Kulit & Perawatan Tubuh

Muncul Jerawat di Punggung? Tak Usah Khawatir, Atasi dengan Cara Ini!

May 9, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Sudah tahukah kamu bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung? Jika belum, yuk simak artikel ini!

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Jerawat sendiri adalah gangguan yang terjadi pada kulit ketika folikel rambut tersumbat sel-sel minyak dan kulit mati sehingga menimbulkan peradangan.

Area tubuh yang biasanya sering dihinggapi oleh jerawat adalah wajah. Eitss, tetapi ternyata jerawat tidak hanya dapat muncul di wajah saja, namun juga dapat muncul di area punggung lho.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan jerawat muncul di punggung? Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung? Yuk, simak penjelasan berikut.

Penyebab jerawat di punggung

Ada beberapa penyebab yang membuat jerawat muncul di area punggung. Namun sebelum mengetahui hal ini, sebaiknya mengetahui lebih dulu mengapa dan bagaimana jerawat dapat terbentuk.

Jerawat punggung. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Tubuh kita memproduksi minyak yang disebut dengan sebum. Minyak tersebut dibuat di dalam kelenjar yang terhubung dengan folikel rambut. Sebum menggerakan folikel rambut untuk menambah kelembapan pada kulit dan rambut.

Jerawat terbentuk ketika ekstra sebum dan sel kulit mati menumpuk. Penumpukan inilah yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat.

Ketika dinding folikel rambut membengkak, hal ini menyebabkan jerawat putih (whitehead). Dan ketika pori-pori yang tersumbat terkena udara, maka akan terbentuklah komedo.

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung, yakni:

  • Faktor genetik
  • Obat-obatan
  • Hormon
  • Keringat
  • Stres

Hal-hal tersebut bisa memicu munculnya jerawat di punggung. Namun, sebaiknya, jika kamu memiliki jerawat di punggung jangan menggosok atau menekan jerawat tersebut, karena dapat menyebabkan timbulnya iritasi di kulit.

Baca juga: Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Baik Secara Alami Maupun Klinis

Bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung?

Bagi kamu yang memiliki jerawat di punggung tidak usah khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Berikut adalah cara mengatasi jerawat punggung.

1. Mandi setelah berolahraga

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di punggung adalah dengan mandi setelah melakukan olahraga. Sudah tahu bukan salah satu penyebab munculnya jerawat adalah keringat.

Saat berolahraga biasanya tubuh memproduksi lebih banyak keringat. Jika kita membiarkan keringat dan kotoran tubuh menempel pada kulit setelah berolahraga, hal ini dapat mendorong munculnya jerawat di punggung.

Oleh karena itu, mandilah sesegera mungkin setelah kamu berolahraga, dan jangan lupa mencuci pakaian yang digunakan untuk berolahraga dengan menggunakan deterjen hingga bersih ya.

2. Melakukan eksfoliasi

Bakteri jerawat biasanya tidak dapat hidup jika terdapat oksigen, sehingga kita perlu untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Kamu dapat melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub yang terbuat dari bahan asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit.

Eksfoliasi dapat membantu untuk mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

3. Jauhkan rambut dari punggung

Cara menghilangkan jerawat punggung yang ketiga adalah dengan menjauhkan rambut dari punggung.

Rambut yang panjang dapat memungkinkan menambah minyak dan kotoran pada kulit punggung. Hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

Sebaiknya, cucilah rambut secara teratur, dan juga ikatlah rambut jika kamu sedang berkeringat. Kamu juga tidak boleh membiarkan kondisioner mengalir di punggung, karena bahan yang terdapat pada kondisioner dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

4. Mengatasi jerawat dengan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil merupakan  minyak yang terbuat dari daun teh di Australia. Minyak ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang Australia selama bertahun-tahun untuk mengatasi masalah kulit. Saat ini, kamu dapat menemukan banyak lotion, cleanser, dan cream yang mengandung bahan ini.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Tea Tree Oil dapat membantu mengobati jerawat serta membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Hindari makanan pemicu jerawat dan konsumsi makanan sehat

Fast food sebagai salah satu makanan pemicu jerawat. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik (IG) tinggi dapat menyebabkan gula darah naik secara cepat, hal ini dapat memperburuk jerawat. Makanan yang termasuk Indeks Glikemik tinggi adalah roti, pasta, serta nasi putih.

Makanan lain yang juga dapat memicu pertumbuhan jerawat di antaranya adalah produk olahan susu, fast food, coklat, dan juga makanan laut.

Untuk mengatasinya, sebaiknya hindarilah makanan pemicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengonsumsi lebih banyak makanan sehat yang mengandung banyak sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, serta biji-bijian.

Nah, sudah tahu bukan bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung?Namun, jika jerawatmu tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikanlah pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Bioclarity (2019). Diakses pada 4 Mei 2020. How to Get Rid of Back Acne 

Healthline (2017). Diakses pada 4 Mei 2020. How to Get Rid of Back Acne

    Berita Terkait
    register-docotr