Kulit & Perawatan Tubuh

Bekas Cacar di Wajah Bikin Tidak Percaya Diri? Ini Tips Menghilangkannya

April 21, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Banyak orang berupaya menghilangkan bekas cacar yang mereka miliki, terutama di wajah. Pasalnya, penyakit cacar meninggalkan bekas luka yang terlihat mencolok karena tampilannya yang cekung di permukaan kulit.

Cacar merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan sangat menular. Banyak orang yang mengalami penyakit ini sekali seumur hidup mereka, terutama saat masih kecil. Sayangnya pengalaman tersebut menimbulkan bekas luka, bahkan di wajah.

Menghilangkan bekas cacar di wajah

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka yang ditinggalkan penyakit cacar di permukaan kulit manapun, termasuk wajah:

Minyak rosehip 

Minyak esensial rosehip ini memiliki manfaat penyembuhan karena aktivitas antioksidan dan komposisi fitokimia yang terkandung di dalamnya. Fitokimia yang teradapat di dalam minyak rosehip termasuk asam ascorbic dan asam lemak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetics, Dermatological, Sciences and Applications menyebut kamu harus mengaplikasikan minyak rosehip langsung ke bekas luka paling baru setidaknya 2 kali sehari dalam 12 pekan untuk meningkatkan tampilan kulit.

Seperti minyak esensial lainnya, kamu pun harus mencairkan minyak rosehip sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit. Hal ini untuk menghindari adanya efek samping yang merugikan.

Baca juga: Mengenal Manfaat Minyak Rosemary dan Cara Pakainya

Krim retinol

Kamu bisa menggunakan krim retinol untuk menghilangkan bekas cacar di wajah. Retinol sering ditemui dalam produk-produk perawatan wajah.

Retinol merupakan senyawa turunan vitamin A yang kuat yang sudah terbukti dapat memacu produksi kolagen. Salah satunya terdapat dalam penelitian di Indian Dermatology Online Journal

Penelitian tersebut mencoba melihat efek dari kombinasi retinol dan asam glycolic terhadap bekas jerawat. Hasil penelitian tersebut menemukan adanya 90 persen partisipan yang mengalami peningkatan karena metode perawatan luka ini.

Untuk menggunakannya, aplikasikan krim retinol ke bekas cacar setiap malam sebelum tidur untuk menstimulasi kolagen di area yang luka.

Eksfolian

Produk eksfolian akan menyingkirkan sel kulit lama dan menyediakan ruang baru untuk kulit yang lebih muda dan enak dilihat. Eksfoliasi bekas cacar di wajah dapat membantu menyingkirkan kulit yang kasar dan berpigmen.

Ada dua tipe eksfoliasi, yaitu secara mekanis dan kimiawi. Untuk mekanis, kamu bisa gunakan scrub wajah, sikat dan alat lainnya. Gunakan secara langsung ke bekas cacar di wajah dalam gerakan yang memutar setiap tiga hari sekali.

Sementara untuk eksfolian kimiawi, kamu bisa gunakan losion yang menghasilkan reaksi kimia untuk menghilangkan lapisan atas kulit. Aplikasikan eksfolian ini langsung ke bekas cacar sesering yang diinstruksikan produk tersebut.

Lembar silikon

Lembar silikon merupakan lembaran yang bisa diaplikasikan untuk bekas luka secara harian dalam waktu yang sudah ditentukan. Biasanya dibutuhkan waktu 6 bulan untuk pemakaiannya.

Lembaran ini membantu kamu menghidrasi jaringan bekas cacar dan menghilangkannya.

Filler

Filler merupakan cara menghilangkan luka bekas cacar di wajah secara medis. Cara ini bisa membentuk kembali jaringan kulit yang terdampak oleh cacar. 

Dokter akan menyuntikkan material aman seperti lemak atau asam hyaluronic ke bekas luka untuk mengisi lekukan di kulit yang disebabkan cacar.

Karena filler bisa meluruh seiring waktu, maka pengobatan berulang perlu dilakukan. Biasanya kamu perlu melakukan suntik ini setiap 6 bulan sekali.

Microneedling

Microneedling. Foto: shutterstock.com

Prosedur medis yang satu ini tergolong baru. Setelah anestesi diberikan ke wajah, maka dokter akan mengaplikasikan alat ini maju mundur di wajah. Jangan panik, karena memang akan ada perdarahan kecil dalam prosedur ini.

Microneedling menstimulasi produksi kolagen dan membuat kulit menjadi terlihat lebih lembut. Prosedur ini perlu dilakukan beberapa kali dan membutuhkan waktu beberapa bulan agar hasilnya terlihat.

Microdermabrasion

Microdermabrasion. Foto: shutterstock.com

Microdermabrasion adalah sebuah proses yang menggunakan sikat yang berputar secara cepat untuk menyingkirkan lapisan atas kulit. Alat ini lebih maju daripada prosedur lamanya, dermabrasion, karena bisa masuk ke jaringan yang lebih dalam.

Kedua cara ini sangat efektif menghilangkan bekas luka. Dermabrasion dapat menghilangkan permukaan luka dengan lebih sempurna dan meningkatkan penampilan luka yang dalam secara signifikan.

Demikianlah berbagai cara tentang cara menghilangkan bekas cacar di wajah yang bisa kamu pilih. Selalu praktikkan metode yang aman bagi kulit, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 17 April 2021. How to Remove Chicken Pox Scars in Adults and Children
  2. MedicalNewsToday, diakses 17 April 2021. Chickenpox scar removal: Treatments and home remedies
  3. National Library of Medicine, diakses 17 April 2021. Chickenpox scar removal: Treatments and home remedies
  4. Scirp.org, diakses 17 April 2021. Evolution of Post-Surgical Scars Treated with Pure Rosehip Seed Oil
    register-docotr