Kulit & Perawatan Tubuh

Sudah Tahu Belum? Begini Cara Tepat Membuat Toner Cuka Apel Sendiri!

July 31, 2020 | Dhiamara Arradea
no-image

Cuka apel sekarang ini sudah menjadi salah satu pilihan untuk perawatan kulit, digunakan sebagai toner adalah salah satunya. Nah, bagaimana ya cara membuat toner cuka apel sendiri?

Jangan asal-asalan, ya. Yuk simak dulu ulasan lengkap tentang cuka apel dan cara membuat toner cuka apel rumahan berikut ini:

Apa itu toner?

Toner merupakan produk perawatan kulit yang dapat diaplikasikan pada wajah dan juga leher setelah dibersihkan menggunakan sabun. Produk ini bersifat astringen, untuk menghilangkan kotoran di permukaan kulit juga untuk melembapkan dan melindungi kulit.

Produk ini harus mengandung bahan yang bisa menyeimbangkan sifat astringen dan bisa melembapkan kulit. Cuka apel sendiri mengandung asam astringen dan bisa menghasilkan toner alami yang ideal, lho.

Bagaimana cara membuat toner cuka apel?

Toner dalam perawatan kulit berfungsi untuk membersihkan dan mengencangkan kulit, serta melindunginya dari bakteri dan kotoran lain. Cuka apel pun sudah dikenal mempunyai zat yang dapat berfungsi sebagai toner ketika diaplikasikan ke kulit.

Resep dasar pembuatan toner cuka apel ada dua macam, yaitu:

  • 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan air
  • 2 sendok makan cuka apel dicampur dengan 150 ml air

Adapun resep pembuatan toner cuka apel juga bisa dicampur menggunakan bahan lainnya, seperti:

  • 2 sendok makan cuka apel
  • 1 gelas air (sekitar 150 ml)
  • 1 sendok teh air mawar
  • 2-3 tetes minyak esensial (lavender atau chamomile)
  • 1 sendok teh witch hazel (untuk kulit berminyak)

Cara membuatnya, campur semua bahan di wadah kaca. Setelah membersihkan wajah dengan sabun khusus muka, toner cuka apel ini bisa langsung diaplikasikan ke bagian wajah menggunakan kapas.

Kamu juga bisa menggunakan botol semprot untuk menyemprotkan toner ke kulit wajah.

Aturan pembuatan toner cuka apel untuk kulit kering

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif atau kering, berhati-hatilah dalam menggunakan toner. Batasi penambahan minyak esensial, air mawar, atau witch hazel.

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, kurangi jumlah cuka apel menjadi 1 sendok makan saja, ya.

Pilihan air juga bisa memberikan dampak untuk kulit. Jika kulit kamu sensitif, lebih baik gunakan air mineral.

Manfaat toner cuka apel untuk kesehatan kulit wajah

Cuka apel memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:

Menghilangkan keriput

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami akan kehilangan elastisitasnya dan kerutan mulai terbentuk. Cuka apel bisa digunakan untuk menangani hal tersebut.

Penggunaan toner cuka aper bisa membantu mengencangkan kulit dan melindunginya dari unsur-unsur lingkungan yang berbahaya untuk kulit.

Mengencangkan sel-sel kulit juga bisa membantu memperkuat kulit dan mencegah keriput muncul.

Menghilangkan skin tag

Skin tag atau kulit tumbuh biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Meskipun tidak berbahaya, beberapa orang sering mencari perawatan untuk menghilangkannya.

Cuka apel bisa digunakan untuk menghilangkan skin tag. Oleskan setiap hari hingga skin tag mengering dan jatuh dengan sendirinya.

Menghilangkan jerawat

Penumpukan bakteri dan minyak bisa membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat tumbuh. Mengurangi jumlah bakteri pada kulit adalah langkah tepat untuk mengatasi jerawat.

Cuka diketahui memiliki sifat antimikroba karena memiliki kandungan asam organik. Salah satunya adalah asam asetat, yang telah terbukti efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan menghancurkan biofilm sumber bakteri.

Sifat antimikroba dalam cuka apel dikenal dapat membantu mengurangi jerawat ketika digunakan untuk perawatan kulit secara rutin.

Membantu eksfoliasi kulit

Pengelupasan kulit merupakan proses perawatan yang penting untuk mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi biasanya mengandalkan berbagai bahan kimia untuk mengangkat sel kulit mati.

Cuka sari apel sendiri mengandung sedikit asam buah, termasuk asam malat, yang merupakan eksfoliator kimia. Asam malat dalam cuka apel bisa membantu menghilangkan lapisan kulit mati.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Baca Juga: Jangan Lihat Ribet Makannya, Tapi Kenali Segudang Manfaat Sehat Ngemil Biji Bunga Matahari

Reference
  1. Healthline.com (2020). Diakses pada 28 Juli 2020. Ways to Use Apple Cider Vinegar for Your Face
  2. Healthline.com (2019). Diakses pada 28 Juli 2020. Apple Cider Vinegar Toner
    Berita Terkait
    register-docotr