Kulit & Perawatan Tubuh

Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

October 2, 2020 | Bernadette Anya | dr. Vivi Puspita Hartono
feature image

Selain nikmat dikonsumsi, madu juga memiliki berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan lho.

Madu sendiri juga ada beberapa jenisnya mulai dari madu biasa yang berwarna kekuningan, madu putih, dan madu hitam.

Untuk tahu berbagai jenis madu serta khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, simak pembahasan berikut ini ya.

Jenis-jenis madu yang populer

Ada beberapa jenis madu yang populer di kalangan masyarakat. Selain madu biasa yang berwarna kekuningan, ada juga madu hitam dan madu putih.

Seperti apa sih penampakan ketiganya? Serta apa saja manfaat dan khasiat dari madu hitam dan madu putih? Ini penjelasannya

1. Madu hitam

Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang berasal dari nektar bunga mahoni. Berbeda dengan madu biasa yang berwarna kekuningan dan manis, madu hitam punya cita rasa pahit.

Nah, rasa pahit ini berasal dari dari nektar bunga pohon Mahoni yang mengandung zat alkaloid tinggi yang berfungsi sebagai anti infeksi.

Manfaat madu hitam

Madu hitam mengandung banyak nutrisi penting seperti saponin, flavonoid, kromium, alkaloid, dan hemoglobin.

Berbagai kandungan ini membuat madu hitam punya banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sumber yang kaya antioksidan
  • Menstabilkan kadar gula darah
  • Mengatasi asma
  • Baik untuk kesehatan tulang
  • Menghilangkan black spot di wajah
  • Meringankan nyeri haid 
  • Mengobati maag
  • Mengurangi perasaan stres

Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Madu Hitam, Si Pahit yang Punya Banyak Khasiat bagi Kesehatan

2. Madu putih

Madu putih adalah jenis madu yang khas dari daerah sumbawa. Warnanya seperti susu kental manis dan memiliki kekentalan berbeda ketimbang madu biasa.

Di Sumbawa, madu putih dihasilkan oleh lebah-lebah yang diternak dekat dengan sarang burung walet. Di luar negeri juga ada lho madu putih.

Biasanya madu putih dihasilkan dari nektar bunga alfalfa, fireweed, sage, dan daun semanggi. Ada pula jenis madu putih yang lebih langka yang dihasilkan dari pohon kiawe di Hawaii.

Manfaat madu putih

Madu putih juga punya manfaat dan khasiat yang tak kalah dari berbagai jenis madu lainnya. Berikut beberapa manfaat madu putih untuk kesehatan kamu:

  • Sumber kaya antioksidan
  • Membantu mengatasi batuk
  • Bantu proses penyembuhan luka
  • Mengatasi masalah pencernaan seperti diare
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat madu untuk kecantikan wajah

Berbagai penelitian modern semakin mengembangkan khasiat madu ini untuk kesehatan tubuh dan perawatan kulit yang cukup sensitif.

Nah, apa saja sih manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan wajah? Berikut pembahasannya satu per satu.

1. Membantu menghilangkan jerawat

Kandungan di dalam madu memiliki manfaat untuk mencegah serta menghilangkan jerawat. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Bagi wanita yang memiliki kulit berjerawat mungkin sudah tidak asing dengan informasi bahwa madu memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkannya. Jerawat dapat muncul pada kulit saat terjadi sumbatan pada pori-pori kulit yang kemudian terinfeksi bakteri.

Madu memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mencegah serta menghilangkan jerawat serta komedo secara alami. Sifat anti inflamasinya juga akan membantu meredakan kulit dengan bercak kemerahan hingga bengkak akibat jerawat.

Untuk menghilangkannya cukup gunakan madu murni pada area kulit berjerawat. Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air.

2. Menghidrasi kulit

Madu merupakan senyawa humectant alami yang bersifat menarik air dari udara dan mempertahankannya di lapisan kulit sehingga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya tetap lembut dan lentur.

Manfaat madu untuk kesehatan salah satunya untuk menghidrasi kulit dan meringankan iritasi yang muncul akibat kulit kering. Cara penggunaanya dapat menggunakan madu murni sebagai masker maupun produk masker yang berbahan madu agar tetap menjaga kulit sehat terhidrasi. 

3. Khasiat madu sebagai pelembab

Karena memiliki senyawa humectant  alami dan memiliki enzim, madu berfungsi dalam menghidrasi kulit dan menjaga kelembabannya.

Hal ini membuat madu lebih mudah meresap di kulit sehingga efeknya tetap terasa meskipun sudah dibersihkan.

Cara menerapkannya yaitu dengan mengaplikasikan 1 sendok madu sebagai pelembab wajah dan biarkan teraplikasi pada wajah selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. 

4. Manfaat madu sebagai eksfoliator

Daripada membeli eksfoliator yang beredar di pasaran, mending pakai saja madu. Caranya cukup mudah hanya dengan mengkombinasikan baking soda, campurkan dua sendok madu dengan satu sendok baking soda.

Kemudian aplikasikan pasta ini pada kulit wajah yang sudah dibasahi sebelumnya, lalu pijat dengan arah melingkar dan cuci hingga bersih setelah beberapa saat. 

5. Menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat

Pernahkah kamu memiliki bekas luka atau bekas jerawat yang ingin sekali dihilangkan? Tak perlu repot-repot ke klinik kecantikan, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan madu.

Hal ini karena madu memiliki sifat antiseptik dan pelembab alami yang ampuh menyembuhkan hingga menghilangkan bekas luka. Kemampuan anti radang atau anti inflamasi madu dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat dan antioksidannya membantu meremajakan kulit yang rusak.

6. Khasiat madu untuk cerahkan kulit secara alami

Madu bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Jika kamu sering mendengar iklan produk kecantikan di TV bahwa madu mampu mencerahkan kulit kusam. Hal ini memang benar, tapi dibanding beli produk kecantikan yang mahal mengapa tidak gunakan saja madu alami?

Dengan kandungan antioksidan yang tidak hanya meremajakan kulit, madu juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan melembabkan kulit secara alami.

Untuk mengaplikasi madu agar mendapatkan manfaat tersebut cobalah campurkan putih telur dengan satu sendok minyak zaitun dan madu. Setelahnya aplikasikan campuran tersebut pada wajah secara merata kemudian diamkan 15 menit.

7. Manfaat madu untuk keriput wajah

Dibandingkan membeli krim anti aging yang mahal, Anda bisa mencoba madu sebagai alternatif ampuh dan alami dalam mengurangi keriput wajah.

Hal ini karena madu memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi dan membuat kulit terlihat muda dan sehat. Pastikan menggunakan madu murni atau masker madu dengan kualitas baik untuk mendapatkan hasil sempurna. 

Seperti yang kita tahu, kulit terutama bagian wajah merupakan bagian tubuh yang sensitif untuk perawatan.

Jadi, menggunakan madu sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan dan kesehatan tentu akan menjadi pilihan yang baik.

Madu untuk anak

Meski punya banyak manfaat untuk kesehatan, bukan berarti kamu bisa memberikan madu untuk anak begitu saja. Madu tidak boleh diberikan untuk anak di bawah 1 tahun.

Karena madu mengandung sesuatu yang disebut endospora aktif dari spesies bakteri yang dikenal sebagai Clostridium botulism, yang dapat menjadi racun dan menyebabkan masalah pada bayi.

Meski memiliki banyak manfaat, sebaiknya jauhkan semua jenis madu dari jangkauan anak di bawah usia satu tahun untuk menghindari kondisi berbahaya.

Manfaat madu untuk lambung

Melansir Dabur, riset menyebutkan acid reflux bisa terjadi karena radikal yang merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan. Mengkonsumsi madu di sini dapat memainkan peran penting karena mengontrol kerusakan dengan menghilangkan radikal bebas.

Berikut beberapa manfaat madu untuk lambung dan pencernaan:

  • Madu mengandung enzim tertentu yang berperan sebagai katalisator dalam proses pencernaan, terutama untuk menguraikan karbohidrat dan gula.
  • Madu membantu atasi diare karena pelepasannya yang lambat dibandingkan gula biasa lainnya, melalui perut dan usus. 
  • Ada beberapa bakteri baik, yang dikenal sebagai flora usus, hadir dalam sistem pencernaan, yang bertanggung jawab atas sistem pencernaan yang baik.
  • Madu mengandung senyawa yang disebut methylglyoxal yang memberikan madu sifat anti bakteri. Ini membantu menyembuhkan infeksi bakteri di perut.
  • Madu membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan yang membantu mencegah penyakit terkait perut di masa depan.

Campuran madu dan jeruk nipis

Salah satu kombinasi penggunaan madu yang populer adalah mencampurnya dengan jeruk nipis atau jeruk lemon. Entah dikonsumsi dalam kondisi hangat maupun dingin.

Selain menyegarkan, ternyata kombinasi madu dan jeruk nipis ini punya beberapa manfaat untuk tubuh kita lho.

Sebab baik madu dan jeruk nipis keduanya sama-sama memiliki efek antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Campuran jeruk nipis dan madu bisa menjadi metode yang efektif untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

Manfaat madu dan jeruk nipis

Berikut beberapa manfaat dari kombinasi madu dengan jeruk nipis yang harus kamu tahu:

  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Pereda batuk
  • Menekan batuk di malam hari
  • Antiinflamasi dan antioksidan
  • Pengobatan anti selulit yang efektif, karena membantu meningkatkan metabolisme tubuh 
  • Bantu diet penurunan berat badan

Manfaat campuran madu dan kunyit

Selain dengan jeruk nipis, ada juga yang mengonsumsi madu dengan mencampurkannya dengan ekstrak kunyit. Kombinasi kunyit dan madu dikenal sebagai Madu Emas dan telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama ribuan tahun. 

Kunyit memiliki senyawa penyembuh yang terkenal bernama kurkumin, yang merupakan polifenol yang diidentifikasi sebagai bahan bioaktif penting di lebih dari 150 aktivitas terapeutik.

Jika dicampur dengan madu, kunyit menjadi obat alami yang tak ternilai harganya untuk berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat madu dan kunyit:

  • Atasi flu dan pilek
  • Bantu atasi gangguan pencernaan
  • Asma
  • Hipertensi
  • Tekanan darah tinggi
  • Turunkan kadar gula darah
  • Artritis
  • Penyakit jantung
  • Kolesterol tinggi
  • Depresi dan kecemasan
  • Radang luka dan luka bakar
  • Eksim, psoriasis dan jerawat
  • Penuaan (melindungi hati dan ginjal)

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat dan khasiat madu? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Reference

https://www.allure.com/story/honey-acne-treatment https://www.healthline.com/health/honey-for-face https://freerangela.com/honey-for-acne-scars/ Parenting Firtstcry. Diakses pada 2 Oktober 2020. Honey for Kids – Health Benefits and Precautions Dabur. Diakses pada 2 Oktober 2020. Honey for Digestion NDTV. Diakses pada 2 Oktober 2020. Honey And Weight Loss: How Are The Two Connected? Livestrong. Diakses pada 2 Oktober 2020. What Are the Benefits of Lime Juice With Honey? Bloom Honey. Diakses pada 2 Oktober 2020. Top 15 Benefits of Turmeric and Honey

    register-docotr