Kulit & Perawatan Tubuh

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

July 15, 2020 | Arianti Khairina
no-image

Banyak orang pasti akan melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Namun, sering dilupakan bahwa ada juga bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambut seperti kemiri. Berikut ini manfaat minyak kemiri untuk rambut: 

Apa itu minyak kemiri? 

Dilansir dari Healthline, minyak kemiri adalah cairan yang diekstraksi dari kemiri. Bahan alami ini memang sering digunakan untuk perawatan rambut bahkan menjadi bahan utama beberapa produk. 

Kemiri sendiri sangat membantu dalam pertumbuhan rambut karena mengandung gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral.

Selain digunakan untuk perawatan rambut, kemiri juga biasa digunakan untuk memasak, digunakan sebagai aromaterapi, hingga sebagai minyak untuk pijat. 

Selain itu, minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai produk perawatan kulit. Kemiri mengandung vitamin yang memberi nutrisi dan asam lemak esensial untuk membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan produksi kolagen.

Baca juga: Agar Lebih Berkilau, Ini 8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Manfaat minyak kemiri untuk rambut

Tak perlu susah-susah untuk merawat rambut, kamu bisa gunakan bahan alami seperti kemiri dan mengolahnya sendiri di rumah. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kemiri ini dengan mudah di berbagai supermarket, karena banyak orang juga sering menggunakan sebagai bumbu dapur. Berikut ini beberapa manfaat kemiri untuk rambut: 

1. Mengatasi rambut rontok

Minyak kemiri mampu meremajakan dan melembabkan rambut secara alami. Hal tersebut karena minyak kemiri mengandung protein dan mineral yang mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujungnya. 

Caranya pun cukup mudah, berikan pijatan secara lembut dengan minyak kemiri di atas kulit kepala dan rambut untuk membantu meringankan kondisi rambut yang kering dan rusak.

Tujuan pijatan ini untuk menumbuhkan kembali rambut, kelembutan, dan membuat rambut lebih berkilau. Cara ini juga membantu mengusir ketombe dan rambut rontok.

2. Membantu pertumbuhan rambut

Sebagian orang akan mengalami kebotakan, tetapi tak perlu khawatir kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi hal tersebut lho. 

Minyak kemiri mampu merangsang kembali pertumbuhan rambut. Penggunaannya pun dapat kamu lakukan secara rutin demi mencegah kembalinya rambut rontok. Tak hanya itu saja, minyak kemiri juga dapat membantu rambut tumbuh dengan kuat dan sehat.

3. Mengurangi peradangan 

Manfaat lainnya dari kemiri adalah mengurangi peradangan yang disebabkan karena ketombe. Hal tersebut karena kemiri mengandung asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh. Tujuan dari kandungan tersebut sebagai anti-inflamasi. 

Tak hanya itu saja, kandungan asam lemak tak jenuh itu juga diketahui sangat efektif untuk mengurangi peradangan kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. 

Penggunaannya cukup mudah, kamu oleskan minyak kemiri pada kulit kepala secara menyeluruh. Kemudian pijat dengan lembut selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan cara ini secara rutin ya. 

4. Rambut lebih berkilau

Perlu kamu ketahui, bahwa kemiri juga tak kalah dengan beberapa produk perawatan rambut yang sering kamu jumpai. Dengan bahan alami saja, kemiri ternyata sudah mengandung asam gamma-linoleic

Fungsi dari kandungan tersebut yaitu sebagai conditioner alami bagi rambut yang mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga tampak lebih berkilau.

5. Atasi psoriasis

Bagi sebagian orang pasti pernah mengalami masalah kulit kepala yang kering. Salah satunya seperti mengalami psoriasis. Jika kamu mengalami hal tersebut biasanya akan merasakan beberapa gejala seperti kulit bersisik, gatal, dan rambut mengalami kerontokan yang parah. 

Demi mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk membuat kulit kepala tampak lebih lembap, mengurangi rasa gatal, dan juga meringankan peradangan yang terjadi. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Naturallycurly.com (2016) diakses 10 Juli 2020. Benefits of Hazelnut Oil for Moisture Retention
  2. Healthline.com (2019) diakses 10 Juli 2020. 9 Reasons to Use Hazelnut Oil for Your Skin 
  3. Purearomaoils.com (2013) diakses 10 Juli 2020. Grab the Benefits of Hazelnut Oil for Healthy Hair and Skin

 

    Berita Terkait
    register-docotr