Kulit & Perawatan Tubuh

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

May 31, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Minyak zaitun populer untuk perawatan rambut. Manfaat minyak zaitun untuk rambut di antaranya adalah menambah kilau, menebalkan, dan menstimulasi pertumbuhan.

Lantas, kandungan apa yang membuat minyak zaitun bisa begitu bermanfaat untuk kesehatan rambut? Bagaimana cara mengaplikasikannya agar mendapat manfaat tersebut? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu minyak zaitun

manfaat-minyak-zaitun-untuk-rambut
Minyak zaitun. Sumber Foto : https://www.goodfood.com.au/

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang didapat dari perasan buah zaitun. Beberapa negara yang terkenal sebagai produsen minyak zaitun adalah Spanyol, Italia, dan Yunani.

Minyak zaitun biasanya berwarna kuning muda atau hijau muda. Minyak zaitun kaya akan kandungan asam lemak dan antioksidan.

Kandungan ini dipercaya bisa memberikan manfaat pada rambut. Mulai dari melembabkan, menambah kilau, menebalkan rambut, mencegah kerontokan, bantu perbaiki rambut bercabang, dan lain-lain.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun yang harus kamu tahu:

1. Menguatkan dan menambah kilau rambut

Minyak zaitun mampu menembus helai rambut dan menutrisinya dari dalam dan mengunci kelembapan rambut. Rambut yang lembap dan tidak kering akan menimbulkan efek kilau yang alami.

Selain itu, asam lemak dari minyak zaitun juga bisa memperkuat rambut dari akar rambut sampai ke ujungnya. Rambut yang kuat ini bisa membantu untuk kamu yang memiliki masalah kerontokan.

2. Melembutkan dan merangsang pertumbuhan rambut

Selain menguatkan, minyak zaitun juga mampu membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Efek lembap dan lembut ini didapat karena kemampuan minyak zaitun dalam mengunci kelembapan. 

Rambut yang lembut pastinya akan membuat efek lebih mudah diatur. Tak hanya itu rambut juga jadi lebih cepat tumbuh, lebih tebal, dan lebih padat.

3. Manfaat minyak zaitun untuk rambut berketombe

Masalah ketombe memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, maka dari itu kamu tetap harus menemukan akar permasalahannya agar bisa mengatasinya dengan tuntas.

Sementra itu, minyak zaitun memang bisa melunakkan ketombe. Menggunakan minyak zaitun pada kulit kepala juga membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan yang terkait dengan ketombe.

4. Manfaat minyak zaitun untuk rambut bercabang

Cara terbaik untuk mengatasi rambut bercabang memanglah dengan memotongnya secara langsung. 

Sementara itu minyak zaitun bisa berperan sebagai pertahanan untuk menjaga rambut bercabang dengan memelihara dan melembutkan rambut kamu.

Cara memilih minyak zaitun yang bagus

Pilihan terbaik adalah jenis minyak zaitun ekstra virgin alias extra-virgin olive oil. Minyak zaitun jenis ini belum ditambahkan berbagai zat aditif atau pengotor yang tidak diinginkan.

Untuk memastikan kemurnian minyak zaitun kamu bisa melakukan percobaan dengan cara menempatkan beberapa sendok teh minyak zaitun ke dalam mangkuk lalu taruh di lemari es.

Setelah itu tunggu hingga 24 jam. Minyak zaitun murni biasanya akan berubah jadi padat. Sedangkan minyak zaitun yang sudah tercampur dengan bahan lain akan tetap cair.

Jangan pernah gunakan minyak zaitun yang sudah berbau tengik. Bisa jadi minyak zaitun itu sudah tua dan tidak bagus lagi.

Baca juga : Bukan Cuma Menyehatkan, Ini Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Tips menggunakan minyak zaitun

Di internet kamu akan dengan mudah menemukan rekomendasi menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari hair care routine. Namun hingga saat ini belum ada studi yang meneliti metode spesifik yang bagus untuk dilakukan.

Tips di bawah ini bisa saja cocok untuk satu individu dan tidak pada individu lain, tergantung kondisi rambut mereka. Tapi tak perlu khawatir karena penggunaan minyak zaitun alami tidak akibatkan dampak berbahaya bagi tubuh. 

Berikut tips penggunaan minyak zaitun sebagai masker rambut yang bisa kamu coba:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, tidak perlu terlalu banyak. Pastikan cukup untuk mengolesi permukaan kulit kamu.
  • Gosok-gosokkan minyak zaitun di telapak tangan hingga hangat.
  • Setelah itu oleskan pada kulit kepala atau bagian rambut yang kering.
  • Pijat secara lembut utamanya pada area akar rambut. Oleskan Juga secara merata pada bagian rambut yang bercabang.
  • Selanjutnya tutup dengan hair cap kurang lebih selama 15 menit.
  • Terakhir bilas rambut dengan keramas menggunakan shampo untuk menghilangkan minyaknya. Bisa 1 sampai 2 kali sampai minyaknya hilang dari rambut. 

Kamu tidak perlu melakukan perawatan ini setiap hari. Cukup melakukan 1 sampai 2 kali per bulan. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline. Diakses pada 26 Mei 2020. How to Use Olive Oil for Hair Care.

Leaf. Diakses pada 26 Mei 2020. Benefits of Olive Oil for Hair.

    register-docotr