Kulit & Perawatan Tubuh

Bikin Telapak Kaki Sehalus Kulit Bayi, Amankah Foot Peel yang Viral di TikTok?

March 17, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Viralnya masker kaki atau foot peel di TikTok ternyata cukup menyita perhatian banyak orang. Pasalnya hanya dengan memakai masker kaki ini, bisa membantu mengangkat dan mengelupas sel kulit mati sehingga lebih halus. Namun, apakah masker foot peel ini aman untuk digunakan? 

Apa itu foot peel?

Pada dasarnya, foot peel adalah pengelupasan yang dilakukan menggunakan bahan kimia seperti asam salisilat dan asam laktat berupa gel serta dipakai pada bagian kaki. Masker ini biasanya berbentuk seperti kaus kaki plastik, dan kemudian akan mulai mengelupas sel-sel kulit mati di kaki sekaligus menghidrasi hingga membuat jadi lebih halus. 

Bahan yang terkandung di dalam foot peel

Bahan-bahan yang terkandung di dalam foot peel ini adalah sebuah kombinasi asam yang akan memecah kulit mati, menurut Chris G. Adigun, dokter kulit di Chapel Hill, North Carolina.

Asam alfa hidroksi seperti asam glikolat, laktat, sitrat, dan malat mencegah lapisan atas epidermis saling menempel. Kemudian, asam beta hidroksi seperti asam salisilat bekerja untuk melarutkan perekat yang menahan sel-sel kulit yang menebal. 

Amankah foot peel untuk digunakan?

Penggunaan foot peel ini terbilang aman dan efektif untuk kebanyakan orang. Prosesnya pun tidak menimbulkan rasa sakit, dan bahan-bahannya efektif pada kulit. Namun penting untuk dicatat bahwa produk ini mengandung asam dan tentunya kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengelupasan secara kimia di kaki. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Lindsey Zubritsky, MD, FAAD selaku dermatologis bahwa pengelupasan kulit kaki menggunakan foot peel mask termasuk aman. Tetapi perlu diperhatikan, apabila kamu memiliki risiko infeksi atau rasa sakit. 

Foot peel ini sangat tidak disarankan untuk para perokok, penderita diabetes, dan siapa saja yang mengalami gangguan kekebalan. Selain itu, kamu yang menderita eksim, luka terbuka, dan kondisi kulit lainnya juga harus menghindari produk semacam ini.

Alasan penderita diabetes sebaiknya menghindari penggunaan foot peel karena, umumnya mereka mengalami perubahan kulit bisa menjadi sangat kering atau bahkan muncul luka. 

Manfaat dan efek samping foot peel

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan foot peel:

1. Kulit jadi lebih sehat dan lembab 

Setelah menggunakan foot peel, lapisan kulit kaki yang akan tampak lebih sehat dan lembab. Tidak akan ada retakan, kapalan, atau tonjolan yang terlihat lagi. Sel-sel baru dapat menyerap kelembapan dari tubuh dengan lebih mudah.

Apalagi di musim dingin saat udara kering, kamu tidak perlu lagi khawatir harus menggunakan banyak losion dan krim, karena sel-sel kulit kaki yang baru mampu mempertahankan kelembapan. 

2. Membantu menghilangkan bau 

Tak hanya sekadar lebih sehat dan lembab saja, tetapi dengan foot peel ini bisa membantu menghilangkan bau kaki yang tidak sedap. Umumnya, masalah bau kaki ini disebabkan oleh penumpukan kulit mati dan jamur.

Namun, dengan asam berbasis buah pada masker foot peel mampu melembapkan, menghilangkan retakan dan sisik, serta menutup area kaki yang bau. 

3. Kulit jadi lebih halus

Melakukan perawatan dengan foot peel ini akan membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih halus seperti bayi baru lahir. 

Itulah beberapa manfaat menggunakan foot peel. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya foot peel ini tidak digunakan untuk beberapa kondisi karena justru akan menimbulkan efek samping seperti iritasi pada kulit kaki hingga meradang yang malah membahayakan. 

Tips menggunakan foot peel yang aman

Tips menggunakan foot peel yang tepat dan aman adalah dengan merendam kaki terlebih dahulu secara menyeluruh selama 10 sampai 20 menit. Kemudian, pakai masker foot peel yang umumnya berbentuk kaus kaki kecil atau sepatu boot. 

Biarkan masker foot peel menempel pada kulit kaki selama sekitar satu jam. Lalu, lepaskan masker dan cuci kaki dengan sabun serta basuh menggunakan air dengan lembut.

Agar tetap terhidrasi jangan lupa untuk tetap mengoleskan losion. Apabila kamu ingin proses pengelupasan lebih aktif, bisa coba rendam kaki dalam air hangat selama 10 hingga 20 menit sekali sehari.

Memulai peeling kaki menggunakan foot peel mask akan membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari. Sedangkan hasil akhirnya akan terlihat sekitar 2 minggu berikutnya. 

Baca juga: Memakai Masker Wajah Setiap Hari Bikin Kulit Mulus atau Justru Berbahaya?

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Lorealparisusa.com (2022) diakses pada 17 Maret 2022. Should You Do a Foot Peel?
  2. Huffpost.com (2022) diakses pada 17 Maret 2022. How Foot Peels Work, And Why Now Is A Great Time To Try One
  3. Diabeticsockclub.com (2021) diakses pada 17 Maret 2022. Can Diabetics Use a Foot Peel?
  4. Goodhousekeeping.com (2020) diakses pada 17 Maret 2022. What You Need to Know About the ‘Baby Foot’ Mask That Makes Your Feet Peel Like a Snake
  5. Webmd.com (2022) diakses pada 17 Maret 2022. Salicylic Acid-Foot Cushion Liquid – Uses, Side Effects, and More
  6. Allurespringfield.com (2016) diakses pada 17 Maret 2022. THE BENEFITS OF FOOT PEELS
  7. Instagram.com (2022) diakses pada 17 Maret 2022. Foot Peels A Derm Review
    register-docotr