Info Sehat

Daftar Penyebab Rahang Sakit Saat Mengunyah dan Cara Mengatasinya

June 6, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Rahang sakit saat mengunyah pastinya mengganggu kenyamanan. Biasanya rahang juga akan sakit saat berbicara. Nah, ternyata ada beberapa penyebab rahang sakit saat mengunyah. 

Bisa disebabkan cedera pada sendi rahang atau kondisi lain yang kemudian memengaruhi rahang. Berikut penjelasan lebih lanjutnya. 

Penyebab rahang sakit saat mengunyah

Berikut adalah daftar penyebab rahang sakit. Bukan cuma menyebabkan rahang sakit saat mengunyah, tetapi juga berbicara dan penyebab rahang sakit secara umum. 

1. Temporomandibular joint and muscle disorder (TMD)

TMD dalam bahasa Indonesia disebut sebagai gangguan sendi dan otot temporomandibular. Menurut Healthline, kondisi ini memengaruhi hampir 10 juta orang di Amerika. 

TMD juga punya nama lain, yaitu TMJ. Kondisi adalah masalah sendi engsel di setiap sisi rahang. Jika mengalaminya, mungkin kamu juga mengalami masalah lainnya. Karena TMD biasanya terjadi karena disebabkan oleh:

  • Rasa sakit dari otot yang mengontrol gerakan rahang
  • Cedera pada sendi rahang
  • Stimulasi berlebih pada sendi rahang
  • Berpindahnya posisi cakram yang biasanya membantu melindungi gerakan rahang
  • Radang sendi pada cakram pelindung yang melindungi sendi rahang

Sementara itu, jika disebabkan oleh kerusakan pada sendi rahang atau otot yang mengontrol gerakan rahang, biasanya disebabkan oleh:

  • Menggertakan gigi di malam hari
  • Tanpa sadar mengepalkan rahang karena stres atau kecemasan
  • Trauma pada sendi rahang karena terhantam saat berolahraga

2. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster adalah salah satu jenis kepala yang menyebabkan rasa sakit di belakang atau di sekitar salah satu mata. Tapi rasa sakitnya bisa menjalar hingga rahang. 

3. Masalah sinus

Sinus atau rongga berisi udara yang terletak di dekat sendi rahang dapat terinfeksi. Jika terinfeksi kuman, virus atau bakteri dapat menyebabkan adanya lendir berlebih. 

Lendir tersebut dapat menyebabkan tekanan pada sendi rahang. Sendi yang tertahan kemudian akan terasa sakit.

4. Sakit gigi

Infeksi gigi atau abses gigi dapat menjalar ke berbagai bagian di sekitar mulut, termasuk menjalar ke rahang. Sehingga memungkinkan kamu mengalami rahang sakit saat mengunyah.

5. Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal adalah kondisi yang disebabkan oleh tekanan saraf trigeminal, yang memberikan sensasi nyeri ke sebagian besar wajah. 

Sensasi nyeri bisa terasa hingga rahang atas dan bawah. Jika merasakan rahang sakit saat mengunyah, berbicara, atau sakit yang sangat mengganggu, periksakan segera kondisimu. Karena mungkin kamu mengalami neuralgia trigeminal. 

6. Serangan jantung 

Mungkin kamu akan mengira gejala serangan jantung hanya rasa sakit di dada, sesak atau rasa tidak nyaman di dada. Ternyata nyeri di rahang juga bisa menjadi tanda serangan jantung, loh. 

Selain di dada, pada orang yang mengalami serangan jantung juga bisa merasakan nyeri di lengan, punggung, leher dan rahang. 

Khususnya wanita yang mungkin mengalami nyeri rahang di sisi kiri wajah selama serangan jantung. Segera cari bantuan medis jika mengalami gejala seperti:

  • Tidak nyaman di dada
  • Sesak napas
  • Berkeringat
  • Mual
  • Lemah

7. Osteomielitis

Ini adalah infeksi langka, namun dapat memengaruhi tulang rahang dan jaringan terkait. Biasanya ini terjadi karena komplikasi dari pembedahan gigi. 

Bagaimana meredakan rahang sakit saat mengunyah? 

Bantuan yang paling mungkin dilakukan adalah pengobatan rumahan. Misalnya kompres panas atau kompres dingin. 

  • Kompres dingin: Caranya dengan memasukkan es batu ke dalam kantung kompres atau membungkusnya di dengan kain dan kompres di wajah selama 10 menit. Angkat kompres selama 10 menit dan ulangi kompres. 
  • Kompres panas: Basahi waslap dengan air panas lalu kompres di wajah. Panas tersebut dapat mengendurkan otot rahang yang terlalu aktif dan dapat menghilangkan sakit. 

Pilihan lain untuk mengobati rahang sakit saat mengunyah

  • Minum pereda nyeri

Kamu bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen. 

  • Pijat sendiri sendi yang mengalami gangguan

Gunakan jari telunjuk dan tengah, tekan area yang sakit, misalnya di dekat telinga, di mana sendi rahang bertemu.

Pijat dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 putaran, lalu buka mulut dan ulangi beberapa kali. Pijatan tambahan di sekitar leher juga dapat membantu meredakan ketegangan. 

Jika nyeri rahang tidak membaik atau justru bertambah parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 2 Juni 2021
Understanding Jaw Pain: How to Find Relief
Medical News Today, diakses 2 Juni 2021
Everything you need to know about jaw pain
WebMd, diakses 2 Juni 2021
Temporomandibular Joint Disorders (TMD, TMJ)

    register-docotr