Info Sehat

Sering Timbul Suara Angin di Telinga? Ternyata Ini Penyebabnya!

October 27, 2020 | Richaldo Hariandja
no-image

Ada banyak suara aneh yang bisa kamu dengar di telinga, mulai dari suara berdenging hingga gemuruh yang menyerupai angin. Penyebabnya pun beragam, mulai dari mekanisme pertahanan tubuh hingga masalah kesehatan.

Pada sebagian orang, suara-suara tersebut timbul lebih sering daripada yang lain. Dia bisa datang secara konstan atau hilang dan pergi dengan sendirinya.

Baca Juga: Ampuh dan Mudah, Begini Cara Tepat Mengatasi Telinga Tersumbat

Penyebab suara angin di telinga

Suara yang timbul di telinga bisa menyerupai suara angin, berdenging atau suara air deras. Penyebabnya antara lain:

Mekanisme pertahanan telinga

Suara gemuruh yang timbul di telinga bisa jadi merupakan mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh tubuh. Karena terkadang suara yang kamu dengar dari luar terlalu bising dan bisa merusak telinga.

Maka dari itu telinga akan menurunkan risiko kerusakan itu dengan mengerutkan otot di dalam telinga untuk menurunkan atau meredam suara yang masuk ke telinga. Otot yang bekerja itu disebut tensor tympani.

Otot ini bekerja untuk menarik tulang martil (yang berfungsi untuk pendengaran) menjauh dari gendang telinga. Sebagai hasilnya, gendang telinga tidak mampu bergetar sebanyak yang biasanya.

Menjauhnya tulang martil juga memberikan efek peredam sehingga muncul suara seperti bergemuruh. Meskipun tidak semua orang mengalaminya, tapi biasanya hal ini terjadi ketika kamu mengunyah, batuk, menguap atau berteriak.

Masalah kesehatan

Terkadang, suara angin di telinga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti:

Infeksi di telinga

Infeksi di telinga bagian tengah atau otitis media dapat terjadi ketika ada cairan di gendang telinga kamu yang tidak bisa mengering. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri di telinga, sensasi penuh di telinga hingga masalah pendengaran.

Terkadang, masalah pendengaran yang terjadi itu dapat membuat kamu merasakan sensasi seperti suara gemuruh di telinga.

Penyakit meniere

Penyakit ini merupakan kelainan di telinga bagian dalam yang biasanya menimpa salah satu sisi telinga. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini antara lain pusing, timbulnya suara berdenging di telinga, kehilangan kemampuan pendengaran, sensasi penuh atau tersumbat di telinga.

Sensasi penuh atau sumbatan di telinga itu terkadang menyebabkan suara seperti gemuruh angin.

Apakah timbulnya suara ini bisa dikontrol?

Terkadang, suara gemuruh angin di telinga dapat kamu kontrol, lho. Beberapa orang bisa mengontrol kontraksi otot tensor tympani di telinga sesuai kehendak mereka.

Beberapa orang mungkin melakukan hal ini tanpa disadari. Mereka terkadang mengalami sensasi suara angin di telinga tanpa sadar bahwa hal itu timbul karena perbuatan mereka sendiri.

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang yang bisa mengendalikan otot tensor tympani, cobalah lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memicu sensasi ini timbul seperti mengunyah, batuk, menguap atau berteriak.

Apakah suara angin ini berarti tinnitus?

Tinnitus adalah kondisi yang menyebabkan kamu dapat mendengar suara di dalam telinga meskipun tidak ada suara sama sekali di sekitar kamu. Terkadang suara ini berupa suara mendenging atau dapat juga berupa cicitan, desisan, gemuruh hingga suara mendesing.

Penyebab tinnitus pada tiap orang berbeda-beda, terkadang bisa disebabkan oleh adanya abnormalitas di pembuluh darah ataupun masalah pada otot di telinga. Salah satu otot yang bisa bermasalah adalah otot tensor tympani.

Suara angin yang bergemuruh di telinga juga bisa disebabkan oleh tinnitus. Itu berarti, timbulnya suara ini tidak ada kaitannya dengan aktivitas mengunyah atau menguap yang bisa jadi pemicu suara gemuruh ini.

Baca Juga: Telinga Teraba Panas? Bisa Jadi Ini 7 Faktor Penyebabnya dari Sisi Medis!

Bagaimana cara menangani hal ini?

Mayoritas penyebab suara angin di telinga ini bukan suatu masalah kesehatan yang serius. Bahkan kalau penyebabnya adalah tinnitus, gejalanya pun biasanya tidak menimbulkan masalah secara fisik, melainkan hanya mengganggu dan terasa tidak nyaman.

Kamu bisa menghindari sensasi ini timbul dengan menghindari paparan pada sumber suara atau aktivitas yang bising dan berpotensi merusak telinga. Kalau kamu tahu akan pergi ke tempat yang menghasilkan suara bising, maka pakailah penyumbat telinga.

Meskipun demikian, kamu harus tetap waspada terhadap potensi penyakit yang bisa menyebabkan suara angin di telinga. Maka dari itu, jika gejala ini timbul maka kamu harus segera menemui dokter:

  • Demam yang dapat mengindikasikan adanya infeksi di dalam tubuh
  • Masalah dengan kesimbangan kamu
  • Suara gemuruh atau berdenging di telinga yang mengganggu aktivitas kamu seharian.

Demikianlah segala sesuatu tentang masalah suara angin di telinga yang mesti kamu pahami. Selalu waspadai potensi penyakit di telinga, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 26 Oktober 2020. What’s Causing That Rumbling Sound in My Ear?
  2. Family Doctor, diakses 26 Oktober 2020. Tinnitus
    Berita Terkait
    register-docotr