Kulit & Perawatan Tubuh

Kenali Tiga Derajat Luka Bakar dan Cara Pengobatannya

August 17, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Jenis luka bakar dapat diketahui berdasarkan derajatnya. Setiap derajat ditentukan oleh tingkat keparahan serta kerusakannya. Masing-masing derajat memiliki ciri-ciri dan penanganan yang berbeda. Mengetahui derajat luka bakar dapat membantu untuk menemukan perawatan yang tepat.

Agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius, maka dari itu sangat penting untuk segera memberikan pengobatan yang sesuai berdasarkan derajat luka bakar yang dialami.

Baca juga: Komplikasi Luka Bakar yang Harus Diwaspadai: Infeksi sampai Depresi

Mengenal tingkatan atau derajat luka bakar

Luka bakar adalah kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, listrik, sinar matahari, atau radiasi. Luka bakar dapat menyebabkan pembengkakan, kulit melepuh, serta jaringan parut. Dalam kasus yang lebih serius kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Setidaknya terdapat tiga tipe utama derajat luka bakar, yakni derajat pertama, kedua, dan ketiga. Setiap derajat ditentukan oleh tingkat kerusakan dan keparahan yang terjadi pada kulit. Derajat pertama merupakan tingkat yang paling kecil, sedangkan derajat ketiga adalah tingkatan yang paling parah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai derajat luka bakar.  

Luka bakar tingkat pertama

Luka bakar tingkat pertama menyebabkan kerusakan kulit yang minim. Derajat tingkat pertama ini juga disebut dengan superficial burns, hal ini dikarenakan mereka hanya memengaruhi lapisan kulit terluar.

Ciri-ciri

Ciri-ciri derajat luka bakar pada tingkatan ini termasuk:

  • Kemerahan
  • Peradangan atau pembengkakan ringan
  • Rasa sakit
  • Ketika luka bakar sembuh, kulit dapat menjadi kering serta mengelupas.

Karena luka bakar jenis ini hanya memengaruhi kulit terluar atau teratas saja, ciri-ciri atau gejalanya dapat menghilang begitu sel kulit terkelupas. Luka bakar derajat pertama biasanya dapat sembuh dalam 7-10 hari tanpa meninggalkan jaringan parut.

Pengobatan

Luka bakar tingkat pertama biasanya disembuhkan dengan perawatan rumahan. Waktu penyembuhan akan lebih cepat jika kamu segera mengobatinya. Pengobatan luka bakar pada tingkat ini di antaranya adalah:

  • Merendam luka bakar di air dingin selama 5 menit atau lebih
  • Mengonsumsi acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan nyeri
  • Mengoleskan salep anestesi (lidocain) dan gel atau krim lidah buaya untuk menenangkan kulit
  • Menggunakan kain kasa yang longgar untuk melindungi area yang terkena.

Selalu pastikanlah kamu tidak menggunakan es batu untuk mengobati luka bakar, karena hal ini dapat memperburuk kondisinya. Tak hanya itu saja, hindari penggunaan kapas karena serat kecilnya dapat menempel di luka dan meningkatkan risiko infeksi.

Luka bakar tingkat kedua

Luka bakar pada tingkat ini bersifat lebih serius, karena kerusakannya melampaui lapisan luar kulit. Lapisan kulit luar serta dermis (lapisan di bawahnya) dapat menjadi rusak.

Ciri-ciri

Ciri-ciri derajat luka bakar pada tingkat kedua ini dapat meliputi:

  • Kulit memerah
  • Bengkak
  • Terlihat berkilau atau basah
  • Melepuh
  • Luka bakar terasa sakit jika disentuh

Beberapa luka bakar tingkat kedua ini memerlukan waktu lebih dari tiga minggu untuk sembuh, tetapi kebanyakan kasus sembuh dalam waktu dua hingga tiga minggu tanpa jaringan parut. Meskipun demikian, perubahan pigmen pada kulit dapat terjadi.

Pengobatan

Karena jenis luka bakar ini sangat sensitif, sangat disarankan untuk selalu menjaga area yang terkena tetap bersih serta membalut luka dengan benar. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka.

Pengobatan luka bakar pada tingkat kedua ini biasanya meliputi:

  • Membilas kulit dengan air dingin selama 15 menit atau lebih
  • Mengonsumsi acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit
  • Mengoleskan krim atau salep antibiotik pada area yang terkena.

Semakin parah luka bakar, semakin lama pula penyembuhannya. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, pencangkokan kulit diperlukan untuk memperbaiki kerusakan.

Baca Juga: Jenis-jenis Luka Bakar dan Cara Perawatannya yang Tepat

Luka bakar tingkat ketiga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, luka bakar tingkat ketiga merupakan tingkatan yang paling parah. Mereka menyebabkan kerusakan paling parah yang meluas ke setiap lapisan kulit dan dapat menyebabkan kerusakan syaraf.

Ciri-ciri

Ciri-ciri luka bakar pada tingkat ketiga ini dapat meliputi:

  • Kulit berwarna putih, hitam, atau coklat tua
  • Tekstur kulit terangkat dan kasar
  • Lepuh yang tidak berkembang
  • Tidak terasa sakit karena jenis luka bakar ini merusak ujung saraf.

Pengobatan

Pengobatan derajat luka bakar tingkat ketiga mungkin memerlukan proses pencangkokan kulit atau penggunaan kulit sintetis. Luka bakar parah yang menutupi sebagian besar tubuh memerlukan perawatan intensif seperti antibiotik intravena (IV) untuk melindungi dari infeksi.

Cairan IV digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang saat kulit terbakar. Tanpa operasi, luka bakar ini dapat menyebabkan jaringan parut dan kontraktur yang parah.

Jangan pernah mengobati sendiri luka bakar tingkat ketiga. Segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. Burns: Types, Treatments, and More 

Medline Plus (2016). Diakses pada 12 Agustus 2020. Burns 

Webmd (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. What Are the Types and Degrees of Burns? 

Webmd (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. Pain Caused by Burns 

 

    Berita Terkait
    register-docotr