Kulit & Perawatan Tubuh

Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

April 25, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Wajah berminyak saat bangun tidur seringkali terjadi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. Perlu diketahui, setiap orang memiliki minyak alami di wajah yang disebut sebum. Sebum bertujuan untuk membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat.

Namun, terlalu banyak sebum pada wajah bisa menyebabkan kondisi kulit berminyak di waktu tertentu termasuk saat bangun tidur. Nah, untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak saat bangun tidur yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Pakai Tamanu Oil, Bisa untuk Masker hingga Pelembap Wajah

Penyebab wajah berminyak saat bangun tidur

Dilansir dari Very Well Health, ada berbagai alasan wajah berminyak saat bangun tidur yakni alasan kesehatan dan lingkungan. Beberapa alasan wajah berminyak di pagi hari lainnya, seperti berikut ini:

Genetika

Faktor genetika berperan besar dalam munculnya wajah berminyak saat bangun tidur. Biasanya, semakin besar pori-pori maka semakin banyak minyak yang akan dihasilkan kulit. Perlu diketahui, ukuran pori-pori dapat berbeda tergantung pada keluarga atau etnis.

Kulit berminyak cenderung menurun dalam keluarga. Karena itu, jika salah satu orang tua memiliki masalah kulit berminyak maka kemungkinan besar kamu juga memiliki kelenjar sebaceous atau kelenjar penghasil minyak yang terlalu aktif.

Hormon

Androgen adalah hormon, seperti testosteron yang ada pada pria dan wanita. Testosteron diproduksi di kelenjar sebaceous dan penelitian telah mengaitkan kadar hormon yang lebih tinggi dengan peningkatan produksi minyak.

Hormon pertumbuhan juga terkait dengan produksi sebum dan diyakini berhubungan dengan perkembangan jerawat. Hormon-hormon ini mencapai tingkat tertinggi selama masa remaja di mana ditandai dengan kulit yang lebih berminyak.

Penggunaan skincare yang salah

Wajah berminyak di pagi hari bisa juga disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang salah untuk jenis kulit kamu. Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dapat membantu membuat perbedaan besar pada jumlah minyak di wajah.

Iklim tempat tinggal

Faktor iklim di daerah tempat tinggal juga berisiko menyebabkan wajah berminyak di pagi hari. Secara umum, orang cenderung memiliki kulit berminyak di iklim yang panas dan lembap. Kelembapan yang tinggi ini dapat pula menyebabkan eksim.

Bagaimana cara mengatasi wajah berminyak saat bangun tidur?

Wajah berminyak saat bangun tidur dapat dihindari dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah berminyak di pagi hari, antara lain sebagai berikut:

Pakai sabun pembersih wajah yang tepat

Wajah berminyak bisa dikurangi dengan melakukan pembersihan kulit secara teratur menggunakan produk yang tepat. Beberapa produk pembersih wajah yang mengandung asam biasanya dapat mengatasi kulit berminyak.

Kandungan asam yang dimaksud, seperti asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi, dan benzoyl peroksida. Cucilah muka dengan sabun lembut dan air hangat, serta hindari sabun dengan pewangi, pelembap tambahan, dan bahan kimia keras.

Gunakan masker wajah

Masker wajah mungkin bermanfaat untuk merawat kulit yang berminyak. Biasanya, terdapat bahan-bahan dalam masker wajah yang bisa membantu mengurangi minyak pada kulit, yakni seperti:

  • Tanah liat. Masker yang mengandung mineral, seperti smektit atau bentonit dapat menyerap minyak dan mengurangi kilau kulit, serta kadar sebum tanpa mengiritasi kulit.
  • Madu. Sebuah studi tahun 2011 melaporkan bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik yang dapat mengurangi jerawat serta kulit berminyak.
  • Oatmeal. Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit. Oat mengandung saponin pembersih, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi yang dapat menenangkan iritasi pada kulit.

Pilih pelembap yang sesuai

Meski banyak orang dengan kulit berminyak menghindari penggunaan pelembap, namun pemakaian produk yang tepat bisa bermanfaat untuk jenis kulit ini. Bagi orang dengan kulit sangat berminyak, pelembap bebas minyak bisa membantu menjaga kelembapan dan perlindungan pada kulit.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa lidah buaya dapat menjadi pelembap yang baik untuk mengobati jerawat dan masalah kulit berminyak. Senyawa tertentu dalam lidah buaya mampu memberikan efek menenangkan secara alami. 

Pilihlah produk dengan setidaknya 10 persen lidah buaya di dalamnya untuk menjadi pelembap yang efektif. Beberapa orang memilih menggunakan gel lidah buaya murni, namun waspadai kandungan tersembunyi seperti alkohol karena bisa mengiritasi kulit.

Baca juga: Pakai Sheet Mask Setiap Hari, Boleh atau Tidak?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 20 April 2021. Top six home treatments for oily skin
  2. Women’s Health (2013), diakses 20 April 2021. The REAL Reason Your Skin Is So Oily
  3. Healthline (2019), diakses 20 April 2021. 10 Home Remedies for Oily Skin
  4. Very Well Health (2021), diakses 20 April 2021. How To Manage Oily Skin
    register-docotr