Info Sehat

Proses Terbentuknya Anak Kembar di Dalam Rahim yang Perlu Moms Ketahui

March 5, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Saat ini kehamilan kembar sudah menjadi sangat umum dialami oleh banyak wanita. Namun Moms pasti pernah bertanya-tanya, bagaimana anak kembar bisa terbentuk di dalam rahim?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, simak yuk penjelasan tentang proses terbentuknya anak kembar dan jenis-jenisnya berikut ini!

Pembentukan anak kembar di dalam rahim dan jenis-jenisnya

Dikutip dari Very Well Family, selama siklus ovulasi normal, satu sel telur (atau oosit) dilepaskan dari ovarium wanita.

Jika sel telur dibuahi oleh sperma dari seorang pria selama hubungan seksual, hasil zigot berjalan ke rahim wanita, membelah dan menggandakan melalui proses mitosis. Selanjutnya ia akan ditanam dan tumbuh menjadi embrio, kemudian akhirnya menjadi janin.

Bayi kembar sendiri memiliki jenisnya sendiri yaitu, kembar identik (monozigotik) dan persaudaraan (dizigotik). 

Kembar identik atau monozigotik

Seperti dilansir Healthline, kembar identik disebut juga kembar monozigot, artinya satu sel telur yang telah dibuahi.

Mereka terjadi ketika satu sel telur dibuahi oleh satu sperma seperti biasa, tetapi sel telur membelah menjadi dua tidak lama kemudian. Setiap setengahnya kemudian tumbuh menjadi bayi.

Karena mereka awalnya berasal dari sel telur dan sperma yang sama, 100 persen kromosomnya identik. Artinya, mereka berjenis kelamin sama dan memiliki karakteristik genetik yang sama, seperti warna rambut dan mata.

Namun, hal-hal di lingkungan mereka, seperti seberapa banyak ruang yang mereka miliki di dalam rahim, dapat menyebabkan sedikit perbedaan dalam penampilan mereka.

Kembar persaudaraan atau dizygotic

Nama lain dari kembar persaudaraan adalah dizygotic twins, artinya dua telur yang telah dibuahi. Ini adalah hasil dari pelepasan dua sel telur oleh ibu pada saat yang sama dengan setiap sel telur dibuahi oleh sperma yang berbeda.

Karena mereka berasal dari sel telur dan sperma yang berbeda, mereka hanya berbagi sekitar 50 persen kromosomnya seperti saudara kandung lainnya. Ini berarti mereka bisa jadi jenis kelamin yang sama atau berbeda dan tidak identik.

Faktor yang meningkatkan peluang memiliki anak kembar

Beberapa wanita memang lebih memiliki peluang untuk melahirkan anak kembar dibandingkan yang lain. Faktor-faktor yang meningkatkan peluang untuk melahirkan anak kembar seperti dilansir Better Health yaitu:

Wanita berusia 30-40 tahun

Wanita yang memiliki peluang untuk melahirkan anak kembar yaitu wanita berusia 30-an dan 40-an tahun. Dianggap wanita rentang usia tersebut memiliki tingkat hormon seks estrogen lebih tinggi daripada wanita yang lebih muda.

Hal itu menunjukkan bahwa ovarium mereka dirangsang untuk menghasilkan lebih dari satu sel telur pada satu waktu.

Riwayat jumlah kehamilan sebelumnya

Semakin besar jumlah kehamilan yang pernah dialami seorang wanita, semakin tinggi peluangnya untuk mengandung anak kembar.

Keturunan

Seorang wanita lebih mungkin untuk hamil kembar fraternal jika dia adalah saudara kembar fraternal, sudah memiliki saudara kembar, atau memiliki saudara kandung kembar fraternal.

Teknik reproduksi terbantu 

Saat ini banyak prosedur mengandalkan stimulasi ovarium dengan obat kesuburan untuk menghasilkan sel telur. Seringkali, beberapa sel telur dilepaskan per ovulasi.

Baca juga: Benarkah Kecerdasan Anak Diturunkan dari Gen Ibu? Ini Penelitiannya!

Apa saja tanda-tanda kehamilan anak kembar?

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu hamil kembar adalah melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) dengan dokter. Selama tes ini, dokter dapat melihat gambar bagian dalam rahim dan memastikan berapa banyak bayi di dalamnya.

Selain itu, Moms mungkin mengalami gejala yang lebih intens selama kehamilan kembar dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Beberapa gejala itu seperti: 

  • Mual dan muntah yang parah atau morning sickness
  • Kenaikan berat badan yang cepat pada trimester pertama kehamilan
  • Payudara sakit atau sangat nyeri
  • Kadar human chorionic gonadotropin (hCG) yang tinggi, hormon ini dibuat selama kehamilan dan diambil dari tes kehamilan
  • Jumlah protein alfa-fetoprotein yang tinggi dalam darah

Selain USG, dokter mungkin akan mulai memperkirakan kehamilan kembar jika ada lebih dari satu detak jantung yang terdeteksi selama scanning doppler janin.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Betterhealth.vic.gov.au (2014) diakses pada 4 Maret 2021. Twins – identical and fraternal
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 4 Maret 2021. Types of Twins
  3. Cdc.gov (2016) diakses pada 4 Maret 2021. ART and Multiple Births
  4. Verywellfamily.com (2020) diakses pada 4 Maret 2021. Causes of Identical and Fraternal Twins
  5. My.clevelandclinic.org (2020) diakses pada 4 Maret 2021. Expecting Twins or Triplets 
    register-docotr