Kulit & Perawatan Tubuh

Lakukan 7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Anak Sejak Bayi agar Tetap Sehat, Halus dan Lembut

July 23, 2020 | Arianti Khairina
no-image

Bayi dan balita memiliki kulit yang lebih rentan mengalami iritasi untuk itu para orangtua biasanya lebih berhati-hati dala merawat kesehatan kulit anak. Berikut ini cara merawat kesehatan kulit anak sejak bayi dan balita yang benar. 

Cara merawat kesehatan kulit anak sejak bayi dan balita 

Dilansir dari The Royal Children’s Hospital Melbourne, kulit bayi memang lebih rentan dan sensitif daripada kulit orang dewasa. Tentu saja kondisi ini juga mempengaruhi terhadap setiap bakteri dan pemicu yang dapat mengiritasi kulit, misalnya, cuaca panas di luar rumah. 

Kulit bayi wajib dijaga kesehatannya karena berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembapan, dan melindungi kulit dari kuman atau iritasi yang berbahaya. 

Pembersih, pelembap dan perlindungan sinar matahari yang tepat akan membantu menjaga kesehatan kulit bayi. Tak hanya itu, pemilihan produk perawatan bayi yang tepat juga akan membantu bayi terhindar dari berbagai masalah kulit di masa depan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit anak sejak bayi nih, Moms. 

1. Hindari memandikan bayi terlalu sering

Banyak orangtua berpikiran bahwa sering membersihkan atau memandikan bayi dapat menghilangkan kuman-kuman yang menempel pada tubuh. 

Padahal jika kamu terlalu sering memandikannya dapat menyebabkan kulit bayi kehilangan minyak alami serta kandungan lainnya. 

Hal itu tentu sangat buruk bagi kesehatan kulit bayi karena minyak alami tersebut sebenarnya dapat memberikan perlindungan terhadap bakteri dan bahan iritan lainnya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Mencuci Muka yang Benar agar Kulit Bersih dan Sehat

2. Produk perawatan kulit 

Sebagai orangtua, kamu juga harus lebih teliti dalam memilih sabun dan sampo, pastikan buah hati menggunakan produk perawatan yang formulanya telah dibuat sesuai dengan usia bayi dan balita ya. 

Biasanya produk perawatan untuk bayi dan balita tidak mengandung pewarna, pewangi, alkohol serta bahan kimia lainnya yang dapat berbahaya bagi kulit. 

3. Hindari bedak bayi 

Bedak bayi merupakan salah satu produk perawatan kulit yang sering digunakan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya, bahkan sebisa mungkin menghindarinya. 

Sebab bedak bayi mengandung partikel yang amat halus sehingga dapat dengan mudah terhirup oleh bayi.

Efek sampingnya pun dapat menganggu kesehatan anak. Jika kamu menggunakan bedak bayi, gunakan secara tipis saja pada kulit bayi.

4. Kelembapan kulit bayi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kulit bayi sangat rentan. Oleh karena itu, sebagai orang kamu wajib memberikan pelembap khusus bayi dan sebaiknya digunakan setelah mandi. 

Pelembap ini juga sangat disarankan untuk digunakan oleh bayi dan balita jika cuaca panas dan udara lembap kering. Faktor tersebut sangat mempengaruhi kesehatan kulit anak.

5. Jangan takut terkena sinar matahari

Beberapa orangtua mungkin malah berpikiran bahwa anak tidak seharusnya terpapar sinar matahari secara langsung.

Padahal membawa bayi dan balita jalan-jalan keluar rumah saat siang hari sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan kulit, Moms

Pastikan saja kamu memakaikan beberapa perlengkapan anak seperti topi untuk menghalangi sinar matahari langsung terpapar ke kulit. Dan juga gunakan penutup stroller jika anak masih tergolong bayi. 

Jika ingin memberikan anak krim tabir surya, kamu dapat memilih yang mengandung bahan anorganik seperti zinc oxide dan titanium oxide karena bahan tersebut tidak dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. 

6. Kebersihan popok

Selain itu, cobalah untuk lebih memperhatikan keadaan popok yang digunakan oleh anak.

Jika anak mengalami ruam popok segera beri pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Bila tidak yakin, segeralah untuk periksa ke dokter. 

7. Gejala eksim

Hal lainnya yang perlu diketahui oleh orangtua yaitu ketika timbulnya ruam kemerahan pada bayi dan balita. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh eksim. 

Gejala utama eksim biasanya berupa kemerahan kering dan gatal pada bagian pipi serta dahi. Namun, tak perlu khawatir, eksim dapat diobati dengan beberapa obat yang dijual bebas di apotik. 

Namun, jika gejala tak kunjung membaik, segera untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat dan tidak berakibat fatal. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Rch.org.au (2018) diakses 20 Juli 2020. Skincare for babies
  2. Webmd.com (2019) diakses 20 Juli 2020. Baby Skin Care: Tips for Your Newborn
  3. Eucerin.co.uk (2020) diakses 20 Juli 2020. Understanding skin Baby and children’s skin
    Berita Terkait
    register-docotr