Kulit & Perawatan Tubuh

Ternyata Ini Cara Ampuh Hindari Kulit dari Penuaan Dini

August 8, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Seiring bertambahnya usia, setiap orang pasti akan mengalami kerutan di wajah. Namun proses penuaan dini dapat dihindari dengan perawatan yang baik dan benar. Berikut ini tips meremajakan kulit. 

Tips meremajakan kulit 

Meremajakan kulit tidak harus melalui perawatan dan operasi yang mahal. Cukup dengan cara yang baik dan dilakukan secara teratur mengikuti beberapa prosedur sederhana, kulitmu dapat terlihat lebih cerah dan kencang, serta tampak muda. 

Caranya pun cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah loh seperti dilansir dari Imperfect Woman:

1. Rajin bersihkan wajah 

Demi menghindari penuaan dini, sangat disarankan untuk menggunakan pembersih yang bebas sabun karena pemakaian sabun cenderung akan mengeringkan kulit. 

Penting bagi kamu untuk mengetahui jenis kulit sebelum memilih produk perawatan kulit ya. Sebaiknya gunakan produk yang cocok sesuai dengan jenis kulitmu.

Baca juga: Wajib Tahu, Benarkah Exfoliation Berbahaya Bagi Kulit?

2. Exfoliation

Cara ini yaitu proses pengelupasan kulit dan penting untuk diketahui bahwa harus dilakukan setelah membersihkan kulit. 

Exfoliation ini untuk menghilangkan sel-sel mati, dan kotoran sehingga mereka dapat diganti dengan sel-sel baru. Namun, pastikan kamu tidak melakukan cara ini secara berlebihan.

3. Gunakan pelembab

Setelah melakukan exfoliation, segera gunakan pelembab saat kulit masih basah. Gunakan pelembab yang mengandung lidah buaya dan ekstrak antioksidan alami. 

Caranya oleskan pelembab dan pijatan untuk mengencangkan otot-otot wajah. Tujuannya untuk membawa nutrisi penting ke permukaan kulitmu. 

4. Pakai sunscreen

Perlindungan terhadap sinar matahari adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kulit agar terhindar dari penuaan dini. 

Berikut ini cara sinar UV matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit:

  • Memecah kolagen dan menyebabkan kelainan pada elastin, menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan keriput
  • Menyebabkan pigmen kulit tidak merata untuk berkembang

Jadi sangat disarankan untuk gunakan sunscreen atau krim tabir surya. Sebenarnya krim seperti ini bukan hanya untuk digunakan saat di pantai, tetapi juga digunakan setiap hari. 

Pemakaian krim tabir surya yang memiliki SPF 30 dapat memudarkan bintik-bintik penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan kerutan hingga 20 persen hanya dalam tiga bulan. 

Dilansir dari Healthline, para peneliti berpendapat bahwa tabir surya memiliki kemampuan regeneratif yang kuat. 

5. Konsumsi makanan sehat

Melansir penjelasan dari Imperfect Women, kulit akan menjadi cantik secara alami jika kamu mengonsumsi makanan sehat dan menjaga tubuh dengan benar.

Oleh karena itu makan makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu kulit untuk memperbaharui dan memperbaiki dengan sendirinya atau secara alami. 

Makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi sebaiknya mengandung vitamin A, C, B, E, dan mineral seperti selenium, tembaga, dan seng untuk membantu peremajaan kulit dari dalam.

Makanlah apel, tomat, delima, blueberry, stroberi, acai, raspberry, wortel, dan brokoli. Namun jika kamu bukan vegetarian, bisa mengonsumsi ikan berminyak yang dianggap kaya omega-3.

Tak ketinggalan juga konsumsi jenis kacang-kacangan. Terakhir untuk ditaati yaitu jauhi gula, gorengan, dan makanan cepat saji ya.

6. Minyak esensial

Minyak esensial tertentu juga membantu dalam peremajaan kulit, terutama dalam jangka panjang.

Tips meremajakan kulit lainnya

Kulit harus dirawat secara teratur. Jagalah kulitmu agar tetap sehat dan lembut, selain melakukan beberapa cara di atas tak ketinggalan untuk rajin minum banyak air.

Perhatikan juga waktu tidurmu, pastikan kamu tidur teratur dan dengan durasi yang cukup. Ketika tidur, sel-sel pada kulitmu mengalami proses perbaikan secara alami.

Kurangi juga tingkat stres atau berlebihan memikirkan suatu hal. Cara ini tak hanya membantu kamu mengalami penuaan dini pada kulit tetapi juga akan bermanfaat bagi kesehatanmu secara keseluruhan.

Kamu bisa menghilangkan stres dengan lakukan jalan-jalan di alam. Udara segar dan olahraga akan membuat kamu merasa baik dan kulit pun terlihat lebih segar.

Kiat terpenting adalah memiliki sikap positif dan jiwa muda. Jika kamu merasa tua, tentu saja kamu akan bertindak tua dan akan terlihat lebih tua. Karena itu, terus ingatkan otak tentang seberapa muda dirimu. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 4 Agustus 2020. 6 Anti-Aging Tips That’ll Transform Your Beauty Routine
  2. Imperfectwomen.com (2019) diakses 4 Agustus 2020. Tops Tips For Skin Rejuvenation
  3. Everydayhealth.com (2016) diakses 4 Agustus 2020. 7 Anti-Aging Tips for Your Skin  
    register-docotr