Kulit & Perawatan Tubuh

Alami dan Berkhasiat, Begini Cara Membuat Masker Madu untuk Jerawat

June 11, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki kulit wajah yang mulus adalah impian setiap perempuan. Sayangnya keinginan ini sering terkendala dengan munculnya jerawat. Tak perlu khawatir lagi, karena kini kamu bisa membuat masker madu untuk jerawat sebagai solusinya.

Manfaat madu untuk kecantikan memang sudah lama diakui. Sifatnya yang anti bakteri terbukti ampuh digunakan untuk mengatasi gangguan jerawat. Penasaran bagaimana caranya?

Yuk simak informasi lengkap tentang masker madu berikut ini:

Manfaat madu untuk mengatasi jerawat

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan madu sebagai langkah perawatan kulit. Salah satunya adalah dengan menjadikannya masker madu untuk jerawat.

Hal utama yang perlu diingat adalah kamu harus memakai madu yang belum dipasteurisasi. Misalnya madu manuka, ini agar madu masih mengandung bakteri baik yang membuat pengobatan jerawat menjadi semakin efektif.

Madu juga bisa sekaligus meredakan kemerahan, peradangan, bahkan membantu menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Kamu juga harus memerhatikan reaksi alergi yang bisa timbul sebelum memakai cairan berkhasiat ini. Caranya kamu bisa mengoleskan sedikit madu dan bahan lain yang digunakan saat membuat masker ke kulit lengan, untuk memastikan apakah ada alergi atau tidak.

Cara membuat masker madu untuk jerawat

Khasiat madu untuk mengatasi berbagai gangguan kulit bisa kamu rasakan dengan mencoba beberapa resep masker madu untuk jerawat di bawah ini.

Masker madu untuk wajah yang mudah berjerawat

Dilansir Helloglow, memadukan baking soda dengan perasan air lemon dan madu akan menghasilkan masker wajah yang efektif mengontrol jerawat. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • 1 sendok teh air perasan jeruk lemon
  • 1 sendok teh madu manuka
  • 1 sendok teh baking soda

Cara pembuatannya cukup mudah. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk lalu campur perlahan sampai adonannya menyatu. Selanjutnya kamu bisa langsung mengaplikasikannya di seluruh area wajah untuk membantu mencegah timbulnya jerawat.

Tunggu dan diamkan selama sekitar 15 menit, lalu basuh wajah sampai bersih dengan menggunakan air hangat, lalu kemudian air dingin. Hindari memakai masker di area dekat mata agar tidak menimbulkan rasa perih.

Masker madu untuk menghilangkan bekas jerawat

Secara alami madu bisa membantu tubuh menyembuhkan luka. Hal ini juga berlaku untuk bekas jerawat pada wajah. Dilansir Healthline, perpaduan antara madu dan kayu manis akan menjadi sumber antioksidan dan antibakteri yang sangat efektif untuk penyembuhan bekas jerawat.

Kamu hanya perlu menyiapkan 3 sendok teh madu manuka dan 1 sendok teh kayu manis yang baru digiling. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu aduk perlahan hingga menyatu. Masukan ke dalam microwave selama beberapa menit agar adonan menjadi hangat.

Selanjutnya oleskan masker pada wajah atau area kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 8 sampai 10 menit dan terakhir basuh wajah menggunakan air hangat. Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

Masker madu untuk meredakan peradangan akibat jerawat

Teh hijau dan madu adalah dua bahan alami yang sama-sama bekerja untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Nah, perpaduan keduanya juga sangat lembut dan cocok untuk diaplikasikan pada kulit sensitif. Adapun bahan-bahan dan cara pembuatannya adalah:

  • 1 sendok teh bubuk teh hijau
  • 1 sendok teh madu manuka
  • 1 sendok teh minyak jojoba

Campurkan ketiga bahan di atas dalam mangkok dan campur sampai merata. Jika kamu tidak bisa mendapatkan bubuk teh hijau, kamu bisa menggantinya dengan daun teh hijau kering yang dijual dalam kemasan.

Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum membasuhnya hingga bersih menggunakan air hangat.

Demikian informasi tentang manfaat masker madu dan cara pembuatannya untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah. Yuk langsung dicoba!

Jika memiliki pertanyaan seputar mengobati jerawat, jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin, https://www.healthline.com/health/honey-for-face diakses pada 7 April 2020

5 Best Honey Face Masks For Every Skin Type, https://helloglow.co/best-honey-face-masks/ diakses pada 7 April 2020

    register-docotr