Info Sehat

Punya Gejala yang Mirip, Ini Perbedaan Eksim dan Psoriasis

July 12, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Penyakit eksim atau psoriasis adalah kondisi kulit yang ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, hingga peradangan.

Walaupun kedua penyakit tersebut sudah umum diketahui banyak orang, tetapi hingga kini masih sulit dibedakan karena memiliki gejala yang mirip. Agar tidak salah, ketahui yuk perbedaan antara eksim dan psoriasis!

Perbedaan eksim dan psoriasis

Nah, apa saja ya perbedaan eksim dan psioriasis yang bisa dikenali? Berikut ulasannya:

Psoriasis

Melansir penjelasan laman Healthline, psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menghasilkan kelebihan produksi sel-sel kulit. Sel-sel kulit mati ini kemudian menumpuk menjadi sisik berwarna putih keperakan.

Kulit pun menjadi radang dan cenderung berwarna merah, serta menyebabkan gatal yang cukup parah.

Saat ini belum ada obat yang spesifik untuk mengobati psoriasis. Tetapi beberapa perawatan farmasi topikal berbasis sistemik dapat membuat kondisi ini menjadi remisi. Psioriasis juga tidak menular.

Eksim

Eksim atau yang disebut juga sebagai eczema atau dermatitis atopik, mungkin juga merupakan kondisi jangka panjang yang memengaruhi kulit. Ini terjadi karena reaksi hipersensitivitas.

Hal tersebut menyebabkan kulit bereaksi berlebihan terhadap pemicu tertentu seperti pewarna, kain, sabun, hewan, dan iritan lainnya.

Eksim sangat umum terjadi pada bayi. Banyak orang biasanya mengatasi hipersensitivitas pada masa kanak-kanak atau dewasa awal. Kulit dapat tampak merah, meradang, mengelupas, pecah-pecah, melepuh, atau berisi nanah. Umumnya, itu tidak ditutupi dengan kulit mati bersisik.

Seperti halnya psoriasis, dermatitis dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan menyebabkan rasa gatal yang hebat. Kebanyakan eksim dapat dibersihkan dengan pengobatan topikal.

Bagian tubuh yang biasanya timbul eksim dan psoriasis

Mana saja bagian tubuh yang rentan terkena eksim dan psioriasis? Berikut ulasannya:

Eksim 

Eksim sering muncul di bagian tubuh yang menekuk seperti siku bagian dalam atau di belakang lutut. Tak hanya itu saja eksim juga bisa timbul di area leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.

Terkadang bayi mengalami di dagu, pipi, kulit kepala, dada, punggung, lengan, dan kaki mereka.

Psoriasis

Psoriasis sering muncul di tempat-tempat seperti:

  • Siku
  • Lutut
  • Kulit kepala dan wajah
  • Punggung bawah
  • Telapak tangan
  • Telapak kaki

Area lain yang mungkin juga timbulnya psoriasis yaitu: 

  • Kuku tangan dan kuku kaki
  • Mulut dan bibir
  • Kelopak mata
  • Telinga
  • Lipatan kulit

Psoriasis vs eksim di wajah

Selain di bagian tubuh tersebut, eksim maupun psioriasis juga bisa muncul di wajah. Bagaimana prosesnya?

Psoriasis di kulit wajah

Meskipun psoriasis paling sering terjadi pada lutut dan siku, psoriasis dapat terjadi di mana saja. Ini termasuk wajah, kulit kepala, dan leher. Dengan pengobatan, psoriasis pada wajah dan kulit kepala sering sembuh, tetapi bisa kambuh.

Dalam banyak kasus, psoriasis kulit kepala meluas ke dahi, telinga, atau leher. Ini bisa sulit untuk diobati, terutama ketika rambut menghalangi.

Eksim di kulit wajah

Sama seperti psoriasis, eksim pada wajah dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Bercak bisa sangat gatal, menyebabkan kerusakan kulit lebih lanjut. Gatal dapat menyebabkan luka pada kulit yang memungkinkan terjadinya perdarahan atau infeksi.

Kekeringan yang terkait dengan eksim juga dapat menyebabkan kulit pecah-pecah. 

Eksim umumnya termasuk penyakit yang bisa melepuh berisi nanah. Menggaruk eksim dapat menyebabkan kulit mengeluarkan nanah dan membuat bercak berkerak dan berkeropeng. Eksim pada wajah sering kali dapat diobati secara topikal, tetapi obat sistemik mungkin diperlukan.

Baca juga: Daftar Obat Eksim Kering dari yang Alami sampai Pengobatan Medis

Psoriasis vs eksim di tangan

Psioriasis dan eksim juga dapat terjadi di kulit tangan, jika ini terjadi efeknya bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu pernah mengalaminya?

Psoriasis di tangan

Meskipun banyak orang memiliki bercak psoriasis di punggung tangan dan jari, tetapi yang lain juga memiliki bercak di telapak tangan.

Kulit tangan yang mengelupas dan kering secara intens dapat terjadi akibat beberapa tindakan sehari-hari, seperti mencuci tangan atau mengambil tas, sangat menyakitkan dan tidak nyaman.

Psoriasis di tangan mungkin juga termasuk psoriasis kuku. Kondisi ini menyebabkan sel kulit yang terlalu aktif memproduksi terlalu banyak sel baru di bawah kuku. Ini bisa terlihat seperti infeksi jamur yang menghitamkan kuku dan bahkan membuatnya rontok.

Eksim di tangan

Eksim muncul di tangan sangat umum. Ini karena tangan sering bersentuhan dengan sabun, losion, kain, hewan, dan alergen atau iritan lainnya.

Sering mencuci tangan dapat membaut kulit semakin kering pada penderita eksim. Eksim di tangan bisa sulit diobati karena kontak terus-menerus dengan air dan iritasi lainnya.

Psoriasis vs eksim pada kaki

Psoriasis dan eksim yang terjadi pada kulit kaki umumnya tampak lebih kering dibandingkan bagian tubuh lain. Berikut ulasannya:

Psoriasis pada kaki

Psoriasis sering terjadi pada kaki dan lutut. Meskipun beberapa psoriasis dapat menutupi sebagian besar kaki, jenis lain mungkin muncul di tambalan yang terisolasi. Berbagai jenis psoriasis memiliki penampilan yang berbeda.

Misalnya, psoriasis guttate pada kaki akan muncul bercak psoriasis merah kecil yang terpisah seperti tetesan. Namun, psoriasis plak pada kaki sering muncul dalam bentuk bercak besar tak berbentuk dengan kulit merah tebal atau sisik putih tebal.

Eksim pada kaki

Eksim pada kaki mungkin sering terjadi pada ‘lipatan’ tubuh, seperti bagian belakang lutut atau bagian depan pergelangan kaki. Area ini dapat ‘menjebak’ keringat atau iritasi dari pakaian dan udara.

Sering terkena berbagai campuran bahan kimia dapat menimbulkan iritan kulit dan area kulit yang saling bergesekan, sehingga menciptakan lingkungan yang sempurna untuk berkembangnya dermatitis atopik.

Jika eksim di bagian belakang lutut tidak diobati dengan cepat atau efektif, itu bisa menjadi sangat nyeri. Kontak terus-menerus dari pakaian dapat menyebabkan pendarahan yang signifikan dan infeksi.

Kulit kering pada psoriasis vs eksim

Baik eksim maupun psoriasis memiliki gejala khas kulit kering, namun apa ya yang membedakan?

Kulit kering psoriasis

Tidak semua bercak psoriasis tampak kering atau bersisik. Kadang-kadang, bercak merah besar mungkin tidak memiliki sisik yang terlihat. Namun, bercak psoriasis dapat terbentuk dari sel kulit mati hingga bersisik dan mengelupas.

Kulit kering eksim

Eksim sering kali mencakup bercak-bercak kulit yang sangat kering. Ini bisa membuat kulit sangat rapuh sehingga mudah retak. Pengelupasan eksim mungkin menyerupai seperti kulit terbakar sinar matahari, kulit melepuh atau kapalan yang mengelupas.

Psoriasis vs eksim pada daerah lipatan tubuh

Bagian tubuh yang kerap sangat terganggu akibat ada psoriasis ataupun eksim yakni lipatan tubuh. Misalnya, ketiak atau lipatan siku.

Psoriasis 

Psoriasis dapat berkembang di tempat yang sangat tidak nyaman. Psoriasis dapat berkembang pada alat kelamin, ketiak, bagian bawah kaki, dan lipatan kulit. Psoriasis pada lipatan kulit atau area genital akan tampak halus dan mengkilat, namun dapat menyerupai eksim.

Area yang terkena seringkali menimbulkan bercak kulit yang lebih halus dan lebih padat daripada psoriasis biasa. Ini mungkin karena peningkatan kelembapan di area lipatan pada tubuh.

Eksim 

Eksim juga banyak muncul pada daerah lipatan di tubuh terutama untuk bayi. Popok dan krim bayi dapat mengiritasi kulit sensitif, menyebabkan ruam popok yang parah. Dalam beberapa kasus, eksim menutupi seluruh area yang bersentuhan dengan popok.

Hipersensitivitas terhadap bahan popok atau krim yang digunakan untuk mencuci area tersebut dapat memperparah kulit. Beralih ke popok katun lembut atau menggunakan pembersih yang berbeda dapat membantu meringankan eksim di area genital untuk bayi.

Orang dewasa dengan eksim di area sensitif mungkin perlu mengganti detergen, pembersih, dan kain cucian.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses pada 12 Juli 2021. Psoriasis vs. Eczema Pictures: Face, Hands, and Legs
  2. Webmd.com (2020) diakses pada 12 Juli 2021. Psoriasis vs. Eczema: How to Tell the Difference
    register-docotr