Info Sehat

6 Penyebab Puting Sakit saat Disentuh, Apakah Berbahaya?

May 26, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ada banyak kemungkinan penyebab puting sakit saat disentuh. Mulai dari hal sederhana seperti pemasangan bra yang tidak pas, sampai yang perlu perhatian khusus seperti kanker payudara.

Itulah mengapa kamu harus menemui dokter tentang nyeri puting jika tidak kunjung membaik. Sebab penting untuk mengetahui penyebab pasti guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Bayi yang Suka Menggigit Puting saat Menyusu

Gejala puting sakit saat disentuh

Dilansir Very Well Health, nyeri puting bisa berupa sensasi sakit, tertekan, kesemutan, berdenyut, atau terbakar. Ini bisa disertai terjadi pada pria maupun wanita.

Nyeri puting dapat berasal dari beberapa penyebab, tetapi kebanyakan tidak serius. Paling umum, nyeri puting berasal dari semacam trauma pada puting, dan terkadang trauma itu bisa sangat halus dan sulit dikenali.

Cara paling penting untuk mengidentifikasi penyebab nyeri puting adalah dengan mempertimbangkan apa yang kamu lakukan tepat sebelum rasa sakit itu terjadi.

Penyebab puting sakit saat disentuh

Dilansir Healthline, salah satu penjelasan termudah untuk puting yang sakit saat disentuh adalah akibat gesekan. Bra longgar atau kemeja ketat juga dapat menggesek puting sensitif dan membuatnya iritasi.

Jika bukan ini yang menjadi penyebabnya, berikut beberapa kondisi lain yang perlu dipertimbangkan.

1. Periode menstruasi

Beberapa wanita memperhatikan bahwa payudara mereka terasa sakit sebelum menstruasi.

Nyeri ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron, yang menyebabkan payudara terisi cairan dan membesar. Umumnya rasa sakit ini akan hilang begitu haid tiba atau tidak lama setelah itu.

2. Kehamilan

Kehamilan adalah masa di mana tubuh mengalami begitu banyak perubahan. Salah satunya adalah payudara yang sakit hingga pergelangan kaki yang bengkak. Ini terjadi karena komposisi hormon tubuh berubah untuk mendukung pertumbuhan bayi di dalam rahim.

Pembesaran dan nyeri payudara adalah salah satu tanda awal kehamilan. Kamu bahkan mungkin juga melihat beberapa benjolan kecil muncul di sekitar puting. Tanda-tanda lain bahwa kamu mungkin hamil termasuk:

  • Siklus menstruasi yang terlewat
  • Mual atau muntah, termasuk mual di pagi hari
  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya
  • Kelelahan

Rasa sakit pada puting karena hamil seharusnya hilang dengan sendirinya, tetapi payudara kemungkinan akan terus membesar seiring perkembangan kehamilan.

3. Eksim atau dermatitis

Pengerasan kulit, pengelupasan, atau lepuh di sekitar puting dapat menyebabkan rasa nyeri. Ini bisa mengindikasikan bahwa kamu memiliki kondisi kulit yang disebut dermatitis. Eksim merupakan salah satu jenis dermatitis.

Dermatitis terjadi ketika sel-sel kekebalan di kulit bereaksi berlebihan dan menyebabkan peradangan. Terkadang kamu bisa terkena dermatitis karena bersentuhan dengan zat yang mengiritasi seperti detergen atau sabun.

Baca juga: Moms, Ini 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui!

4. Kanker payudara

Nyeri puting merupakan salah satu tanda kanker payudara. Bersamaan dengan rasa sakit yang muncul, kamu mungkin juga mengalami gejala lain seperti:

  • Benjolan di payudara
  • Puting berubah seperti kemerahan, bersisik, atau berputar ke dalam
  • Keluarnya cairan dari puting selain ASI
  • Perubahan ukuran atau bentuk salah satu payudara

Nyeri puting kemungkinan besar bukan kanker. Jika kamu memiliki gejala kanker payudara lainnya, ada baiknya kamu memeriksakan diri kepada dokter.

5. Kontak seksual

Aktivitas seksual bisa menjadi penyebab lain nyeri puting. Gesekan tubuh atau aktivitas seksual yang melibatkan puting dapat menyebabkan nyeri.

Nyeri ini biasanya bersifat sementara dan dapat diobati hanya dengan memberi waktu pada puting untuk sembuh dengan sendirinya. Menggunakan pelembap juga dapat membantu meminimalkan gesekan dan mencegah gejala menjadi lebih buruk.

6. Menyusui

Ibu menyusui mungkin mengalami nyeri pada puting karena teknik pelekatan bayi yang tidak tepat. Jika bayi tidak memiliki cukup payudara di mulutnya, puting akan menempel pada gusi dan langit-langit keras.

Ini akan membuat bayi menekan puting terlalu keras di antara gusi dan langit-langit mulutnya, sehingga aliran darah ke puting dapat terhambat.

Hal ini dapat menyebabkan apa yang disebut vasospasme, yang menyakitkan dan menyebabkan puting menjadi putih, lalu merah, lalu ungu secara berurutan.

Jika menggunakan pompa payudara, ini juga dapat menyebabkan nyeri pada puting. Rasa sakit mungkin disebabkan oleh terlalu banyak isap atau penggunaan pelindung puting yang tidak pas.

Menyesuaikan pompa payudara ke pengaturan yang lebih nyaman dan mendapatkan pelindung puting yang pas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Very Well Health diakses pada 16 Mei 2021

Healthline diakses pada 16 Mei 2021

Medical News Today diakses pada 16 Mei 2021

    register-docotr