Kulit & Perawatan Tubuh

Wajib Tahu, Ini Cara Mencuci Muka yang Benar agar Kulit Bersih dan Sehat

July 9, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Mencuci muka merupakan suatu rutinitas wajib untuk mendapatkan kulit yang bersih. Untuk mendapatkan efek tersebut, mencuci muka tidak boleh asal-asalan. Sudahkah kamu mencuci muka dengan benar? Bagaimana cara mencuci muka yang benar? Yuk simak di bawah ini.

Cara mencuci muka yang benar

Untuk memperoleh kulit wajah yang bersih dan sehat memang tidak mudah. Salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah mencuci muka dengan benar. Tetapi, masih banyak yang belum tahu bagaimana sih cara mencuci muka yang benar.

Tak perlu khawatir, berikut ini cara mencuci muka dengan benar dari berbagai sumber yang dapat kamu lakukan.

1. Bersihkan make up, langkah awal cara mencuci muka yang benar

Sebelum mencuci muka, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan makeup yang menempel pada wajah. Sebaiknya gunakanlah pembersih muka yang lembut untuk menghapus makeup-mu. Step ini wajib dilakukan untuk semua jenis kulit.

2. Bersihkan wajah dengan facial wash atau facial cleanser

Setelah membersihkan muka dengan makeup remover, cara selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash atau facial cleanser.

Untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, cobalah untuk melakukan metode double cleansing. Dua metode ini menggunakan minyak alami, seperti minyak jarak (castor oil), zaitun, serta bunga matahari untuk menghilangkan kotoran pada wajah.

Kemudian bersihkanlah muka dengan pembersih muka yang ringan untuk membantu membersihkan minyak tersebut.

Celupkan kapas ke dalam micellar water, makeup remover, atau minyak alami untuk menghilangkan makeup di sekitar mata. Kapas dapat membantu membersihkan lipatan mata dengan lembut.

Sebaiknya dalam membersihkan muka gunakanlah air hangat. Air hangat membantu untuk mengangkat kotoran dari kulit, tetapi air yang terlalu panas dapat membuat kulitmu terlalu kering.

2. Cara mencuci muka yang benar dengan melakukan steaming

Cara kedua yang dapat kamu lakukan yakni melakukan steaming atau uap wajah. Langkah ini merupakan langkah yang bagus untuk kulit berminyak.

Masukan air hangat ke dalam wadah, kemudian arahkan wadah tersebut ke muka, diamkan selama 5 menit, dan kemudian bersihkan uap yang menempel di muka dengan menggunakan tisu wajah.

Setelah itu, sebaiknya pijat muka dengan menggunakan es batu dalam gerakan memutar. Hal ini digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan mengembalikan suhu kulit menjadi normal.

3. Scrubbing

Cara ketiga adalah mengoleskan scrub pada muka dan diamkan selama beberapa menit. Cara ini digunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, yang membuat kulit menjadi kusam.

Selain menggunakan facial scrub yang dibeli di pasaran, kamu juga dpaat membuat facial scrub sendiri lho! Kamu dapat menggunakan campuran gula dan madu untuk melakukan eksfoliasi pada kulit secara alami.

Pada cara ini, gosok scrub yang sudah diaplikasikan pada muka secara lembut selama 5 menit, lalu diamkan selama 3 menit atau lebih sebelum kamu membersihkannya dengan air.

Eitss, tetapi jangan terlalu sering melakukan scrubbing ya, karena jika dilakukan secara berlebihan, justru dapat merusak lapisan paling luar kulit.

4. Masker

Tidak peduli jenis kulit wajahmu, mengaplikasikan masker membuat kulit menjadi lebih lembut dan cerah.

Pengaplikasian masker ini tidak perlu setiap hari, terutama jika kamu menggunakan exfoliating mask, hal ini justru dapat membuat kulit menjadi kering.

Akan tetapi, jika kamu ingin menggunakan masker setiap hari, sebaiknya gunakanlah masker yang memiliki fungsi secara bergantian.

5. Aplikasikan toner

Selanjutnya, setelah kamu melakukan berbagai cara membersihkan wajah yang benar seperti yang sudah dijelaskan, kamu dapat mengaplikasikan toner.

Kamu dapat menggunakan produk toner yang dijual di pasaran atau toner yang kamu buat sendiri di rumah, misalnya saja toner dari jus mentimun atau air mawar. Mengaplikasikan toner membantu untuk menjaga keseimbangan PH.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat untuk Dipakai, Ini Fungsi Toner Wajah

6. Jangan lupa gunakan pelembap

Kemudian cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah menggunakan pelembap.

Oleskanlah krim bernutrisi pada muka dan leher, dan sebaiknya janganlah lupa menerapkan cara ini sebelum tidur.

Dilansir dari NDTV Food, Dr Zaheer Ahmed yang merupakan dokter kulit di rumah sakit Max menyarankan menggunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit.

Untuk kulit kering, sebaiknya gunakanlah pelembap yang bebas dari alkohol. Sedangkan untuk kulit berjerawat, gunakanlah pelembap yang mengandung benoxyl peroxide.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Beauty Journal (2018). Diakses pada 30 Juni 2020. Bolehkah Masker Wajah Digunakan Setiap Hari? Ini Jawaban dari Ahlinya! 

Healthline (2019). Diakses pada 30 Juni 2020. 15 Do’s and Don’ts for Washing Your Face Right Way 

Instyle (2015). Diakses pada 30 Juni 2020. The 5 Steps to Correctly Washing Your Face 

NDTV Food (2018). Diakses pada 30 Juni 2020. How to Clean Face at Home: 6 Steps You Need to Follow 

    Berita Terkait
    register-docotr