Kulit & Perawatan Tubuh

Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Ketahui 5 Penyebabnya

September 10, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bibir berwarna hitam tentu cukup mengganggu penampilan. Apalagi jika sehari-hari, kamu tidak merokok sama sekali. Selain membuat kurang manis dipandang mata, orang pun bisa salah sangka mengira kamu sebagai perokok berat.

Kini kamu tak perlu khawatir lagi, karena dengan mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya, kamu bisa terbebas dari bibir hitam khas perokok yang membuat tidak percaya diri.

Terpapar cahaya matahari

Dilansir dari Medicalnewstoday, paparan sinar matahari bisa merangsang tubuh menghasilkan melanin untuk menyerap sinar ultraviolet.

Di satu sisi hal ini melindungi kulit dari beberapa kerusakan yang bisa disebabkan sinar matahari. Namun di sisi lain, hal tersebut juga bisa membuat kulit menjadi berwarna kecoklatan.

Jika kamu senang berjemur, jangan pernah absen memakai tabir surya di permukaan tubuh termasuk bibir. Kamu bisa memakai lip balm yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) 30, atau lebih tinggi, agar bibir tidak menghitam akibat terbakar matahari.

Baca juga: Praktis dan Mudah Diolah, Apa Kandungan Gizi yang Dimiliki Telur?

Kehamilan

Beberapa perempuan rentan mengalami perubahan warna kulit selama menjalani masa kehamilan. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Oleh sebab itu tak heran jika ketika hamil, beberapa anggota tubuh seperti bibir, puting, dahi, pipi, dan hidung menjadi terlihat lebih gelap.

Meski begitu jangan terlalu khawatir, karena seusai melahirkan warna kulit area tubuh tersebut akan kembali ke warna semula.

Menderita penyakit tertentu

Beberapa gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit autoimun Addison’s disease, bisa menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi. Ini adalah gejala di mana tubuh mengalami bercak atau noda gelap di sebagian, maupun seluruh area permukaan kulit.

Umumnya kondisi ini disebabkan ketidakmampuan sistem kekebalan tubuh menghasilkan hormon tertentu. Penderita penyakit Addison sendiri memiliki ciri kulit menggelap termasuk pada bibir, bahkan gusi.

Baca juga: Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Atasi Sembelit sampai Cegah Osteoporosis

Salah memakai kosmetik

Menurut Fitnesshealthforever, produk-produk kecantikan yang tidak berkualitas juga bisa menjadi faktor penyebab warna bibir menjadi hitam. Misalnya lipstik yang mengandung pewarna dan pewangi buatan.

Kebiasaan tidak membersihkan wajah setelah memakai riasan sepanjang hari, juga bisa membuat bibir menjadi gelap, pecah-pecah, dan bahkan berdarah.

Terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman panas

Alasan lain di balik terjadinya bibir gelap padahal tidak merokok, adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas.

Perlu diketahui bahwa lapisan kulit yang tipis pada bibir sangat sensitif terhadap suhu panas. Jadi lama kelamaan bibir akan terbakar dan membuat warnanya menjadi gelap.

Cara mengatasi bibir hitam

Mengatasi bibir yang menghitam bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti yang dilansir dari Healthline berikut ini.

Eksfoliasi

Kulit bibir sangat halus dan harus dirawat dengan penuh perhatian. Untuk membuat warnanya kembali cerah, kamu bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah.

Caranya campurkan sejumlah garam atau gula dengan minyak kelapa lalu usapkan pada bibis sekali sehari. Kamu juga bisa menggabungkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh gula lalu oleskan secara merata pada bibir dengan gerakan melingkar.

Gosok perlahan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Membuat masker bibir

Dengan beberapa bahan yang ada di rumah seperti kunyit, dan lemon, kamu juga bisa membuat masker untuk mencerahkan warna bibir.

Tambahkan vitamin A atau minyak vitamin E, lalu oleskan campuran ketiganya pada bibir selama 15 menit sehari untuk hasil yang optimal.

Perawatan laser

Apabila cara-cara alami di atas belum memberikan hasil yang diinginkan, kamu juga bisa meminta bantuan profesional untuk mengembalikan warna bibir alamimu.

Salah satunya adalah dengan perawatan laser yang fokus memberikan tekanan cahaya laser pada bibir.

Jenis perawatan yang satu ini selain bisa mengembalikan warna bibir menjadi cerah, juga dapat dipakai untuk menghilangkan flek hitam, mengurangi kelebihan melanin, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi keriput.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

The problem of dark lips, https://www.fitnesshealthforever.com/wellness/the-problem-of-dark-lips/ diakses pada 9 September 2020

Have Smoker’s Lips? Here’s What You Can Do About Them, https://www.healthline.com/health/smoking/smokers-lips#treatment diakses pada 9 September 2020

Causes and home remedies for dark lips, https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104#home-remedies diakses pada 9 September 2020

    register-docotr