Info Sehat

Tips Tubuh Tetap Sejuk saat Cuaca Panas Melanda

May 12, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Seperti yang kita tahu bahwa cuaca panas yang cukup ekstrem sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Hal itu pun berdampak pada aktivitas banyak orang di kehidupan sehari-hari karena membuat tubuh lemas akibat dehidrasi.

Oleh karena itu, upayakan untuk tetap menjaga tubuh sejuk di cuaca panas dengan beberapa tips berikut. 

Tips agar tubuh tetap sejuk meski sedang cuaca panas

Salah satu bagian otak yang disebut hipotalamus berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Bagian ini yang nantinya akan membantu kamu memeriksa suhu tubuh apakah normal atau tidak.

Saat tubuh terlalu panas, otak memerintahkan tubuh yakni melalui keringat untuk mendinginkannya. Sedangkan, ketika terlalu dingin hipotalamus memicu agar tubuh menggigil untuk menghangatkannya.

Lalu, bagaimana agar tubuh tetap sejuk saat berada di cuaca yang panas? Simak tipsnya di bawah ini yuk: 

1. Minum cairan dingin

Minumlah cairan dingin seperti air atau es teh. Ini dapat membantu menurunkan suhu dengan mendinginkan tubuh secara internal. Asupan cairan secara teratur juga dapat mencegah dehidrasi. Perlu kamu ketahui jika terjadi dehidrasi, maka panas tubuh akan meningkat.

2. Pergi ke suatu tempat dengan udara yang lebih sejuk

Pergilah ke tempat dengan udara yang lebih sejuk, karena dapat membantu menghilangkan panas pada tubuh. 

3. Mandi dengan air dingin

Coba untuk mandi dengan air dingin agar dapat menurunkan suhu tubuh.

4. Kompres air dingin ke tubuh

Kompres air dingin ke beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan, leher, dada, dan pelipis. Pasalnya bagian-bagian tubuh tersebut dapat dengan cepat menurunkan suhu yang mengalir melalui pembuluh darah. Cara satu ini dapat membuat tubuh terasa lebih sejuk.

5. Jangan banyak bergerak

Jangan banyak bergerak sehingga tubuh tidak semakin panas. Cobalah untuk menghindari olahraga berat dan membatasi gerakan.

6. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Gunakan pakaian yang bahannya cepat menyerap keringat. Biasanya panas lebih mudah menyerap dengan bahan kain alami, seperti katun dan linen. Bahan tersebut memungkinkan panas keluar dari tubuh lebih mudah daripada kain sintetis, seperti akrilik dan nilon.

7. Minum suplemen 

Konsumsi suplemen. Sebenarnya tergantung pada penyebab suhu tubuh tinggi, namun setidaknya mengonsumsi suplemen dapat membantu mengatur panas tubuh.

Sebuah studi di 2018 yang membandingkan ekstrak tumbuhan, menemukan bahwa minyak evening primrose dan black cohosh ternyata sangat efektif mengurangi tingkat keparahan hot flash pada orang yang mengalami perimenopause atau menopause.

8. Coba periksa ke dokter dan tanyakan tentang kesehatan tiroid

Coba lakukan pemeriksaan ke dokter terkait dengan kesehatan tiroid. Terkadang, panas tubuh yang tinggi juga bisa disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif. Apabila ini yang menjadi sumber masalahnya, kamu mungkin juga akan merasakan beberapa gejala lain seperti detak jantung yang cepat, berkeringat, penyakit kuning, dan kebingungan.

Apa penyebab suhu tubuh bisa meningkat selain karena cuaca?

Beberapa faktor juga dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat seperti:

  • Memiliki penyakit inflamasi, seperti infeksi. Penyakit seperti itu dapat menyebabkan demam. 
  • Memiliki gangguan tiroid yang dikenal sebagai hipertiroidisme. Kondisi ini menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.
  • Mengenakan pakaian sintetis yang ketat. 
  • Konsumsi makanan pedas, berminyak, atau digoreng. Selain itu, kacang-kacangan, daging, dan makanan berprotein tinggi lainnya dapat menyebabkan stres panas.
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol.
  • Melakukan latihan fisik yang intensif. Ini dapat menyebabkan peningkatan panas karena otot yang aktif dan adanya aktivitas sirkulasi darah. 
  • Memiliki kondisi medis tertentu yang memengaruhi suhu tubuh meningkat, seperti jenis radang sendi, leukemia, dan gangguan saraf.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan suhu tubuh tinggi, seperti antibiotik tertentu, opioid, dan antihistamin.
  • Sedang mengalami dehidrasi sehingga menurunkan kemampuan tubuh untuk berkeringat. 

Itulah beberapa tips agar tubuh tetap sejuk saat berada di cuaca yang panas. 

Baca juga: 10 Dampak Cuaca Panas terhadap Tubuh dan Kesehatan, Jangan Anggap Sepele!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Instagram.com (2022) diakses pada 12 Mei 2022. Kondisi Panas Terik Terjadi di Sejumlah Wilayah, BMKG: Bukan Gelombang Panas
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 12 Mei 2022. How to Reduce Body Heat Quickly and Get Relief
  3. Medicalnewstoday.com (2019) diakses pada 12 Mei 2022. The best ways to reduce body heat
  4. Ncbi.nlm.nih.gov (2018) diakses pada 12 Mei 2022. A comparative study on the effect of “black cohosh” and “evening primrose oil” on menopausal hot flashes
  5. Cdc.gov (2021) diakses pada 12 Mei 2022. Keep Your Cool in Hot Weather!
    register-docotr