Info Sehat

Sering Ngantuk Setelah Makan? Begini Cara Menghilangkannya

August 30, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kebanyakan orang merasakan ngantuk setelah makan, apalagi sehabis makan siang. Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan ngantuk setelah makan, simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Yuk, Ketahui Bagaimana Pola Makan Sehat untuk Cegah Tifus

Cara menghilangkan ngantuk setelah makan

Rasa kantuk ini bisa diakibatkan beberapa hal, salah satunya adalah produksi hormon serotonin dan melatonin. Ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan rasa ngantuk setelah makan, antara lain:

Bergerak setelah makan

Sebaiknya saat setelah makan, kamu jangan langsung kembali ke meja kerja atau bangku kelas. 

Usahakn untuk aktif bergerak paling tidak 15 menit, misalnya dengan berjalan dan berkeliling kantor. Aktivitas sederhana ini bisa meningkatkan aliran darah, sehingga distribusi nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh bisa lebih lancar. 

Makan lebih sering dengan porsi sedikit

Pada dasarnya rasa kantuk dan letih usai menyantap makanan biasanya terjadi karena tubuh kita kesulitan untuk mencerna makanan dalam porsi besar. 

Tidak hanya itu, tingkat gula darah yang rendah juga dapat membuat kita mengantuk. Usahakan agar perut tidak kosong lebih dari tiga jam agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap seimbang.

Jaga porsi makan kamu jangan sampai berlebihan karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh kamu merasa lelah dan ngantuk.

Usahakan sarapan dengan menu yang sehat

Usahakan sarapan menu sehat karena apa yang kamu konsumsi di pagi hari akan sangat berpengaruh terhadap kinerja tubuh seharian. 

Sebaiknya kamu juga jangan menyantap menu sarapan yang asal kenyang saja, namun juga bernutrisi, seperti yoghurt, buah, atau sereal.

Menyantap sarapan sehat mampu mencegah turunnya energi dan meningkatkan kinerja mental serta fisik saat beraktivitas sehari-hari.

Minum air putih yang cukup

Pastikan kamu minum air putih yang cukup saat makan. Hal ini dikarenakan air putih dapat menghidrasi tubuh, sehingga kamu terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan rasa mengantuk. 

Sebab semua organ dalam tubuh manusia pastinya akan membutuhkan air untuk melakukan fungsinya.

Cukup tidur

Pada umumnya, kamu diharuskan untuk stirahat yang cukup setiap hari. Tidurlah 7-8 jam dalam semalaman, maka akan sangat membantu kamu semangat untuk beraktifitas keesokannya dengan fokus. 

Bangunlah setiap hari pada jam yang sama, sehingga tubuh akan melakukan rutinitas yang tetap dengan terbiasa. Kurang tidur atau bangun terlalu pagi akan membuat kamu merasa lelah di sore harinya.

Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi

Saat makan siang, sebaiknya kamu jangan mengonsumsi makanan mengandung pemanis buatan dan lemak tinggi. 

Gula memang bisa meningkatkan energi seketika, namun hal tersebut hanya berlangsung sementara saja. Setelah efeknya hilang, gula justru akan membuat kita merasa letih dan lemas.

Hindari konsumsi kafein

Usahakan untuk menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena jika dikonsumsi seusai makan siang untuk mencegah kantuk datang.  

Namun, cara ini hanya bersifat sementara saja, dan justru akan menimbulkan efek lemas dan lelah setelahnya. Hal ini disebabkan karena sifat kafein yang mengurangi cairan tubuh kita dan menyebabkan dehidrasi.

Olahraga setelah makan

Sebaiknya usai menyantap makanan, tunggulah selama kurang lebih 15 menit hingga makanan selesai dicerna. 

Setelah itu, cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau push up untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, sehingga tubuh kamu mendapatkan energi yang cukup.

Pilihlah makanan dengan kandungan protein tinggi

Cobalah untuk mengganti menu makan siangmu dengan jenis makanan yang bisa memberikan energi. 

Hal ini dikarenakan beberapa jenis makanan berprotein tinggi seperti daging, telur, keju, dan kacang-kacangan dapat menjaga aliran gula darah tetap stabil sehingga mencegah timbulnya rasa kantuk.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. doctorshealthpress.com (2017) diakses 28 Agustus 2020. Sleepiness after Eating: 9 Causes and Treatments. 28 Agustus 2020 pukul 19.00.
  2. medicalnewstoday.com (2020) diakses 28 Agustus 2020. Why do people feel tired after eating?. 28 Agustus 2020 pukul 19.30.
  3. food.ndtv.com (2018) diakses 28 Agustus 2020. 7 Effective Tips To Control Sleepiness After Lunch. 28 Agustus 2020 pukul 19.45.
    register-docotr