Info Sehat

Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh!

September 19, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bunga telang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman rumah. Tetapi siapa sangka di balik tampilannya yang unik, manfaat bunga telang juga begitu banyak untuk kesehatan.

Apa saja kira-kira khasiat bunga yang berwarna biru ini bagi tubuh? Terus lanjutkan membaca artikel di bawah ini untuk menemukan jawabannya, ya.

Apa itu bunga telang?

Butterfly pea atau yang lebih dikenal sebagai bunga telang merupakan tanaman herba tahunan yang termasuk dalam keluarga Fabaceae.

Bunga ini berbentuk seperti corong yang memiliki panjang sekitar 4 cm dan lebar 3 cm. Warnanya ada yang biru muda sampai biru tua, ungu muda atau putih, dan memiliki warna kuning di bagian dalamnya.

Wilayah asli dari bunga ini belum diketahui secara pasti, namun beberapa mengatakan dari Asia dan ada juga yang mengatakan dari Amerika tropis.

Bunga ini sering diolah menjadi berbagai makanan dan minuman seperti teh, nasi, dan sirup. Bunga telang merupakan salah satu dari tanaman yang semua bagiannya memiliki manfaat bagi manusia.

Baca juga: Jangan Dulu Dibuang, Ini Dia Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi butterfly pea

Manfaatnya yang begitu banyak tidak bisa lepas dari kekayaan nutrisi yang ada di dalam bunga ini.

Tidak hanya sarat dengan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas, butterfly pea juga bebas kafein dan mengandung berbagai senyawa bioaktif yang bermanfaat secara medis, meliputi:

  1. Antharaquinone
  2. Tannin
  3. Phlobatannin
  4. Karbohidrat
  5. Saponin
  6. Triterpenoid
  7. Phenol
  8. Flavonoid
  9. Glikosida flavonol
  10. Protein
  11. Alkaloid
  12. Anthosianin
  13. Steroid

Tak hanya itu, dilansir Ukesma UGM, kembang telang juga memiliki gizi tinggi dengan kandungan serat kasar sekitar 27 persen, dan protein 19 persen. Adapun bagian yang berprotein paling tinggi adalah bijinya.

Manfaat bunga telang

Di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand kelopak bunga telang biasanya dijadikan sebagai pewarna makanan alami, sedangkan bagian lainnya banyak dijadikan sebagai obat tradisional.

Biasanya bunga telang dikonsumsi dalam bentuk teh untuk mendapatkan manfaatnya. Dilansir berbagai sumber, berikut adalah manfaat lain dari bunga telang yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat pertama dari bunga telang yang bisa kamu peroleh adalah bunga cantik ini dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal ini telah diketahui sejak dulu, di mana daun dan biji kembang telang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk tonik otak.

Pemberiannya pada anak-anak sering disertai campuran madu dan mentega terlebih dahulu. Ini dipercaya mampu meningkatkan kemampuan mengingat dan kecerdasan, dan pembentuk kekuatan otot.

Bunga telang juga mengandung asetilkolin yang merupakan pembawa pesan kimiawi atau neurotransmitter yang memiliki peranan penting dalam fungsi otak dan otot.

Asetilkolin dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia yang dapat menyebabkan hilangnya memori dan masalah lainnya. Mengonsumsi olahan bunga telang dapat meningkatkan kadar asetikolin di dalam otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir.

2. Membantu mengatasi berbagai jenis penyakit mata

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan proanthocyanidin yang dapat membantu meningkatkan penglihatan dengan cara meningkatkan aliran darah di kapiler mata. Hal ini juga dapat memungkinkan mata menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya.

Karena hal tersebut, bunga telang digunakan sebagai pengobatan untuk mengobati glaukoma, penglihatan kabur, serta kerusakan retina atau mata lelah.

Tak hanya itu saja, akar dari tanaman bunga telang juga banyak digunakan di Asia Tenggara untuk mengobati infeksi mata seperti ‘mata merah’ atau konjungtivitis.

3. Manfaat butterfly pea untuk meredakan asma

Reaksi alergi dapat menjadi pemicu terjadinya asma. Beberapa penelitian menujukkan bahwa bunga telang dapat membantu untuk mengobati kondisi tersebut.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, ekstrak etanol dari bunga telang telah terbukti memiliki efek anti-asma. Di mana ekstrak bunga ini dinilai sama efektif dengan obat asma.

4. Membantu mengatasi keluhan akibat diabetes

Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh terjadinya gula darah tinggi, dan ketidakmampuan tubuh menghasilkan hormon insulin.

Sebuah studi menyatakan bahwa pemberian ekstrak air bunga telang
secara oral (400 mg/kg berat badan) kepada tikus percobaan mampu menurunkan glukosa serum dan meningkatkan produksi hormon insulin.

Hal ini menunjukkan bahwa bunga telang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati diabetes. Cara kerjanya adalah dengan mengontrol penyerapan gula darah, sehingga dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah pada orang dengan diabetes.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Bunga telang memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, termasuk keracunan makanan. Meskipun demikian, perawatan lebih lanjut dari dokter masih tetap diperlukan, ya.

6. Manfaat bunga telang untuk mengatasi sakit kepala

Sakit kepala dapat menyerang kita secara tiba-tiba. Tak perlu langsung minum obat, kamu bisa coba meredakan keluhannya dengan mengonsumsi olahan bunga telang. Salah satunya dalam bentuk ekstrak teh.

7. Memiliki sifat antitumor

Dikutip dari Republika.co.id, pada tahun 2019 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan bahwa bunga telang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Bunga telang memiliki kandungan flavonoid, seperti kaempferol dan quercentin yang dinilai dapat digunakan sebagai antikanker dan antitumor.

8. Meredakan stres

Bunga telang merupakan ramuan adaptogenik yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

Studi yang dilansir dari Majesticherbs, juga menunjukkan bahwa teh bunga telang mampu mengurangi dampak biologis dari stres pada tikus ketika dikonsumsi dengan dosis 400 mg/kg.

Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini untuk melihat pengaruh bunga butterfly pea dalam mengurangi stres.

9. Manfaat butterfly pea sebagai zat antioksidan

Peningkatan stres oksidatif sangat berperan pada terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, atau serangan jantung.

Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang merupakan salah satu bunga yang memiliki aktivitas antioksidasi, sehingga bisa membantu kamu terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

10. Menurunkan demam

Clitoria ternatea dianggap dapat menurunkan demam (antipiretik) dengan melebarkan pembuluh darah tepat di bawah kulit, yang meningkatkan aliran darah sehingga lebih mudah didinginkan.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak metanol dari tanaman ini dievaluasi untuk potensi anti-piretiknya pada suhu tubuh normal pada tikus albino. Hasilnya, ekstrak butterfly pea pada dosis 200, 300 dan 400 mg/kg menghasilkan penurunan yang signifikan pada suhu tubuh normal.

11. Butterfly pea untuk kesehatan jantung

Baik biji maupun ekstrak akar bunga telang terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida sehingga bisa memberikan efek positif pada kesehatan jantung.

12. Mencegah rambut rontok

Dalam pengobatan kuno Thailand dan beberapa negara Asia lainnya, ramuan butterfly pea telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati kebotakan pada pria dan kemunculan uban yang terlalu dini.

Ini dikarenakan adanya antosianin di dalam bunga telang, yang dipercaya dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala, dan mempertahankan serta memperkuat folikel rambut.

Baca juga: Selain Antioksidan, Ini Deretan Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Cara mengolah bunga telah

Bunga telang bisa diolah dengan berbagai cara. Mulai dari makanan hingga minuman, semua dikenal bisa memberikan khasiat kesehatan yang banyak dan cita rasa yang begitu lezat.

Berikut adalah beberapa yang bisa kamu coba di antaranya adalah:

Teh telang

Selain cantik, teh telang ini akan berwarna biru saat diseduh. Tak hanya itu saja, teh telang memiliki banyak sekali manfaat yang bagus bagi tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata, karena mengandung antioksidan yaitu proanthocyanidin yang bertanggung jawab untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Sehingga teh telang efektif mengobati kerusakan retina, glaukoma atau penglihatan kabur.
  • Mengatasi kecemasan dan depresi, antioksiden yang terkandung mampu menenangkan saraf dan membuat tidur nyenyak.
  • Menurunkan berat badan, karena teh telang ini mengandung senyawa cateching EGCG, epigallocatechin gallate, yang mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme.
  • Menjaga kesehatan jantung, teh ini terah terbukti mampu menurunkan kadar kolestrol yang menjadi salah stu pemicu terjadinya penyakit jantung.

Cara membuat teh telang

Bunga telang ini memang seringkali diolah menjadi berbagai bentuk makanan, namun bisa juga dinikmati sebagai teh.

Cara membuat teh bunga telang ini pun, juga cukup mudah untuk dilakukan loh. Berikut ini adalah beberapa tahapan cara membuat teh bunga telang:

  1. Kamu cukup petik 10 kelopak bunga telang. Bunga yang dipetik bisa dalam keadaaan segar ataupun dalam bentuk kering, kemudian rendam ke dalam secangkir air panas dan diamkan selama 15 menit.
  2. Kemudian saat kelopak bunganya sudah tidak berwarna biru lagi, segera buang kelopaknya, dan saring airnya saja ya. Setelah itu airnya akan berubah menjadi warna biru. Teh bunga telang sudah siap diminum.
  3. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan campuran serai kering. Teh bunga telang juga bisa dicampur dengan beberapa tetes jus jeruk nipis, agar ada sensasi asam manisnya.

Nasi bunga telang

Telah disebutkan sebelumnya bahwa selain teh, bunga telang banyak juga yang mengolah menjadi nasi biru. Berikut salah satu resep yang bisa kamu coba untuk menyajikan nasi bunga telang yang lezat.

Bahan:

  • 1 mangkuk air bunga telang
  • 65 ml santan kelapa
  • 1 batang serai, digeprek
  • 3 iris lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • Beras putih
  • 1/2 sdm garam
  • Kaldu secukupnya

Cara memasak:

  • Pertama, pastikan kamu mencuci bersih beras, kemudian masukkan ke dalam rice cooker.
  • Setelah itu menyusul masukkan juga semua bahan bumbu yang lain.
  • Jika semua bahan sudah dimasukkan, tambahkan air sampai tinggi rendaman seruas jari telunjuk dari permukaan beras.
  • Terakhir, masak nasi seperti biasa sampai matang. Dan nasi bunga telang siap disajikan.

Hiasan makanan

Memiliki tampilan warna yang indah dan biru khas, bunga telang sering dijadikan sebagai garnish hidangan, seiring dengan munculnya tren edible flowers.

Nah, itulah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh, banyak sekali bukan?

Meskipun demikian, jika kamu ingin mengonsumsi ramuan bunga telang, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan, ya.

Masih punya pertanyaan seputar manfaat bunga telang? Konsultasikan sekaligus masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthbenefitstimes.com. Diakses pada 28 Agustus 2020. Facts about Butterfly Pea (Clitoria Ternatea)

Majestic Herbs. Diakses pada 28 Agustus 2020. Clitoria Ternatea – Blue Butterfly Pea Flowers Benefits

Medical News Today (2019). Diakses pada 28 Agustus 2020. What to Know About Acetylcholine

Republika.co.id (2019). Diakses pada 28 Agustus 2020. Bunga Telang Bisa Dimanfaatkan Hambat Kanker Payudara

K Oguis, Georgianna, Edward  K Gilding (2019). Diakses pada 28 Agustus 2020. Butterfly Pea (Clitoria ternatea), a Cyclotide-Bearing Plant With Applications in Agriculture and Medicine. NCBI (diakses pada 28 Agustus 2020)

Chauhan, Neelmani, dan Saurabh Rajvaidhya (2011). Diakses pada 28 Agustus 2020. Antiasthmatic effect of roots of Clitorea ternatea Linn. Research Gate (diakses pada 28 Agustus 2020)

What Is Blue Butterfly Pea Flower Good For?, https://blog.sonyadakar.com/what-is-blue-butterfly-pea-flower-good-for/#:~:text=Nutritional%20value,vitamin%20A%2C%20C%20and%20E. diakses pada 16 Februari 2021

Berbagai manfaat bunga telang, https://ukesma.ukm.ugm.ac.id/2018/04/19/berbagai-manfaat-tanaman-bunga-telang-clitoria-ternatea/ diakses pada 16 Februari 2021

diakses pada 16 Februari 2021

    register-docotr