Kulit & Perawatan Tubuh

Setop Garuk-garuk! Ini 9 Bahan Obat Gatal Alami yang Bisa Digunakan

July 10, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Ada berbagai macam penyebab gatal pada kulit. Jika kamu mengalami gatal ringan, jangan buru-buru menggunakan obat-obatan oles atau obat minum untuk meredakan gatal.

Beberapa bahan rumahan bisa kamu manfaatkan sebagai obat gatal alami, lho. Selain lebih aman, efektivitasnya juga tak kalah dibandingkan obat medis.

Bahan obat gatal alami untuk menenangkan kulit

Obat alami gatal bisa kamu peroleh dari bahan-bahan di dapur atau dari tanaman yang umum dipelihara di halaman rumah. Apa saja obat alami tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Kompres dingin

Mengompres kulit dengan air dingin dapat meringankan rasa gatal, mengurangi pembengkakan dan juga menghambat kondisi ruam yang semakin parah.

Ini karena sensasi dingin dapat membatasi alirah darah ke daerah yang meradang. Caranya, kamu bisa mengompres kulit dengan cara membeli alat kompres yang dapat diisi dengan es atau dengan kain yang sudah dibasahi dengan air es. 

2. Oatmeal

Oatmeal sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dari gatal, eksim hingga luka bakar. Dilansir Healthline, penggunaan oatmeal sebagai obat alami gatal telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sejak 2003 lalu. 

Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai pereda gatal dengan cara mencampur satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi. Lalu kamu bisa berendam di dalam campuran air tersebut selama 30 menit.

3. Lidah buaya

Gel bening yang berasal dari tanaman lidah buaya segar dapat digunakan sebagai obat penenang kulit yang gatal dan teriritasi. Ini karena lidah buaya memiliki kandungan yang berkontribusi untuk efek antiperadangan. 

Jika kamu memiliki tanaman ini di rumah, kamu bisa langsung memotongnya dan mengambil bagian gelnya. Kemudian kamu cukup mengoleskannya pada kulit yang gatal. 

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Sebuah uji klinis mengungkapkan minyak kelapa yang digunakan untuk mengatasi dermatitis atopik pada anak, menunjukan efek yang lebih baik dari minyak mineral biasa.

Sementara itu, penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa menggunakan minyak kelapa dapat mengurangi keparahan dermatitis dan dapat membantu penyembuhan luka pada kulit. 

5. Soda kue

Soda kue atau natrium bikarbonat adalah salah satu bahan dapur yang bisa digunakan sebagai obat alami gatal. Pasalnya soda kue dapat membuat pH kulit seimbang dan menenangkan kulit kamu. 

Cara menggunakannya sama seperti dengan oatmeal. Kamu hanya perlu mencampurkan satu hingga dua cangkir baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat, kemudian gunakan untuk berendam jika ingin meredakan gatal pada kulit. 

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang dipercaya dapat membantu mengatasi gatal, terlebih pada bagian kulit kepala. Namun penggunaan cuka apel tidak dianjurkan jika gatal pada kulit sudah menimbulkan luka atau berdarah.

7. Garam epsom

Garam epsom atau garam laut mati digunakan sebagai obat tradisional untuk menenangkan sakit dan nyeri otot. Selain itu, garam yang kaya akan magnesium dan mineral ini juga dipercaya dapat membantu mengatasi rasa gatal pada kulit. 

Sebuah penelitian menunjukan bahwa mandi garam laut mati dikombinasikan dengan terapi sinar matahari menghasilkan pengobatan dermatitis atopik atau eksim yang baik. 

8. Tea tree oil

Ini adalah jenis minyak yang berasal dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. Salah satu tumbuhan yang banyak hidup di Australia. Minyak ini memiliki sifat antiperadangan dan juga sudah banyak digunakan sebagai antiseptik. 

Memiliki khasiat yang dipercaya dapat menenangkan kulit, sudah banyak produk perawatan kulit yang mengandung minyak ini. Terutama digunakan dalam obat-obatan untuk mengatasi gatal jerawat di kulit wajah. 

9. Minyak nabati

Ada beberapa minyak nabati yang bisa menjadi pilihan kamu, seperti:

  • Minyak zaitun
  • Minyak argan
  • Minyak jojoba
  • Minyak safflower (Carthamus tinctorius L.)
  • Chamomile

Masing-masing dari minyak tersebut memiliki keunggulan. Namun secara garis besar, semuanya dapat digunakan untuk menenangkan kulit.

Demikian beberapa pilihan obat gatal alami yang bisa kamu gunakan. Jika setelah menggunakan obat-obatan alami tersebut gatal pada kulitmu belum juga reda, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 5 Juli 2020 10 Easy Home Remedies for Rashes 
  2. Healthline diakses 5 Juli 2020 The 8 Best Remedies for Itching
  3. Medicalnewstoday diakses 5 Juli 2020 How to relieve itching 
    Berita Terkait
    register-docotr