Info Sehat

Tak Hanya Manis, Ini 5 Manfaat Madu Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh

October 3, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kamu penggemar madu? Kamu harus wajib tahu dengan jenis madu satu ini: Clover honey. Clover honey adalah jenis madu yang tengah populer, selain dapat dijadikan sebagai pemanis alami, madu ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh lho.

Nah, berikut ini manfaat clover honey bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

Kandungan nutrisi clover honey

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang dibuat oleh lebah madu dengan cara mengumpulkan nektar (sari bunga) dari tanaman semanggi. Madu ini memiliki warna lebih cerah dibandingkan dengan madu lain.

Rasanya yang manis dan beraroma bunga menjadikannya populer di kalangan penggemar madu. Adapun beberapa nutrisi yang terkandung dalam clover honey yakni:

  • Kalori: 60 kalori
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 17 gram

Selain memiliki kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, madu ini juga menawarkan sejumlah kecil vitamin dan mineral, termasuk magnesium, kalium, zat besi, dan zinc.

Tak hanya itu saja, clover honey juga kaya akan antioksidan lho yang mana ini bermanfaat untuk tubuhmu.

Baca juga: Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Apa saja manfaat clover honey bagi kesehatan tubuh?

Jika kamu mengonsumsi madu ini, kamu dapat memperoleh sejumlah manfaat. Beberapa manfaat clover honey di antaranya adalah:

1. Sebagai antivirus dan antibakteri

Baik clover honey maupun jenis madu lainnya memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tentu saja ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Menurut sebuah studi yang membandingkan kapasitas antibakteri dari 16 jenis madu, clover honey memiliki aksi antibakteri terkuat terhadap sel Staphylococcus aureus yang berbahaya. Ini setara dengan dosis 2.2 mg antibiotik kanamycin.

Selain itu, clover honey juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka, seperti luka bakar ringan dan luka gores. Hal ini dikarenakan bakteri tidak dapat menjadi resisten terhadap madu.

Sebagai tambahan, madu ini juga memiliki potensi antivirus. Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa mengoleskan 5 persen clover honey pada sel-sel kulit yang terinfeksi virus cacar air, secara signifikan dapat menurunkan tingkat kelangsungan hidup virus.

2. Kaya akan kandungan antioksidan

Kandungan yang paling populer dalam clover honey adalah kandungan antioksidan. Clover honey dikemas penuh dengan antioksidan lho.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat mencegah atau mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, karena kandungan antioksidan tersebut, clover honey dapat menurunkan risikomu untuk terkena suatu penyakit tertentu.

Di sisi lain, clover honey mengandung flavanol antiinflamasi dan antioksidan asam fenolik yang tinggi. Flavanol dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, sedangkan asam fenolik dapat memperkuat sistem saraf pusat.

3. Mengatur tekanan darah

Manfaat lain dari clover honey adalah dapat mengatur tekanan darah. Mengonsumsi madu ini secara rutin di pagi hari dapat membantu menjaga tekanan darah. Eitss, tetapi jangan dikonsumsi secara berlebihan ya, cukup satu atau dua sendok teh saja.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa clover honey tidak boleh dianggap sebagai pengganti obat tekanan darah.

4. Meredakan gejala flu dan batuk

Clover honey dapat dijadikan sebagai pengobatan rumahan untuk meredakan gejala batuk dan flu. Ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk sifat antibakterinya. Clover honey sendiri memiliki efek menenangkan pada sakit tenggorokan.

Madu yang tengah populer ini juga dapat membantu mengencerkan lendir. Kamu hanya perlu mencampur satu sendok teh madu dengan air hangat, kemudian tambahkan jus lemon.

Ramuan tersebut dapat membantu meredakan batuk pada anak sekaligus menjadi obat batuk yang bagus untuk anak-anak yang berusia 2-4 tahun.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antibakteri yang dimiliki oleh clover honey sebagian berasal dari hidrogen peroksida yang ditemukan di sebagian besar jenis madu. Ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan zat asing dan potensi infeksi di seluruh tubuh.

Maka tidak heran, jika manfaat lain dari clover honey yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Nah, itulah manfaat clover honey yang perlu kamu tahu. Tak hanya memiliki rasa yang manis dan nikmat, manfaat yang disediakan oleh clover honey juga banyak sekali. Namun, jika kamu ingin menjadikan clover honey sebagai pemanis alami, gunakanlah dalam jumlah sedang ya.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthbenefitstimes.com. Diakses pada 02 Oktober 2020. Clover Honey 

Healthline (2019). Diakses pada 02 Oktober 2020. What Is Clover Honey? Uses, Nutrition, and Benefits

Inspire Uplift (2020). Diakses pada 02 Oktober 2020. Clover Honey: Nutrition, Benefits & Uses 

Medical Daily (2019). Diakses pada 02 Oktober 2020. Clover Honey Health Benefits That Will Surprise You 

Organic Facts (2020). Diakses pada 02 Oktober 2020. 5 Best Health Benefits of Clover Honey 

Chang, Xin, Jiehua Wang, Shaohui Yang (2011). Antioxidative, Antibrowning and Antibacterial Activities of Sixteen Floral Honeys. NIH (diakses pada 02 Oktober 2020)

Shahzad, Aamir, Randall J Cohrs (2012). In Vitro Antiviral Activity of Honey Against Varicella Zoster Virus (VZV): A Translational Medicine Study for Potential Remedy for Shingles. NIH (diakses pada 02 Oktober 2020)

    register-docotr