Kulit & Perawatan Tubuh

Benarkah Menggunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Bekas Jerawat? Ini Faktanya

August 1, 2020 | Nanda Hadiyanti
no-image

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, membantu meningkatkan kadar kolagen dan membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat ternyata bisa juga diterapkan.

Penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat telah dipercaya sejak lama. Apakah hal tersebut terbukti secara ilmiah dan apakah ada efek sampingnya? Untuk lebih lanjut mengetahui benar atau tidaknya manfaat jeruk nipis tersebut, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Ingin Terbebas dari Jerawat? Yuk, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini!

Menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat

Banyak anggapan yang menyatakan ampuhnya jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat. Sayangnya, seperti dilansir Healthline, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan tersebut.

Dengan kata lain, tidak ada jaminan medis mengenai keampuhan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat. Anggapan itu hanya berkembang karena jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat, bentuk vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

Namun manfaat tersebut baru bisa dirasakan tubuh, jika kamu mengonsumsi air perasannya. Bukan dengan cara mengoleskannya pada kulit. Karena jika mengoleskannya langsung pada kulit, kamu justru akan mengalami beberapa efek samping yang kurang menyenangkan.

Efek samping menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat

Menggunakan air perasan jeruk nipis pada wajah ternyata memiliki berbagai efek samping. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah, jika kulit terkena paparan sinar matahari saat kamu baru saja mengoleskan jeruk nipis pada kulit dapat menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah luka bakar yang menyakitkan pada kulit. Ini akan membuat kondisi kulitmu semakin tidak sehat. Jika phytophotodermatitis terjadi awalnya kamu akan mengalami kulit melepuh, merah dan meradang.

Kemudian di tahap berikutnya kulit yang awalnya terbakar, merah dan meradang akan menjadi lebih gelap dari kulit lain di sekitarnya. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui, sebuah penelitian mengungkapkan jika mengoleskan jeruk nipis langsung pada kulit tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki pigmen gelap. Karena jeruk nipis dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada bekas jerawat.

Beberapa risiko efek samping lainnya jika kamu mengoleskan jeruk nipis langsung pada kulit, yaitu:

  • Rasa perih pada kulit
  • Gatal
  • Kemerahan
  • Kulit menjadi kering
  • Serta dapat membunuh bakteri baik.

Tingkat risiko akan semakin tinggi jika kamu mengoleskan jeruk nipis setiap hari.

Lalu apa manfaat jeruk nipis bagi kulit?

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan antioksidan, yang baik menangkal radikal bebas. Jeruk nipis juga mengandung vitamin dan mineral lain seperti:

  • Kalium
  • Vitamin A,B, C dan D
  • Kalsium
  • Magnesium.

Dari kandungan tersebut, jeruk nipis dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Karena sifat antioksidannya dapat memperkuat kolagen, yang bertugas untuk menjaga kelenturan dan kekuatan jaringan kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat itu dengan mengonsumsinya.

Selain itu, jika ingin menggunakannya untuk kesehatan kulit wajah, kamu bisa memakainya dengan cara:

Sebagai astringent

Astringent adalah pembersih kulit wajah dan juga mampu menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit. Jika menggunakannya sebagai astringent, kamu cukup mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan air, dengan perbandingan yang sama banyak.

Kamu bisa mengoleskan larutan tersebut dua hingga tiga kali setiap hari, sebelum menggunakan pelembap. Penggunaan tersebut dapat menjaga kesehatan kulit dan beberapa juga mengatakan cara itu dapat menyamarkan bekas jerawat walaupun tidak signifikan.

Mengatasi jerawat

Terakhir, kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat. Sifat antiseptiknya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan dapat mengatasi peradangan jerawat.

Cara penggunaannya, kamu cukup mengoleskan perasan jeruk nipis hanya pada bagian yang berjerawat. Tunggu beberapa detik dan segera bilas dengan air hangat. Kamu dapat mengulanginya, beberapa kali sehari hingga jerawat mengempis.

Manfaat lain jeruk nipis

Selain bermanfaat untuk kulit, jeruk nipis juga memiliki manfaat lain untuk tubuh seperti menurunkan risiko penyakit jantung, baik untuk pencernaan, membantu penurunan berat badan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Demikian penjelasan mengenai fakta di balik penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi bekas luka jerawat. Semoga dapat membantu kamu, agar tidak salah memilih perawatan kulit.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 29 Juli 2020 Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits 
  2. Healthline diakses 29 Juli 2020 8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss
  3. Healthline diakses 29 Juli 2020 Do Lemons Relieve Acne and Acne Scarring? 
  4. Healthline diakses 29 Juli 2020 Lemons vs. Limes: What’s the Difference?
  5. Medicalnewstoday diakses 29 Juli 2020 Phytophotodermatitis: When plants and light affect the skin
    Berita Terkait
    register-docotr