Kulit & Perawatan Tubuh

Amankah Berendam dengan Bomb Bath Setiap Hari & Apa Manfaatnya?

March 17, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mandi di bathup penuh air berwarna-warni dan wangi? Itulah yang terjadi saat kamu mencampurkan bomb bath ke dalam bathup. Sensasi menyenangkan dan menenangkan bisa kamu rasakan. Namun, bagaimana jika menggunakan bomb bath setiap hari, apakah aman untuk kulit? 

Amankah gunakan bomb bath setiap hari? 

Sebenarnya tidak ada larangan pasti menggunakan bomb bath setiap hari. Namun, ada saja pihak yang memberikan komentar mengenai keamanan penggunaan bola-bola warna untuk mandi tersebut. 

Dilansir dari Healthline, sebuah kelompok advokasi konsumen, consumersafety.org. menyadarkan tentang kemungkinan adanya bahan mengandung racun di dalam bomb bath. 

“Orang-orang menggunakan produk beracun ini setiap hari tanpa sadar mereka dan orang-orang yang mereka sayangi terpapar bahan-bahan berbahaya,” kata Sydney Ziverts, salah satu peneliti dari consumersafety.org. 

Benarkah bomb bath mengandung bahan berbahaya? 

Kemungkinan kandungan berbahaya sebenarnya ada di dalam wewangian yang digunakan. Pada dasarnya tidak ada larangan khusus menggunakan wewangian pada produk bomb bath, tetapi, beberapa wewangian sangat mungkin menggunakan bahan-bahan yang berbahaya. 

Misalkan saja, beberapa bahan pewangi yang sudah masuk ke dalam daftar limbah berbahaya yang dibuat badan perlindungan lingkungan atau Environmental Protection Agency (EPA). Bahan-bahan tersebut di antaranya:

  • Turunan benzena. Bahan ini tergolong karsinogen manusia atau dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker, terkait dengan gangguan hormon dan malformasi reproduksi. 
  • Aldehida. Bahan yang dapat meningkatkan risiko alergi pernapasan, penyakit hati dan toksisitas embrio.
  • Ftalat. Dapat menurunkan kadar hormon dan kualitas sperma. Selain itu dikaitkan juga dengan obesitas, dapat memengaruhi ovarium dan dikaitkan dengan beberapa jenis kanker. 

Kandungan lain dari bomb bath yang mungkin berbahaya

Selain pewangi, ada beberapa kandungan lain yang dianggap juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Di antaranya:

Bahan pewarna

Salah satu yang membuat bomb bath menarik adalah warnanya yang cantik. Namun, sayangnya, ada beberapa produk yang mungkin menggunakan pewarna kimia di dalam produknya. Kabar buruknya lagi, kandungan kimia dalam pewarna bisa jadi menimbulkan masalah kulit di sekitar kelamin jika kamu memiliki kulit yang sensitif. 

Meski begitu tidak semua bomb bath berbahaya, karena ada beberapa yang menggunakan pewarna alami pada produknya. 

Talk dan paraben

Talk dan paraben juga mungkin terkandung di dalamnya. Di mana keduanya juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ovarium dan gangguan sistem endokrin. 

Bahan lainnya

Beberapa bahan seperti gliter, juga ikut dicampurkan ke dalam bomb bath. Namun, sebaiknya hindari menggunakan bomb bath dengan glitter. Bahan-bahan seperti gliter dapat menempel dan mengakibatkan iritasi, membuat kulit kemerahan atau bahkan gatal yang mengganggu. 

Selain itu, kandungan-kandungan lain dalam bomb bath mungkin juga tidak ramah bagi vagina kamu. Karena dapat memengaruhi pH vagina dan menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebih atau menyebabkan iritasi dan berujung dengan infeksi. 

Seorang dokter kulit, Rachel Nazarian, MD, dari American Academy of Dermatology (FAAD), menyarankan untuk lebih baik mandi di bawah shower. “Tetapi jika kamu tidak ingin beralih ke pancuran, setidaknya pilih bath bomb tanpa pewangi atau pewarna dan hindari gliter,” katanya dilansir dari Health.com

Apakah harus menghindari bomb bath?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak ada aturan untuk benar-benar menghindari bomb bath. Ada baiknya, kamu lebih cermat lagi dalam memilih produk bomb bath. 

Seperti memilih produk yang terbuat dari bahan alami, bebas pewangi kimia dan pewarna kimia, serta pilih yang tidak mengandung glitter. 

Debra Jaliman, seorang dokter kulit di New York City menambahkan kriteria produk bomb bath yang aman untuk digunakan. “Yang alami biasanya tidak mengandung pewangi sintetis, pewarna buatan atau bahan yang mengeringkan kulit.”

Selain itu, untuk mencegah terjadinya iritasi, sebaiknya melakukan tes tempel sebelum mandi menggunakan bomb bath. Caranya mengoleskan bomb bath di bagian dalam lengan, kemudian tunggu selama 48 jam. 

Jika ada tanda iritasi atau alergi seperti gatal atau kemerahan, sebaiknya batalkan niat kamu untuk bermanja-manja di bathup dengan bomb bath pilihanmu. 

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi mandi dengan bomb bath, jangan sampai salah pilih produk ya! 

Punya pertanyaan lain? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 17 Maret 2021
Do You Know what Chemicals Are in Your Bath Bomb?
Health.com, diakses 17 Maret 2021
Are Bath Bombs Safe? The Best Ones, According to Dermatologists
Scripps, diakses 17 Maret 2021
Bath Bombs: Are They Safe?
The List, diakses 17 Maret 2021
What Happens To Your Body If You Use Bath Bombs Every Day

    register-docotr