Kulit & Perawatan Tubuh

Paparan Sinar Matahari Berlebih Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Mencegahnya

September 18, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ketika munculnya keriput pada usia yang tergolong muda, tentu menjadi suatu hal serius yang membuat kamu tidak percaya diri. Karena ini bisa jadi pertanda mulainya penuaan dini.

Namun tak perlu khawatir, berikut beberapa tips untuk mencegah penuaan dini, khususnya yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih.

Baca juga: Ragam Manfaat Antioksidan: Sehatkan Jantung hingga Cegah Penuaan Dini!

Tips mencegah penuaan dini akibat sinar matahari

Tidak ada yang salah dengan memiliki kerutan. Beberapa garis wajah bisa membuat dirimu tampak menawan dan menambah karakter pada wajah. Tetapi bukan rahasia lagi bahwa banyak dari kita lebih suka membiarkannya tetap terkendali.

Tanpa intervensi medis atau bedah, mungkin sulit untuk membalikkan tampilan keriput setelah kamu memilikinya. Namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dan perubahan gaya hidup  untuk memperlambat penuaan dini terjadi.

Berikut beberapa tips pencegahan penuaan dini seperti dilansir dari Healthline:

1. Perlindungan dari sinar matahari

Fakta umum bahwa paparan sinar matahari dapat merusak kulit menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Demi melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV), sangat penting untuk menggunakan tabir surya yang memiliki SPF antara 30 dan 50 setiap hari, bahkan saat mendung. Sinar UV masih bisa menembus awan, jadi jangan melewatkan tabir surya hanya karena cuaca sedang mendung. 

Tak hanya itu saja, untuk perlindungan ekstra kenakan topi bertepi lebar, pakaian berwarna terang yang memantulkan sinar matahari, dan kacamata hitam dengan pelindung UV.

2. Gunakan retinoid

Retinoid, yang berasal dari vitamin A adalah salah satu bahan anti-penuaan yang paling banyak digunakan. Kadang-kadang disebut sebagai retinol, retinoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen, yang membantu mengencangkan kulit.

Retinoid juga mendorong regenerasi kulit dan pembentukan pembuluh darah baru, yang dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Ada lima jenis retinoid utama, masing-masing dengan tingkat potensi yang sedikit berbeda. Beberapa tersedia dalam bentuk krim dan gel yang dapat kamu beli secara bebas, sementara yang lain hanya tersedia dengan resep dokter.

Dokter kulit menyarankan untuk memulai dengan jumlah dosis pemakaian kecil untuk menguji toleransi kulitmu terhadap produk, dan menggunakannya setiap hari untuk menghindari pengelupasan.

Bicaralah dengan dokter kulit untuk mengetahui pilihan mana yang tepat untuk mencegah penuaan dini. 

3. Gunakan pelembap

Pelembap bertindak seperti minuman air untuk wajah. Pelembap membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Ini sangat penting saat kamu mulai menua dan kulit menjadi lebih kering. Jika kondisi kulit kering, hal itu yang membuatnya rentan terhadap kerutan.

Perlu kamu ketahui bahwa menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat dan vitamin C sangat efektif untuk mencegah pembentukan kerutan. Sebaiknya tanyakan kepada dokter kulit rekomendasi produk perawatan kulit yang cocok untukmu.

4. Tetap terhidrasi

Air minum penting untuk kesehatan yang baik. Tubuh membutuhkan air untuk hampir semua fungsi yang dilakukannya.

Selain fungsi vital seperti membuang racun dari tubuh, membantu pencernaan, dan mengatur suhu tubuh, air juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi secara alami dari dalam.

Perlu kamu ketahui, seperti dilansir dari Healthline, bahwa masukan air yang lebih tinggi dapat berdampak pada hidrasi kulit, dan secara positif dapat memengaruhi fisiologi kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

5. Konsumsi banyak vitamin

Kamu mungkin pernah mendengar pepatah, “Kamu adalah apa yang kamu makan”. Dalam hal usia kulit, hal ini benar adanya.

Melansir penjelasan dari Healthline, wanita yang pola makannya mengandung banyak daging merah dan camilan tidak sehat cenderung memiliki lebih banyak kerutan di wajah. Sebaliknya ini tidak terjadi pada wanita yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Makanan yang tinggi sifat anti-inflamasi atau antioksidan juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi dari kerusakan kulit dan penuaan dini.

Beberapa makanan dan minuman dengan kualitas ini antara lain:

  • Teh hijau
  • Minyak zaitun
  • Ikan salmon
  • Alpukat
  • Buah delima
  • Biji rami
  • Sayuran, terutama wortel, labu, sayuran berdaun hijau, paprika, dan brokoli.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 17 September 2020. 8 Proven Ways to Prevent Wrinkles
  2. Webmd.com (2012) diakses pada 17 September 2020. 10 Ways to Slow the Aging Process
  3. Aad.org (2020) diakses pada 17 September 2020.  11 WAYS TO REDUCE PREMATURE SKIN AGING 
    register-docotr