 Amazing New Year’s Eve Party Ideas to Ring in 2022.
  6. Proverbs Mentor, diakses 29 Desember 2021, 20 Ways to Have FUN at Home on New Year’s Eve.
  7. Positive Psychology, diakses 29 Desember 2021, Top 11 Benefits of Self-Awareness According to Science.
  8. Bustle, diakses 29 Desember 2021, Here’s How To Slay Your Inner Green Eyed Monster.
  9. Kompas.com, diakses 29 Desember 2021, Ketua IDAI Tak Sarankan Anak Liburan pada Periode Natal dan Tahun Baru

    register-docotr