Kulit & Perawatan Tubuh

Manfaat Sperma untuk Wajah: Mitos Atau Fakta?

December 16, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Manfaat sperma untuk wajah masih diragukan. Meskipun sebagian orang berpendapat kalau sperma dapat menghilangkan kerutan, namun nyatanya masih belum ada kajian ilmiah mengenai pendapat tersebut.

Seorang pakar perawatan wajah, Chelsee Lewis, dalam laman dailymail menyebut kalau sperma dapat membantu menghilangkan kerutan.

Kendati demikian, belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung pendapat Chelsee tersebut. Bahkan, laman kesehatan Healthline justru menyebut kalau tindakan itu dapat mendatangkan alergi serta penyakit menular seksual.

Manfaat sperma untuk mengurangi kerutan di wajah

Sebagaimana dikatakan oleh Chelsee dalam laman dailymail, menggunakan masker sperma dapat mengurangi kerutan dan efek penuaan di kulit wajah. Ia mengatakan salah satu komponen yang berpengaruh adalah spermine atau antioksidan dalam sperma. Spermine sendiri berasal dari spermidine.

Sementara, kajian yang diterbitkan dalam Nature Cell Biology menunjukkan spermidine yang disuntikkan langsung ke sebuah sel akan melambatkan proses penuaan sel tersebut.

Meski demikian, belum ada kajian yang dapat menjelaskan efek mengoleskan sperma langsung ke kulit. Oleh karena itu, tetaplah berpegang pada kajian yang sudah terbukti.

Apakah sperma bisa membantu menghilangkan jerawat?

Situs kesehatan Healthline menyebut kalau potensi sperma untuk melawan jerawat tak lebih merupakan mitos belaka. Tidak jelas dari mana ide ini berasal, namun yang pasti kegunaan yang satu ini masih tidak diketahui.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin melawan jerawat, kamu bisa gunakan obat di apotek yang bisa kamu beli tanpa resep (over the counter). Pilihlah produk-produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Apakah kandungan protein sperma baik untuk wajah?

Benar bahwa semen mengandung 200 protein terpisah. Meski demikian, jumlahnya yang jika dirata-ratakan hanya mencapai 5,040 mg per 100 ml masih belum memberikan perbedaan mencolok.

Jika dilihat dalam kacamata nilai kecukupan gizi, angka tersebut hanya berjumlah 5 gram. Sementara, perempuan membutuhkan 46 gram protein per hari dan laki-laki butuh sekitar 56 gram per hari.

Memang beberapa produk kecantikan memasukan protein dalam bentuk peptida untuk menghilangkan kerutan. Akan tetapi, kandungan ini tidak akan berpengaruh signifikan jika tidak dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Manfaat kandungan zinc sperma untuk wajah

Semen mengandung 3 persen asupan zinc harian kamu. Biasanya perempuan membutuhkan zinc sebesar 8 mg per hari, sementara laki-laki membutuhkan 11 mg per hari. 

Zinc sendiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kulit. Situs kesehatan Healthline menyebut efek antiinflamasi zinc telah terbukti, begitupun dengan kemampuannya memperbaiki sel dan kemampuan produksi kolagen.

Kendati, manfaat ini lebih terasa ketika zinc dikonsumsi secara oral dan juga mengaplikasikannya ke kulit. Kamu bisa menambah asupan zinc lewat suplemen, tapi juga mengonsumsi kacang, susu hingga gandum utuh.

Sementara untuk mengoleskan sperma langsung ke wajah tidaklah dianjurkan karena tidak ada kajian ilmiah mengenai hal tersebut.

Bahaya mengoleskan sperma ke wajah

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, mengoleskan sperma ke wajah tanpa kamu tahu manfaatnya dengan benar akan menimbulkan reaksi alergi yang berat hingga penyakit menular seksual.

Beberapa penyakit itu di antaranya adalah:

  • Dermatitis atopik: Salah satu bentuk reaksi alergi yang bisa timbul karena kandungan protein di dalam semen
  • Penyakit menular seksual: Semen bisa menyebarkan infeksi lewat membran mukosa yang berada di bibir, rongga hidung dan mata kamu

Demikianlah berbagai manfaat sperma untuk wajah yang sayangnya belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Karena itu, jangan mencoba hal yang belum terbukti ini, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Berita Terkait
register-docotr