Kulit & Perawatan Tubuh

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

May 30, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain berkhasiat untuk tubuh, ada banyak manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa kamu dapatkan, lho.

Ya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan senyawa yang mampu mengurangi berbagai masalah pada wajah. Mulai jerawat, komedo, kulit kusam, sampai penuaan dini.

Kesehatan wajah perlu diperhatikan karena ini adalah salah satu aset utama bagi kebanyakan orang, terutama wanita.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah berikut ini:

Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan bekas berjerawat

Ada satu hal yang tak bisa dilepaskan dari kulit berminyak, yaitu jerawat. Tenang saja, perasan jeruk nipis bisa menghilangkan bekas jerawat.

Perasan jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang termasuk golongan alpha hydroxy acids (AHAs).

Kandungan ini dapat berfungsi untuk menyamarkan bekas jerawat seperti kehitaman yang timbul setelah jerawat sembuh.

Walaupun penggunaan perasan jeruk nipis tidak seefektif penggunaan AHAs yang dapat kamu beli di apotik ya.

Baca juga: Sering Bikin Minder, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Mencegah penuaan dini

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berikutnya adalah mampu mencegah penuaan dini. Manusia memang tidak bisa menghindar dari bertambahnya usia, tapi tanda-tanda di wajah bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis.

Seiring bertambahnya usia, kolegen juga berkurang. Dengan kata lain, produksi kolagen pada kulit juga ikut menurun. Akibatnya, muncul kerutan dan garis halus pada wajah.

Tenang saja, jeruk nipis bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan tersebut. Jeruk nipis mempunyai kandungan Vit C yang tinggi yang mana sangat dibuthkan untuk pembentukan kolagen di kulit.

Selain itu jeruk nipis juga mempunyai anti oksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Mengangkat sel kulit mati

Senyawa asam sitrat pada jeruk nipis bisa mengangkat sel kulit mati. Zat tersebut akan membuat sel kulit mati terkelupas, dan memungkinkan kulit melakukan regenerasi.

Sel kulit mati sendiri adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Jika dibiarkan menumpuk, ini bisa membuat kulitmu terlihat kusam. Hasilnya, kulit menjadi tidak bercahaya, terutama saat mendapatkan paparan UV berlebih ketika beraktivitas di luar ruangan.

Perasan jeruk nipis juga sudah umum digunakan di banyak salon sebagai salah satu komponen produk perawatan wajah.

Mencerahkan wajah

Dengan terangkatnya sel kulit mati, itu artinya kulit wajah akan terlihat semakin glowing. Sel kulit mati yang terangkat mengurangi kekusaman pada kulit. Ini tidak lepas dari kandungan asam sitrat pada jeruk nipis itu sendiri.

Dengan manfaatnya yang tidak perlu diragukan lagi, tak jarang produsen masker memasukkan buah sitrus ini sebagai kandungan utama.

Nah, itulah enam manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Yang perlu diingat, kamu juga disarankan untuk tidak terlalu sering mendapat paparan sinar matahari secara langsung, agar khasiat dari jeruk nipis itu sendiri bisa didapatkan dengan maksimal. Selamat mencoba!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 22 Mei 2020, Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits.
  2. Verywellhealth, diakses 10 Desember 2020, Can You Use Lemon Juice for Acne Scars?

    register-docotr