Covid-19

Agar Tetap Sehat, 6 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan Anak di Rumah

July 12, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya bagi orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Namun, selama pandemi kita harus membatasi diri untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Tingkat aktivitas fisik yang berkurang selama pandemi, membuat sebagian anak-anak menjadi lebih tidak aktif secara fisik karena perubahan rutinitas sekolah, maupun sulitnya berpartisipasi dalam kegiatan berolahraga.

Tak perlu khawatir, karena ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh anak di rumah, apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Moms Wajib Tahu, Ini Jenis Tes COVID-19 yang Dianjurkan untuk Anak

Olahraga yang bisa dilakukan anak di rumah

Agar kesehatan si Kecil tetap terjaga, berolahraga penting untuk dilakukan. Namun yang perlu diingat yakni memilih jenis olahraga atau latihan untuk dilakukan oleh anak-anak. Ini harus bersifat menyenangkan agar anak-anak tidak bosan.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga atau latihan yang bisa dilakukan oleh anak-anak selama pandemi:

1. Skipping

Skipping atau lompat tali bisa menjadi bentuk aktivitas aerobik yang menyenangkan sekaligus menantang bagi anak-anak. Skipping adalah gerakan yang terkoordinasi yang dibangun berdasarkan keterampilan berlari serta melompat.

Perlu diketahui bahwa skipping memiliki banyak manfaat untuk anak, seperti meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan konsentrasi, hingga meningkatkan kekuatan tulang.

Agar olahraga lebih menyenangkan, Moms dapat menyetel musik ketika si Kecil melakukan olahraga ini.

2. Squat

Squat merupakan latihan yang tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Squat dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stabilitas, serta menargetkan beberapa kelompok otot tubuh bagian bawah, seperti otot betis maupun pinggul.

Untuk anak-anak, Moms juga bisa memadukan gerakan squat dengan gerakan melompat. Misalnya dengan membuat sebuah permainan untuk melihat seberapa tinggi si Kecil bisa melompat.

3. Hula hoop

Olahraga yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya adalah hula hoop. Hula hoop termasuk ke dalam salah satu olahraga menyenangkan yang juga  memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari membakar kalori, meningkatkan keseimbangan, hingga baik untuk otot inti.

Hula hoop sendiri adalah bentuk latihan yang bisa dilakukan di mana saja, misalnya saja halaman rumah ataupun ruang tamu.

Di samping itu, hula hoop juga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk olahraga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Moms bisa melakukan olahraga ini bersama si Kecil. Agar lebih menyenangkan, buatlah tantangan mengenai siapa yang bisa mempertahankan hoop di pinggang paling lama.

Baca juga: Mengapa Tidak Dianjurkan Merangkap Masker Medis? Ini Jawabannya!

4. Yoga

Yoga adalah bentuk latihan yang bagus untuk membangun kekuatan serta kelenturan. Sebuah tinjauan pada tahun 2015 menemukan bahwa yoga dapat mengurangi kecemasan pada anak-anak maupun remaja.

Selain itu, latihan yang satu ini juga memiliki manfaat lainnya bagi anak-anak, seperti meningkatkan fokus dan memori, hingga meningkatkan kinerja akademik.

Beberapa pose yoga yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan oleh anak-anak di antaranya adalah tree pose, child pose, cobra pose, hingga happy baby pose.

Setelah selesai, sebaiknya lanjutkanlah dengan beberapa gerakan peregangan sederhana untuk menjaga otot tetap kuat dan sehat. Di samping itu, ini juga dilakukan untuk mencegah cedera.

5. Menari

Menari adalah salah satu aktivitas fisik menyenangkan yang juga bisa dilakukan di rumah. Irama musik yang menyenangkan juga bisa membuat anak-anak menjadi lebih semangat untuk melakukan gerakan menari.

Di sisi lain, manfaat kesehatan fisik, mental, dan emosional dari menari tidak terbatas.

Adapun beberapa manfaat dari menari di antaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan keseimbangan dan kekuatan, meningkatkan kinerja kognitif, hingga meningkatkan suasana hati.

Pada anak-anak menari juga bukan hanya memungkinkan untuk mengeluarkan energi saja, melainkan juga cara yang baik untuk mengekspresikan diri.

6. Sepatu roda

Saat ini anak-anak sedang menggemari bermain sepatu roda. Ya, bermain sepatu roda juga merupakan bentuk olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak. Olahraga yang satu ini bukan hanya bisa dilakukan di luar ruangan saja, melainkan juga di rumah.

Namun sebaiknya jika ingin melakukan olahraga ini di rumah, carilah ruangan yang luas dengan permukaan yang rata. Bermain sepatu roda memiliki banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan keseimbangan dan koordinasi hingga baik untuk kesehatan jantung.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai olahraga apa saja yang bisa dilakukan oleh anak-anak di rumah. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, jangan lupa selalu terapkanlah protokol kesehatan, ya.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

About Kids Health (2021). Diakses pada 12 Juli 2021. Keeping your child active during the COVID-19 pandemic 

Healthline (2019).  Diakses pada 12 Juli 2021. Want a Fun Workout? 8 Reasons to Give Hula Hooping a Try 

Healthline (2019). Diakses pada 12 Juli 2021. 8 Benefits of Dance 

Insider (2021). Diakses pada 12 Juli 2021. 8 easy and fun exercises to get your kid moving, according to a pediatrician 

NHS (2019). Diakses pada 12 Juli 2021. Physical activity guidelines for children and young people 

Pharm Easy (2020). Diakses pada 12 Juli 2021. 10 Amazing Health Benefits of Skipping Rope 

Very Well Family (2021). Diakses pada 12 Juli 2021. 10 Easy Exercises for Kids

Word of Health (2020). Diakses pada 12 Juli 2021. 7 Health Benefits of Roller Skating

NIH (2015). Diakses pada 12 Juli 2021. Systematic Review of Yoga Interventions for Anxiety Reduction Among Children and Adolescents 

    register-docotr