Kulit & Perawatan Tubuh

Atasi Bengkak dan Radang, Ini 9 Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah

July 5, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selain digunakan untuk membuat minuman menjadi lebih segar, tahukah kamu ada juga manfaat es batu untuk wajah? Ya, es batu juga bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari es batu untuk kesehatan kulit wajah, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat es batu untuk wajah

Es batu dikenal dapat memberikan sensasi dingin yang meredakan pembengkakan, kemerahan serta nyeri di wajah. Berikut ragam manfaatnya:

1. Mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata

Lingkaran hitam di sekitar mata seringkali banyak membuat orang kesal karena sulit dihilangkan. Es ternyata dapat membantu menghilangkannya, lho. 

Kamu hanya perlu membekukan campuran cairan jus mentimun dan air mawar. Oleskan campuran yang sudah beku tersebut ke area di bawah mata dan lingkaran hitam itu perlahan akan menghilang.

2. Meredakan jerawat

Es batu dapat membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan nyeri pada jerawat yang meradang. Es batu juga dapat memperlambat peradangan dan meminimalkan pori-pori kulit yang berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

3. Membersihkan pori-pori kulit

Kotoran yang menempel pada pori-pori biasanya membuat kulitmu terlihat lelah dan kusam. Nah, menempelkan es batu ke wajah ternyata dapat juga membersihkan pori-porimu dari kotoran. Kulitmu juga akan terasa lebih sehat dan lebih halus.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Menempelkan es pada kulit wajah adalah cara yang tepat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Es batu akan membuat pembuluh darah mengerut, yang mengakibatkan kulit menerima jumlah darah yang lebih sedikit.

Kemudian darah yang berlebih akan beredar sebagai respons untuk menjaga keseimbangan. Hal ini membuat kulit terlihat lebih hidup dan sehat.

Baca juga: Jenis-jenis Jerawat yang Muncul di Wajah, Sudah Tahukah Kamu?

5. Mengurangi bengkak di bawah mata

Selain lingkaran hitam, es batu juga dapat membantu menghilangkan bengkak atau kantung di bawah mata. Oleskan es batu di daerah kantung mata dan matamu akan kembali terlihat segar.

6. Melembutkan bibir

Es batu juga dapat menenangkan juga melembutkan bibir yang pecah-pecah. Menggunakan es batu pada bibir yang pecah-pecah dibarengi dengan minum air yang cukup akan membantu bibir lebih lembap dan terhidrasi dengan baik.

7. Mengobati sengatan matahari

Es batu yang mengandung lidah buaya akan berguna dengan baik ketika kamu mengalami sengatan matahari yang cukup parah. Es batu dapat mengatasi kemerahan dan peradangan akibat sinar matahari yang membakar kulitmu. 

8. Menghilangkan minyak berlebih

Bila kamu memiliki jenis kulit berminyak, ketahuilah kondisi tersebut memicu munculnya jerawat yang membandel. Menggunakan es batu pada wajah akan membantu mengendalikan minyak dengan menjaga sel-sel lemak pada kulitmu tetap terkendali.

9. Mencerahkan kulit

Saat kulitmu terasa kusam, es batu dapat mengembalikan kecerahan kulitmu secara alami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kulit secara otomatis akan lebih cerah setelah dioleskan dengan es batu.

Cara menggunakan es batu untuk wajah

Untuk mendapatkan manfaat es batu pada wajahmu, kamu bisa menggunakan es batu dengan cara berikut: 

  • Selalu cuci muka sebelum mengaplikasikan es batu
  • Siapkan handuk bersih atau tisu untuk menyeka cairan berlebih yang mungkin menetes dari wajah
  • Sediakan 4-5 buah es batu, lalu bungkus dengan kain katun lembut
  • Gunakan bungkusan es batu tersebut untuk memijat wajah dengan lembut, dengan gerakan memutar selama 1-2 menit
  • Pijatan melingkar dapat dilakukan beberapa kali setiap hari pada bagian rahang, dagu, bibir, hidung, pipi, dan dahi
  • Hindari menggunakan es batu terlalu lama di kulit.

Alternatif bahan es batu untuk wajah

Selain air mineral, kamu dapat membuat beberapa bahan campuran saat membuat es batu untuk wajah seperti:

Lidah buaya

Lidah buaya yang beku dipercaya dapat meringankan rasa terbakar sinar matahari dan jerawat. Jika kamu tidak memiliki lidah buaya beku, kamu juga bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulitmu sebelum melakukan sebelum menerapkan es biasa pada wajah.

Teh hijau

Kandungan katekin dalam teh hijau dipercaya sebagai antivirus dan antibakteri. Menggunakan es batu yang terbuat dari teh hijau dapat menggabungkan manfaat es di wajah dengan khasiat teh hijau yang dapat membunuh virus dan bakteri.

Demikian informasi tentang manfaat es batu untuk wajah. Ada yang ingin kamu coba?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr