Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Bingung, Berikut Tipe-tipe Sabun Cuci Muka yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu!

August 21, 2020 | Dhiamara Arradea
no-image

Memiliki kulit yang mulus, halus, dan bercahaya adalah impian bagi setiap wanita. Untuk mendapatkan hal tersebut, butuh perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Pemilihan sabun cuci muka yang tepat adalah salah satunya.

Kulit walah memiliki beberapa jenis, sepeti kulit berminyak, kulit kering, hingga kulit yang berjerawat.

Mengetahui tipe-tipe sabun cuci muka yang tepat merupakan hal yang penting. Pasalnya, jarang terdapat sabun cuci muka yang cocok untuk semua jenis kulit.

Cara untuk mengetahui sabun muka yang baik

Untuk menentukan sabun muka terbaik, pertama-tama kamu harus mengetahui jenis sabun yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Pasalnya, sabun cuci muka harus bisa membersihkan kulit dengan lembut secara efektif dan tidak merusak pelindung kulit.

Adapun, cara untuk memilih sabun muka yang baik adalah:

  • Sabun yang tidak memberikan efek kering pada kulit wajah setelah digunakan
  • Menyeimbangkan tingkat pH pada kulit
  • Membersihkan kotoran pada wajah secara menyeluruh
  • Mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sabun muka adalah mengetahui apakah produk sabun cuci muka memiliki kandungan surfaktan buatan yang bisa menyeimbangkan pH pada kulit.

Jika kamu menggunakan sabun dengan formula yang tidak cocok dengan kulit kamu, maka akan menyebabkan iritasi.

Sabun cuci muka berdasarkan jenis kulit

Setelah mengetahui sabun cuci muka yang baik, maka kamu harus mengetahui sabun seperti apa yang cocok dengan tipe kulit wajah kamu. Seperti,

Kulit kering

Jika kamu memiliki kulit kering, sebaiknya pilih sabun cuci muka yang lembut yang mengandung bahan pelembab dan asam lemak berupa minyak. Kandungan petrolatum, lanolin, dan minyak mineral adalah jenis sabun cuci muka yang tepat untuk kulit kering.

Tidak hanya itu, cari pembersih yang hipoalergenik, bebas pewangi, bahan kimia atau alkohol dan memiliki formula tanpa busa.

Agar kulit tidak semakin kering, penting juga untuk menghindari sabun dan pembersih antibakteri yang menyebabkan pengelupasan, seperti asam salisilat atau glikolat.

Kulit berminyak

Pembersih wajah yang ideal untuk jenis kulit berminyak harus mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya dan tea tree oil. Hal tersebut karena kedua bahan tersebut dipercaya bisa menyeimbangkan produksi minyak pada kulit.

Hindari juga pembersih yang mengandung minyak atau alkohol, hal ini hanya akan membuat produksi minyak pada wajah menjadi bertambah.

Jika kamu memiliki kulit yang berjerawat, basuh wajah dua kali sehari dengan pembersih yang berbasis asam salisilat. Asam salisilat sendiri dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan minyak berlebih.

Kulit kombinasi

Kondisi kulit kombinasi akan mendapatkan manfaat dari pembersih yang sangat lembut. Agar kulit tidak iritasi, gunakan sabun cuci muka yang bebas pewangi, hipoalergenik, bebas paraben, dan bebas sabun.

Kulit sensitif dan berjerawat

Dalam hal membersihkan jerawat untuk jenis kulit sensitive, penting untuk mempertimbangkan bahan-bahan dengan cermat, karena akan memicu jerawat tumbuh.

Cobalah mencari produk dengan konsistensi yang ringan. Kamu sebaiknya menghindari semua jenis sabun muka yang mengandung minyak, karena akan menyimbat pori-pori dan menyebabkan iritasi kulit juga meningkatkan sereksi sebum.

Pilihlah produk yang mengandung bahan alami yang ringan dan efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Kandungan teh hijau bisa menjadi pilihan untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kuku Agar Kuat dan Tidak Mudah Patah

Pembersih muka lainnya

Mengetahui perbedaan setiap jenis kulit bisa membantu kamu untuk memilih sabun mana yang cocok untuk kulit wajah kamu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih kamu juga bisa menggunakan bantuan pembersih muka lainnya sebelum menggunakan sabun cuci muka.

Berikut beberapa jenis pembersih muka lainnya beserta kegunaannya sesuai untuk tipe-tipe kulit:

  • Pembersih gel, kulit berminyak dan kombinasi
  • Pembersih krim, kulit kering dan sensitif
  • Pembersih busa, kulit berminyak dan kombinasi
  • Pembersih minyak, bisa digunakan pada semua jenis kulit
  • Pembersih clay, kulit berminyak dan kombinasi
  • Micellar Water, kulir kering dan sensitive

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar sabun muka mana yang sesuai dengan tipe kulit kamu, maka konsultasikan dengan dokter kulit kamu.

Atau kamu juga bisa konsultasikan secara online melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Wishtrend.com (2018). Diakses pada 20 Agustus 2020. 7 Cleansers for Different Skin Types & How to Choose Them
  2. Vogue.in (2018). Diakses pada 20 Agustus 2020. How to pick a face wash based on your skin type
  3. Dermstore.com (2020). Diakses pada 20 Agustus 2020. The Different Types of Face Cleansers, Decoded
    Berita Terkait
    register-docotr