Info Sehat

Manakah yang Lebih Baik: Posisi BAB Jongkok atau Duduk? Berikut Fakta Lengkapnya!

June 23, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Posisi saat BAB disesuaikan dengan jenis kloset yang digunakan. Jadi, manakah yang lebih baik apakah posisi BAB jongkok atau duduk? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Posisi BAB jongkok 

Mungkin kamu sudah sangat jarang sekali menemukan toilet jongkok di perkotaan seperti mal, rumah sakit. Ternyata posisi BAB jongkok lebih baik dibandingkan dengan posisi duduk, berikut penjelasannya:

Posisi BAB jongkok lebih higienis

Jika menggunakan toilet jongkok, bagian tubuh yang terjadi kontak langsung dengan bagian toilet hanyalah telapak kaki. Di mana telapak kaki yang menapak pijakan kaki pada toilet jongkok nggak begitu berpengaruh terhadap kesehatan.

Tidak hanya itu aja, posisi BAB jongkok juga dapat mengurangi risiko infeksi saluran kencing dan kelamin terutama pada wanita karena perpindahan jamur, kuman dan bakteri dapat diminimalisir.

Toilet jongkok membantu kontraksi otot perut “mengejan”

Kamu tidak perlu lagi mengejan berlebihan karena proses BAB otomatis menjadi lancar dan cepat selesai. Kondisi seperti ini sangat baik bagi para penderita wasir atau ambeien.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan toilet duduk, otot perut sulit berkontraksi secara maksimal sehingga proses BAB menjadi lebih lama.

Posisi duduk yang terlalu lama menyebabkan paha menekan di dudukan toilet sehingga aliran darah dari bawah ke atas terhambat yang dapat memicu ambeien.

Meningkatkan kesehatan usus besar 

Saat menggunakan toilet jongkok untuk BAB, terdapat peningkatan sudut anorektal, yaitu tabung yang dilalui kotoran atau tinja untuk keluar dari tubuh. 

Hal ini membantu mencegah stagnasi tinja atau penumpukan tinja pada tabung pembuangan, yang merupakan faktor utama penyebab kanker usus besar, usus buntu dan penyakit inflamasi usus.

Melatih kekuatan kaki dan otot kaki

Jika posisi BAB dilakukan secara benar dan teratur, posisi jongkok dapat memperkuat otot kaki pada bagian paha depan dan belakang. Hal ini membuat lutut pun akan semakin terjaga kesehatannya.

Selain itu, posisi jongkok juga merilekskan otot yang tegang, baik untuk pekerja kantoran yang pekerjaannya banyak duduk.

Memudahkan proses persalinan bagi wanita

Kekuatan otot dasar panggul merupakan kunci untuk kesehatan saluran pembuangan (anus dan kemih) dan kesehatan reproduksi. Terutama bagi perempuan di mana kekuatan otot dasar panggul sangat diperlukan dalam masa kehamilan dan juga dalam proses persalinan.

Namun, harus diperhatikan meskipun posisi bab jongkok memiliki banyak kelebihan, tetapi ada juga lho kekurangannya, salah satunya adalah dapat menyebabkan arthritis atau gangguan lutut. 

Hal ini menyebabkan tarikan pada lutut yang terjadi ketika berjongkok serta kondisi lutut yang mudah lelah, tidak baik untuk penderita arthritis.

Beberapa anggapan bahwa toilet duduk lebih dianjurkan karena dalam posisi duduk dan tidak banyak terjadi tarikan pada lutut sehingga lutut terasa lebih nyaman digunakan. Selain penderita arthritis, toilet jongkok juga kurang baik digunakan untuk ibu hamil, lansia, dan penderita obesitas.

Bagaimana dengan posisi BAB duduk?

Meski toilet duduk memiliki model dan desain yang lebih modern dan mewah. Toilet jenis ini juga dianggap lebih nyaman digunakan bagi para lansia, wanita yang hamil besar, atau penderita cedera lutut.

Sayangnya, buang air besar menggunakan toilet duduk membutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan toilet jongkok. Sebab jika kamu terlalu keras saat mengejan meningkatkan risiko sejumlah penyakit, seperti wasir dan sembelit.

Tidak hanya itu saja, kekurangan penggunaan toilet duduk dapat meningkatkan risiko seseorang terjangkit penyakit seperti diare, flu, hingga infeksi kulit. 

Hal ini karena toilet duduk mengharuskan bersentuhan langsung dengan permukaan dudukan kloset yang rentan menjadi sarang bakteri, seperti E.coli dan Shigella, atau virus hepatitis A dan norovirus penyebab diare.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr