Info Sehat

7 Penyebab Kuku Kuning, Jangan Dianggap Sepele Lho!

December 25, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai penyebab kuku kuning? Ternyata ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari pemakaian cat kuku hingga tanda suatu kondisi medis tertentu. Nah, agar kamu lebih memahaminya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Sering Diabaikan! Ini Ciri-ciri Infeksi Jamur pada Kuku

Penyebab kuku kuning

Tak jarang, kuku kuning bisa menurunkan kepercayaan diri pada seseorang. Perlu diketahui bahwa, kuku yang sehat berwarna putih atau bening. Namun, pada sebagian orang kuku kuning dapat terjadi.

Kuku kuning tidak terjadi begitu saja, melainkan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Berikut adalah penyebab kuku kuning.

1. Usia

Kuku kuning bisa menjadi salah satu bagian dari proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, warna, ketebalan, serta bentuk kuku cenderung dapat berubah.

2. Pemakaian cat kuku

Penyebab kuku kuning yang kedua adalah pemakaian cat kuku. Jika kamu sering mengecat kuku dengan warna merah atau oranye, warna kuku juga dapat berubah akibat penggunaan cat tersebut.

Menurut Rina Allawh, MD , seorang dokter kulit di Philadelphia, Amerika Serikat, pewarna pada pernis kuku dapat berinteraksi dengan keratin kuku, sehingga ini dapat menyebabkan perubahan warna kuku menjadi kuning atau bahkan kuku menjadi rapuh.

Tak hanya itu, pembersih cat kuku, terutama yang mengandung aseton juga dapat memperparah warna kuning pada kuku.

3. Merokok

Kita tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun di sisi lain, merokok juga bisa menjadi penyebab kuku kuning. Ini dapat disebabkan oleh paparan berulang dari Tar (salah satu kandungan pada rokok) dalam asap rokok.

Baca juga: Setelah Baca Sederet Bahayanya, Kamu Masih Yakin Mau Merokok?

4. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin dapat memengaruhi pertumbuhan kuku. Dalam beberapa kasus, ini juga bisa menyebabkan kuku berubah warna menjadi kuning.

5. Infeksi pada kuku

Kuku kuning, terutama di jari kaki juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Ini disebut sebagai onikomikosis. Kondisi ini lebih sering menyerang orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. 

Onikomikosis sendiri dapat menyebabkan kuku berubah warna menjadi kuning, memiliki bercak kuning, putih, atau bahkan hitam.

6. Sindrom kuku kuning

Sindrom kuku kuning merupakan suatu kondisi langka yang bisa menyebabkan kuku di jari tangan maupun kaki berubah warna menjadi kuning. Melansir dari Healthline, sindrom kuku kuning juga memiliki gejala lain, termasuk:

  • Hilangnya kutikula, yakni bagian dari pelindung kulit yang berada di pangkal kuku
  • Kuku tidak rata
  • Kuku berhenti tumbuh
  • Kuku yang terpisah dari bantalan kuku
  • Kuku lepas
  • Sindrom kuku kuning juga bisa meningkatkan risiko infeksi di sekitar jaringan lunak kuku

Sindrom kuku kuning juga dapat disertai dengan penumpukan cairan (efusi pleura), gangguan pada pernapasan, atau bahkan limfedema.

7. Kondisi medis tertentu

Pada beberapa kasus, penyebab kuku kuning juga bisa menjadi tanda dari suatu kondisi medis, seperti penyakit tiroid, serta diabetes.

Pada penyakit tiroid, selain dapat menyebabkan kuku kuning, ini juga dapat disertai dengan kuku yang menebal dan keretakan pada tepi kuku.

Sedangkan pada diabetes, mungkin saja terdapat hubungan kuku kuning dengan kadar gula tinggi. Selain itu, penderita diabetes juga rentan terkena infeksi jamur pada kuku.

Tak hanya itu, psoriasis yang merupakan kondisi autoimun dapat menyebabkan penumpukan sel kulit secara cepat, sehingga bisa menyebabkan kerak pada permukaan kulit sehingga dianggap berkonstribusi sebagai penyebab kuku kuning.

Bagaimana cara mengatasi kuku kuning?

Cara mengatasi kuku kuning bergantung dari penyebabnya. Jika kuku kuning disebabkan oleh penggunaan cat kuku secara berlebihan, sebaiknya berhentilah menggunakan cat kuku untuk sementara waktu.

Jika disebabkan oleh infeksi jamur, pengobatan dapat meliputi obat antijamur oral maupun topikal. Sedangkan, kuku kuning yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, pengobatan kondisi yang mendasari adalah cara paling efektif untuk menangani kuku kuning.

Terdapat beberapa cara mudah yang dapat membantu menangani kuku kuning, di antaranya adalah:

  • Mencampurkan tea tree oil dengan minyak pendamping, kemudian oleskan pada kuku yang menguning
  • Merendam kuku kuning dengan air hangat yang dicampur dengan baking soda
  • Mencukupi asupan vitamin E dalam makanan

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab kuku kuning. Seperti yang sudah diketahui, kuku kuning bisa disebabkan oleh beragam faktor.

Jika kamu mengalami kuku kuning tidak kunjung sembuh, serta disertai gejala lain, seperti rasa sakit, pembengkakan, atau bahkan perdarahan sebaiknya segera hubungi dokter ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kuku kuning? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk bekronsultasi, ya.

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 11 Desember 2020. Why Are My Toenails Yellow? 

Healthline (2017). Diakses pada 11 Desember 2020. Yellow Nails 

Healthline (2017). Diakses pada 11 Desember 2020. Recognizing the Symptoms of Yellow Nail Syndrome 

Healthline (2020). Diakses pada 11 Desember 2020. Everything You Need to Know About Psoriasis 

Medical News Today (2018). Diakses pada 11 Desember 2020. What do yellow toenails mean? 

Prevention (2019). Diakses pada 11 Desember 2020. 8 Reasons Why Your Nails Are Yellow, According to Dermatologists 

    Berita Terkait
    register-docotr