Info Sehat

Penyebab Mata Kuning: Mulai Dari Masalah di Lever Hingga Empedu

March 28, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Terlalu banyak kadar bilirubin di dalam tubuh merupakan penyebab mata kuning yang paling utama. Faktor pemicunya adalah kerusakan salah satu organ, baik itu lever, empedu ataupun pankreas.

Kerusakan organ ini terjadi karena berbagai faktor. Yang jelas, dampaknya adalah fungsi organ tersebut untuk membuang bilirubin dari dalam tubuh tidak berjalan dengan baik.

Apa sebenarnya bilirubin itu?

Bilirubin sendiri merupakan substansi berwarna kuning yang dihasilkan dari pemecahan sel darah merah.

Lever menyaring bilirubin dari darah dan menggunakannya untuk membuat cairan empedu. Selanjutnya empedu akan bergerak melalui rabung tipis yang disebut saluran empedu menuju saluran pencernaan dan keluar bersama tinja.

Munculnya warna kuning di kulit dan seluruh tubuh karena terlalu banyak bilirubin disebut dengan jaundice. Akan tetapi, untuk lokasi spesifik seperti mata, disebut dengan ikterik.

Apa saja penyebab mata kuning?

Menguningnya mata menjadi salah satu tanda bahwa ada masalah yang menyebabkan bilirubin bertumpuk. Biasanya, penyebab mata kuning adalah masalah yang sederhana dan tidak membahayakan. Meskipun demikian, ada juga beberapa penyebab yang berbahaya.

Pada umumnya, mata kuning dipicu oleh masalah yang terjadi di organ seperti lever, empedu dan pankreas.

Penyebab mata kuning karena masalah lever

Lever merupakan organ yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh, salah satunya adalah memecahkan sel darah merah. Beberapa masalah dapat menyebabkan fungsi lever terganggu dan menjadi penyebab mata kuning.

Munculnya luka dan jaringan parut di lever (sirosis) merupakan penyebab umum masalah disfungsi lever. Beberapa pemicunya adalah:

  • Penyalahgunan alkohol
  • Kanker hati
  • Infeksi hati
  • Penyakit fatty liver atau perlemakan hati non-alkohol
  • Hepatitis B dan C

Hepatitis A, D dan E juga bisa menyebabkan munculnya warna kuning di tubuh dan mata, tapi masih kurang umum dibandingkan dengan hepatitis B dan C.

Masalah genetik

Beberapa masalah genetik yang diduga dapat menyebabkan sirosis adalah:

  • Hemochromatosis: Kondisi ini menyebabkan terlalu banyak zat besi di dalam hati. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan
  • Penyakit Wilson: Merupakan penyakit lama yang menyebabkan terlalu banyak tembaga bertumpuk di lever
  • Porphyrias: Kondisi ini merupakan kelompok kelainan darah yang langka yang menyebabkan terlalu banyak porfirin (komponen penting yang diperlukan untuk membuat sel darah merah) yang bertumpuk di dalam tubuh

Selain mata menguning, berikut ini adalah gejala yang bisa timbul karena masalah di atas:

  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual
  • Kehilangan berat badan
  • Tubuh terasa letih tanpa penyebab jelas

Penyebab mata kuning karena masalah di empedu

Lever menghasilkan empedu yang tersimpan di kantung empedu. Nah, kantung empedu ini melepaskan empedu untuk membantu tubuh mencerna lemak. 

Lever dan kantung empedu terhubung dengan satu tabung yang disebut dengan saluran empedu. Adanya sumbatan di saluran inilah yang menjadi penyebab mata kuning. Pemicunya adalah:

  • Batu empedu
  • Kista
  • Tumor
  • Inflamasi di kantung empedu

Selain mata kuning, beberapa gejala yang timbul karena sumbatan di kantung empedu adalah menggigil, demam, nyeri di abdomen serta berat badan yang turun tanpa sebab.

Masalah yang terjadi di pankreas

Pankreas merupakan organ yang menghasilkan hormon dan enzim. Saluran dari pankreas dan kantung empedu akan bersatu ke usus halus.

Saat pankreas mengalami inflamasi, infeksi atau sumbatan, maka empedu tidak akan keluar dengan sempurna. Ini juga yang dapat menyebabkan jaundice. Selain itu, kanker pankreas pun menjadi salah satu penyebab munculnya mata kuning.

Leptospirosis

Penyakit ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami mata yang menguning. 

Infeksi bakteri ini biasanya banyak terjadi di iklim hangat dan tempat yang membuat kamu terpapar air yang sudah terkontaminasi urine hewan.

Demikianlah berbagai masalah penyebab mata kuning yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan organ-organ penting kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 24 Maret 2021. Yellow Eyes: Causes and Treatments
  2. WebMD, diakses 24 Maret 2021. Yellow Eyes: Causes and Treatment
  3. VeryWellHealth, diakses 24 Maret 2021. Causes and Conditions of Yellow Eyes

 

    register-docotr