Kulit & Perawatan Tubuh

Tips Mengatasi Rambut Berminyak secara Alami

November 12, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memiliki rambut berminyak tentu membuat kamu tak percaya diri bukan? Rambut berminyak akan membuat kamu tampak terlihat lepek, kotor dan suram.

Namun, tak usah khawatir ada cara mudah dan alami yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari rambut berminyak lho. 

Tips mengatasi rambut berminyak secara alami 

Dilansir dari Healthline, kulit kepala yang terlalu berminyak dapat menyebabkan gatal yang tidak nyaman dan dermatitis seboroik. Bahkan bisa menimbulkan jamur penyebab ketombe.

Meskipun demikian, kamu tentu jangan sampai menghilangkan semua kandungan minyak pada rambut ya. Minyak alami pada rambut melindungi kulit kepala agar sehat dan tampak berkilau. 

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut berminyak tanpa merusak atau mengiritasi kulit kepala, seperti penjelasan dari Healthline

1. Rutin keramas 

Kamu yang memiliki kandungan minyak lebih banyak pada rambut, mungkin perlu keramas sekali sehari. Sampo membantu menghilangkan minyak berlebih serta kotoran dan sisa produk rambut dari kulit kepala.

2. Cara yang benar memakai kondisioner

Kondisioner dapat membuat rambut terlihat berminyak dan menyebabkan minyak menumpuk lebih cepat. Kondisikan hanya ujung rambut Anda dan pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh.

3. Hindari penggunaan pengering rambut

Catokan yang berfungsi untuk meluruskan rambut dan pengering rambut dapat memberikan hasil akhir yang halus dan rapi. Alat ini juga bisa membuat rambut pun terlihat lebih cepat berminyak. 

Bagi kamu dengan rambut berminyak sebaiknya biarkan rambut mengering dengan sendirinya dan nikmati tekstur aslinya. Selain itu, rambut kamu juga bisa terhindar dari kerusakan akibat panas alat catokan.

4. Gunakan produk yang diformulasikan untuk rambut berminyak

Banyak penelitian telah dilakukan untuk membuat produk perawatan rambut sesuai dengan tipe masing-masing. Jika sampo kamu tidak efektif, cobalah sampo yang memiliki deterjen lebih kuat. 

Ini dapat membantu mengangkat minyak dan membuat rambut bebas minyak.

Namun, jika kamu menyukai olahraga yang berkeringat atau merasa perlu keramas setiap hari, sampo bayi yang lembut dapat mengurangi iritasi dan lebih cocok untuk penggunaan yang sering dilakukan.

5. Rajin membersihkan sisir 

Walaupun terlihat sepele, tetapi sisir alat yang paling sering digunakan untuk merapikan rambut. Tanpa disadari kita lupa merawatnya, padahal sisir salah satu alat yang tidak boleh terlewat untuk merapikan rambut. 

6. Keramas dengan lidah buaya

Bahan alami rumahan ini tidak hanya berguna di musim panas. Lidah buaya menjadi masker rambut dan kulit kepala yang bagus karena menghilangkan minyak berlebih.

Selain itu, lidah buaya berkhasiat melawan penumpukan sisa produk, menenangkan kulit kepala, dan melindungi helai rambut.

7. Hindari produk dengan kandungan silikon

Banyak produk, termasuk sampo, kondisioner, krim, dan produk penataan rambut, dibuat dengan silikon untuk membantu menghaluskan rambut dan menambah kilau.

Selain menambahkan kilau ekstra yang bisa terlihat sangat mirip minyak, silikon seperti siklometikon, amodimetikon, dan yang paling umum, dimetikon – dapat menumpuk pada rambut dan membuatnya terlihat kotor, berminyak, dan berat.

Silikon juga dapat mencegah kelembapan yang bermanfaat masuk ke batang rambut. 

Baca juga: Agar Lebih Berkilau, Ini 8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

8. Coba gunakan dry shampo

Sampo kering bisa menjadi penyelamat dalam keadaan darurat. Ini tidak bisa menggantikan sabun mandi basah yang berbusa, tetapi dapat membantu mengeringkan minyak dan membuat rambutmu tampak lebih bersih.

Banyak sampo kering juga menambahkan sedikit aroma untuk membantu menyegarkan tubuh.

Sisi negatifnya adalah sampo kering menambahkan residu yang dapat membuat rambut dan kulit kepala terasa berpasir dan kotor.

Produk ini juga membuat rambut kering, jadi sebaiknya gunakan sesekali saja dan bersihkan hingga bersih keesokan harinya untuk menghindari iritasi dan kerusakan.

9. Berhenti bermain-main dengan rambut

Hindari sebisa mungkin untuk tidak memutar-putar, menggaruk kepala, menyisir rambut dengan jari, karena semakin sering kamu memainkan rambut, akan semakin buruk tampilannya.

Menyikat dan sering menyentuh rambut dapat merangsang kelenjar minyak. Kamu dapat menarik minyak kulit kepala ke dalam untaian dan menambahkan minyak ekstra dari tangan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2020) diakses pada 11 November 2020. 25 Ways to Fix Oily Hair
  2. Functionofbeauty.com (2020) diakses pada 11 November 2020. 8 Habits Every Oily-Haired Girl Should Live By
  3. Food.ndtv.com (2020) diakses pada 11 November 2020. 5 Easy Home Remedies For Oily Hair 
    Berita Terkait
    register-docotr