Covid-19

Mengapa Tidak Dianjurkan Merangkap Masker Medis? Ini Jawabannya!

July 8, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Virus COVID-19 yang menyebar semakin cepat, membuat para ahli menyarankan pemakaian masker ganda untuk meningkatkan perlindungan terhadap virus mematikan tersebut.

Bagaimana aturan memakai masker ganda yang tepat? Mengapa kamu tidak dianjurkan merangkap masker medis? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Apakah Memakai Masker di Dalam Rumah Efektif Cegah COVID-19?

Apa itu metode masker ganda?

Memakai masker ganda adalah ketika kamu melapisi satu masker di atas yang lain. Metode ini dapat memiliki beberapa keuntungan. Misalnya dari segi kesesuaian, masker ganda relatif lebih pas saat dikenakan.

Ya, saat kamu mengenakan dua masker, masker luar dapat memberikan tekanan lembut ke tepi masker dalam. Ketika ini terjadi, masker bagian dalam lebih pas dengan kulit dan menciptakan penutupan yang lebih baik.

Selain itu, masker ganda juga meningkatkan fungsi filtrasi atau penyaringan. Jadi tetesan pernapasan yang mengandung virus bisa lebih tersaring sebelum kamu menghirupnya ke dalam mulut atau menempel ke wajah.

Seberapa efektif memakai masker ganda?

Rekomendasi untuk pemakaian masker ganda didasarkan pada temuan studi CDC. Studi ini mencari cara meningkatkan kecocokan masker untuk mengurangi paparan SARS-CoV-2.

Dalam penelitian itu, batuk dan pernapasan disimulasikan menggunakan perangkat yang menghasilkan partikel aerosol terukur. Hasilnya diketahui bahwa masker ganda dapat memblokir 85,4 persen partikel aerosol.

Ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemakaian masker kain yang hanya mampu memblokir partikel aerosol sebanyak 51,4 persen dan 56,1 persen untuk masker bedah.

Dari studi yang sama, para peneliti juga menemukan bahwa ketika sumber memakai masker ganda dan penerima tidak, paparan aerosol dari penerima yang tidak bermasker berkurang 82,2 persen.

Sedangkan ketika penerima memakai masker ganda dan sumbernya tidak, paparan aerosol dari penerima masker ganda berkurang 83 persen. Terakhir, ketika sumber dan penerima memakai masker ganda, paparan aerosol berkurang sampai dengan 96,4 persen.

Mengapa memakai masker medis ganda tidak disarankan?

Penelitian CDC menunjukkan bahwa mengenakan masker kain di atas masker bedah menawarkan lebih banyak perlindungan terhadap virus corona.

Kamu tidak disarankan untuk menggandakan masker bedah, karena beberapa alasan berikut:

Tidak akan meningkatkan efek perlindungan

Memakai masker medis ganda tidak akan meningkatkan efek perlindungan terhadap virus corona. Alasannya adalah karena bentuk masker medis cenderung longgar bahkan meski dipakai secara double.

Hal ini juga disampaikan oleh Nafiandi, dokter spesialis patologi klinik Primaya Hospital Bhakti Wara. Nafiandi mengungkapkan bahwa penggunaan masker medis rangkap justru tak lebih efektif dibanding rangkap masker kain dan masker medis.

“Dianjurkan untuk menggunakan masker bedah di dalam dan masker kain di luar karena pemakaian seperti ini akan meningkatkan efektivitas filtrasi masker dan dapat memblokir 80 persen partikel,” ujarnya dalam pernyataan yang dilansir CNN Indonesia.

Membatasi aliran udara

Selain itu pemakaian masker medis secara ganda juga dikhawatirkan akan membatasi aliran udara. Apalagi jika masker terlalu ketat, itu dapat menyebabkan iritasi kulit atau kebocoran udara di bagian samping.

Baca juga: COVID-19 Munculkan Varian Baru, Efektifkah Vaksin saat Ini?

Cara lain untuk meningkatkan efektivitas masker

Selain double masking, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan masker.

Prioritaskan lapisan

Lapisan masker yang lebih banyak akan berfungsi melindungi wajah dengan lebih baik. Jadi, saat memilih masker kain, pilihlah masker yang memiliki setidaknya terdiri dari dua atau tiga lapis kain.

Tambahkan filter ke masker kain

Beberapa masker kain dilengkapi dengan saku built-in di mana kamu dapat menempatkan bahan penyaring, seperti filter.

Pilih masker dengan kawat hidung

Cari masker dengan setrip kawat yang terletak di bagian atas. Kawat ini dapat ditekuk agar masker lebih pas di hidung. Menggunakan masker dengan kawat hidung juga dapat mencegah kacamata berkabut, yang dapat menghalangi penglihatan.

Coba metode simpul dan selip

Metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan kecocokan masker bedah. Ini melibatkan mengikat loop telinga di dekat tempat mereka bergabung dengan topeng dan dengan hati-hati menyelipkan bahan tambahan apa pun.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Healthline diakses pada 8 Juli 2021

Healthline diakses pada 8 Juli 2021

CNN Indonesia diakses pada 8 Juli 2021

Inquirer diakses pada 8 Juli 2021

 

    register-docotr