Kulit & Perawatan Tubuh

Minyak Berlebih di Wajah Terasa Menganggu? Tenang, Atasi dengan Cara Ini!

November 3, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Merasa terganggu dengan kulit wajah berminyak? Tak usah khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak di wajah dengan mudah lho, apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

Baca juga: Punya Kulit Wajah Berminyak? Tenang, Atasi dengan Cara Ini!

Penyebab produksi minyak berlebih di wajah

Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit. Sebum sendiri adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak.

Sebenarnya, sebum sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, ini dapat membantu melindungi dan melembapkan kulit. Meskipun demikian, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit wajah berminyak, pori-pori tersumbat, atau bahkan jerawat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, di antaraya adalah:

  • Genetik
  • Usia
  • Lingkungan
  • Pori-pori wajah yang besar
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang salah
  • Terlalu berlebihan menggunakan produk perawatan kulit
  • Tidak menggunakan pelembap

Cara mengurangi minyak di wajah

Kulit wajah yang berminyak terkadang dapat menganggu penampilan serta membuatmu tidak percaya diri. Namun tenang, karena kamu bisa mengurangi minyak di wajah dengan cara berikut ini.

1. Mencuci muka secara rutin

Mencuci muka adalah hal yang penting, tak hanya dapat membuat kulit wajah menjadi bersih, tetapi ini juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah lho!

Jika kulit wajahmu berminyak, setidaknya kamu harus mencuci muka sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari, janganlah mencuci muka dengan berlebihan.

Kamu juga disarankan untuk mencuci muka ketika sedang berkeringat banyak, seperti sesudah berolahraga. Jangan lupa juga untuk membersihkan make up sebelum kamu tidur ya.

Nah, berikut ini adalah metode mencuci muka yang harus kamu perhatikan:

  • Cuci muka dengan sabun yang lembut dan air hangat
  • Hindari sabun cuci muka yang mengandung pewangi, pelembap tambahan, atau bahkan bahan kimia keras, sebab ini dapat mengiritasi serta membuat kulitmu kering
  • Hindarilah penggunaan handuk yang kasar, karena gesekan yang keras dapat merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak

2. Gunakan kertas minyak

Menggunakan kertas minyak adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak di wajah.

Perlu kamu tahu, kertas minyak tidak dapat mengatasi produksi sebum di kulit, tetapi ini dapat digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dari wajah sehingga dapat membantu meminimalkan kulit wajah yang berkilau dan berminyak.

Cara menggunakan kertas minyak pun sangat mudah, kamu hanya perlu menempelkan kertas minyak ke wajah dan diamkan selama beberapa detik untuk menyerap minyak.

Ingat, jangan menggosok kertas minyak di wajah ya, karena melakukan hal ini dapat menyebarkan minyak ke area yang lain.

3. Mengurangi minyak di wajah dengan menggunakan masker

Salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan untuk mengurangi minyak di wajah adalah menggunakan masker. Beberapa kandungan masker wajah dapat mengurangi kulit berminyak, seperti bahan-bahan berikut ini:

  • Clay: Masker yang mengandung mineral seperti smektit atau bentonite dapat menyerap minyak serta mengurangi kilau kulit dan kadar sebum tanpa mengiritasi kulit. Untuk mencegah kulit menjadi kering, sebaiknya gunakanlah hanya sesekali saja, dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembap setelah menggunakan maske.
  • Madu: Studi pada 2011 melaporkan bahwa madu alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik yang baik. Menggunakan masker wajah dari madu alami selama 10 menit dapat mengurangi jerawat serta kulit berminyak. Selain itu, langkah ini juga dapat menjaga kulit tetap lembut.
  • Oatmeal: Bahan dapat membantu menenangkan kulit yang meradang serta menyerap minyak berlebih di wajah. Tak hanya itu, oatmeal juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah.

4. Jangan lupakan pelembap

Kadang kala, pemilik kulit berminyak menghindari penggunaan pelembap karena takut kulit mereka terlihat lebih berminyak. Padahal penggunaan pelembap yang tepat dapat bermanfaat bagi jenis kulit berminyak lho.

Meskipun kulit wajahmu berminyak, sangat penting untuk mengoleskan pelembap agar kulit wajah tetap terhidrasi. Perlu kamu tahu bahwa jika kulit kekurangan hidrasi, produksi minyak dapat bekerja secara berlebihan untuk mengimbanginya.

Bagi pemilik kulit berminyak, kamu harus berhati-hati dalam memilih pelembap. Sebaiknya pilihlah pelembap bebas minyak, karena ini dapat membantu menjaga kelembapan serta melindungi kulit wajah tanpa membuat kulit terasa lebih berminyak.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Tips Cari yang Tepat!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak di wajah, mudah bukan? Untuk mengurangi minyak di wajah, kamu juga harus selalu memerhatikan kandungan dari produk perawatan kulit yang akan kamu gunakan serta imbangilah dengan pola hidup sehat ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 26 Oktober 2020. How to Control Oily Skin

Healthline (2018). Diakses pada 26 Oktober 2020. 7 Causes of Oily Skin

Medical News Today (2020). Diakses pada 26 Oktober 2020. Top Six Home Treatments for Oily Skin

Mandal, Manisha Deb, dan Shyamapada Mandal (2011). Honey: Its Medicinal Property and Antibacterial Activity. NCBI (diakses pada 26 Oktober 2020)

    Berita Terkait
    register-docotr