Kulit & Perawatan Tubuh

Manfaat Bakuchiol untuk Kecantikan, Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan

May 16, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat bakuchiol diketahui lebih unggul dibandingkan dengan retinol karena aman untuk kulit sensitif. Bakuchiol sendiri adalah alternatif nabati yang diturunkan secara alami oleh retinol sehingga sama efektifnya jika digunakan dengan benar.

Bakuchiol berasal ekstrak tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat bakuchiol bagi kesehatan kulit yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Tangan Gatal Setelah Cuci Piring: Penyebab dan Penanganan yang Bisa Dilakukan

Bakuchiol termasuk tanaman ramuan untuk pengobatan

Dilansir dari Byrdie.com, bakuchiol adalah ekstrak yang berasal dari daun dan biji tanaman Psoralea corylifolia atau babchi.

Tanaman ini termasuk ramuan yang biasa digunakan dalam pengobatan Ayurveda India dan Cina untuk membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit berkat sifat antiinflamasi dan antibakterinya.

Dalam studi pada 2019, tidak ditemukan perbedaan antara retinol dan bakuchiol dalam mengatasi keriput serta hiperpigmentasi.

Beberapa manfaat bakuchiol untuk kesehatan kulit

Beberapa manfaat bakuchiol yang bisa kamu dapatkan, antara lain sebagai berikut:

Meratakan warna kulit

Salah satu manfaat bakuchiol adalah dapat membantu meratakan warna kulit pada wajah. Bakuchiol akan meresap ke dalam kulit untuk mengurangi munculnya bintik hitam atau area hiperpigmentasi.

Mengurangi munculnya garis halus

Sama seperti retinol, bakuchiol bekerja dengan memberitahu sel untuk membuat kolagen, serta mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah.

Serangkaian studi klinis dilakukan pada sekelompok wanita yang mengaplikasikan serum dengan kandungan bakuchiol dan bahan aktif lain termasuk vitamin C dan melatonin.

Setelah 12 minggu, wanita mengalami penurunan 11 persen pada kerutan, 8 persen peningkatan kekencangan kulit, dan penurunan kemerahan sebesar 70 persen. Selain menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, bakuchiol juga efektif dalam mengobati jerawat dan melasma.

Mempercepat regenerasi sel kulit

Manfaat bakuchiol lainnya juga diketahui bisa membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Bahan alami ini akan mengirimkan sinyal ke sel pada waktu yang tepat untuk meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel.

Menenangkan dan menyembuhkan kulit

Dengan meningkatkan pergantian sel dan regenerasi yang sehat, bakuchiol dapat membantu menenangkan serta menyembuhkan kulit dari dalam ke luar. Karena lembut di kulit, bakuchiol ini bisa digunakan oleh hampir semua orang dengan berbagai jenis kulit.

Bakuchiol dapat digunakan selama rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari. Cara menambahkan bakuchiol ke rutinitas perawatan kulit adalah dengan menggunakannya satu atau dua kali seminggu di malam hari.

Setelah itu, perlahan-lahan lanjutkan untuk penggunaan sehari-hari jika tidak terjadi reaksi alergi apapun. Lapisi setelah membersihkan kulit dengan lembut dan sebelum pelembap atau krim malam yang menghidrasi.

Apakah bakuchiol memiliki efek samping seperti retinol?

Seorang dokter kulit bersertifikat di Westport, Deanne Robinson, MD, mengatakan bahwa bahan apapun termasuk nabati bisa membuat kamu peka terhadapnya. Meski berasal dari tanaman, namun tidak menjamin jika aman sepenuhnya sehingga perhatikan reaksinya.

Untuk memastikan reaksi, kamu bisa melakukan uji tempel dengan mengoleskan sedikit produk bakuchiol ke bagian lain dari kulit seperti leher atau dada dan tunggu satu hari sebelum mengaplikasikan ke seluruh wajah. 

Terdapat pula risiko efek samping yang mirip dengan retinol seperti pengelupasan dan kemerahan terutama jika konsentrasi lebih dari 1 persen yang digunakan. Untuk itu, bakuchiol masih bisa menyebabkan reaksi meskipun kamu tidak alergi. 

Amankah penggunaan bakuchiol untuk ibu hamil?

Saat ini, tidak ada penelitian yang mencerminkan efek samping negatif termasuk pada wanita hamil. Bakuchiol berbeda dengan retinol, maka berpotensi aman untuk kehamilan dan wanita yang sedang menyusui.

Namun, butuh penelitian yang lebih banyak untuk memastikan bakuchiol aman digunakan saat hamil atau menyusui. Karena itu, agar lebih aman maka kamu perlu mendapatkan saran dokter jika kamu memiliki reaksi alergi tertentu sebelum menggunakan bakuchiol.

Baca juga: Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
register-docotr